OUR NETWORK

Curug Lawang, Sebuah Hidden Paradise Menawan di Serang – Banten

Sumber Gambar: Instagram @andrigunners86

 

Jika kita berbicara mengenai keindahan alam yang ada di Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Banyak wisata alam di negara kita ini yang sangat menawan dan begitu menarik untuk dikunjungi. Beberapa di antaranya termasuk hidden paradise alias tidak berada di pusat keramaian sehingga masih begitu asri, dan tidak banyak yang mengetahuinya. Salah satu hidden paradise  yang sangat menawan ada di Banten yaitu Curug Lawang.

Curug Lawang beralamat di  kampung Cisirih, Desa Cikolelet. Tepatnya di Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang. Seperti yang kita tahu bahwa di Kabupaten Serang memang memiliki banyak sekali curug yang indah. Ingin tahu lebih banyak lagi tentang Curug Lawang? Berikut ulasan selengkapya. Check this out!

Akses Lokasi ke Curug Lawang

Sumber: Tiket.com

Untuk mencapai Curug Lawang anda bisa mengambil rute dari Jalan Anyar – Serang. Estimasi waktu tempuhnya sekitar 1 jam perjalanan. Lokasi curug ini tidak terlalu jauh dari Pasar Cinangka. Nah, ketika sudah berada di pasar tersebut anda tinggal belok ke kanan memasuki jalanan kecil. Selanjutnya anda akan menemui sebuah area parkir. Jika membawa kendaraaan pribadi parkirkan kendaraan anda disana, sebab perjalanan berikutnya harus anda lewati dengan berjalan kaki dan tidak memungkinkan membawa kendaraan. Kurang lebih anda harus berjalan kaki sekitar 1 km lagi.

Walaupun melelahkan namun anda tidak akan bosan karena pemandangan pesawahan yang hijau dan pepohonan rimbun akan membuat perjalanan menjadi menyenangkan. Berhati-hatilah ketika anda hendak menyebrangi bebatuan sungai sebab terbilang cukup licin

Sumber: infodesaku.co.id

Oh, ya, sebab medan trekkingnya juga cukup lumayan, maka dari itu siapkan pakaian yang mendukung ya. Bagi anda yang perempuan hindari memakai rok panjang sebab pasti akan menyulitkan ketika berjalan menuju Curug Lawang. Gunakan juga sandal gunung supaya lebih nyaman.

Saat anda tiba di curug ini akan dikenai biaya masuk sebesar 5000 rupiah.

Keindahan Curug Lawang

Sumber: Instagram @exploreserang

Ada dua aliran air di Curug Lawang. Air terjun yang berada disebelah kiri lebih tinggi dibanding yang kanan yaitu sekitar 20 meter. Walaupun begitu aliran airnya tidak terlalu besar kok sehingga tetap aman dikunjungi. Ikan-ikan kecil yang hidup disana tampak terlihat alami berenang sehingga menjadi pemandangan menggemaskan tersendiri.

Suasana di air terjun ini nyaman dan tenang sehingga cocok bagi anda yang sedang mencari tempat untuk melepaskan stress atau penat akibat aktivitas padat sehari-hari. Di curug ini anda bisa berendam dan merasakan segarnya air yang begitu bersih dan jernih. Anda juga bisa merasakan pijatan air terjun dari atas. Uh, sunggung menyenangkan. Ditambah pemandangan alamnya yang sangat indah, akan membuat aktivitas berendam pun semakin membuat hati senang.

Sumber: Instagram @misbah9991

Biasanya saat weekend pengunjung yang datang ke curug ini sangat banyak, jika anda lebih suka suasana yang tidak terlalu ramai maka bisa megunjunginya pada saat weekday. Di weekday itulah anda bisa selfie dengan berbagai pose dan dari posisi manampun sebab pengujungnya relatif tidak sebanyak pada saat weekend.

Berbicara soal fasilitas yang ada ditempat ini, masih belum terlalu memadai. Tidak ada warung yang bisa disambangi jika perut lapar, apalagi tempat penginapan jika ingin bermalam. Maka dari itu khusus untuk mengatasi moment keroncongan jangan lupa untuk membawa bekal sendiri, ya, dari rumah. Seru kan makan-makan sambil menikmati keindahan Curug Lawang?

Jaga Kebersihan

Hal harus selalu ingat ketika berkunjung ke curug ini adalah senantiasa menjaga kebersihan. Ya, ini bukan hanya berlaku ketika anda di Curug Lawang saja melainkan juga ditempat wisata lainnya yang akan anda kunjungi sebab sangat disayangkan jika kelestarian dan kecantikan dari sebuah obyek wisata yang indah harus ternodai akibat kelalaian dari pengunjungnya, seperti karena membuang sampah sembarangan. Apalagi Curug Lawang saat ini tengah dibenahi, akibat bencana air bah tahun 2016 lalu, jadi anda sebagai pengunjung harus ikut menjaga pula supaya Curug Lawang ini tetap bersih dan tidak tercemar sehingga upaya pembenahan pun tidak sia-sia.

Demikianlah ulasan menarik tentang Curug Lawang. Apabila tertarik dan anda sedang berada di Banten, jangan lupa untuk mengunjungi curug ini, ya.

Salam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…