OUR NETWORK

Curug Sawer Mandalamekar, Pesona Jawa Barat yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan

Source Image: Daniar backpaker

Perlu diakui bahwa curug menjadi destinasi wisata yang mengesankan. Suasana dan nuansanya benar-benar alami. Sejuk, damai, dan indah menawan. Seperti, penampakan Curug Sawer yang ada di Tasikmalaya.

Perpaduan tebing, dan pepohonan hijau menambah kesan takjub wisatawan yang mengunjungi objek wisata ini. Kamera, menjadi barang wajib yang harus ada dalam daftar bawaan kamu. Karena, hampir setiap sudutnya mempunyai spot instagramable yang sayang bila tidak diabadikan.

Mengenal Curug Sawer

Foto dari instagram@aldo_a.7

Curug Sawer sendiri mempunyai tinggi kurang lebih 50 meter dengan lebarnya mencapai 10 meter. Termasuk air terjun paling menakjubkan di tanah Sunda. Karena, alirannya yang seperti sebuah tirai. Di samping kanan dan kirinya kamu masih bisa melihat perpaduan antara bebatuan dan pepohonan yang membuat suasananya menjadi semakin asri.

Nama sawer sendiri diambil dari bahasa sunda. Dimana, terjunan air yang seperti gerimis ini disebut nyawer. Pemandangan sawah menjadi sajian yang bisa kamu nikmati selama perjalanan menuju ke lokasi. Jarak yang harus kamu tempuh dari area parkir kurang lebih 30 menit.

Keindahan Curug Sawer

Sumber: Instagram @infoseputar.jawabarat

Keindahan Curug Sawer masih berlanjut. Dimana, disini kamu bisa menemukan sebuah kolam alami yang mempunyai kedalaman hingga 10 meter. Kamu bisa berenang atau juga berendam disana. Menikmati air yang dingin dan menyegarkan bila tersentuh oleh kulit.

Tidak hanya sampai disitu saja. Kamu bisa menemukan sebuah bongkahan batu yang cukup besar. Banyak wisatawan yang memanjat dan lompat dari tempat ini. Bagi kamu yang suka memacu adrenalin. Cara ini bisa dijadikan sebagai kegiatan wajib.

Sumber: Instagram @alwi_666

Suasana alamnya memang kebangetan. Tidak heran bila banyak pengunjung memanfaatkannya untuk bersantai di atas hammock dengan memanfaatkan dua buah pohon yang ada di sana. Bebatuan-bebatuan yang berserakan dengan berbagai macam ukuran menjadi latar belakang yang menarik.

Jangan lupa bawa perbekalan seperti air minum dan makanan ya. Di tempat ini memang belum ramah soal warung makan. Tetapi, fasilitas lain seperti kamar mandi dan sudah tersedia dan terawat dengan baik. 

Cara Menuju Ke Curug Sawer

Sumber: Instagram @chep_agan

Objek wisata ini terletak di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Dari pusat kota tasikmalaya, kamu bisa melalui jalan Letnan Harun hingga Jl. Ir. Juanda. Setelah menemukan masjid besar sukaraja, kamu bisa ambil jalan lurus.

Tidak jauh dari sana, kamu bisa melihat pertigaan. Belok ke kanan dan kamu akan masuk jalan Raya Sukaraja. Dari sini, sudah ada beberapa papan petunjuk yang bisa kamu gunakan untuk memandu sampai di depan pintu gerbang. Untuk harga tiket masuknya sendiri hanya 5 ribu rupiah. Ditambah dengan biaya parkir bagi yang membawa motor dikenakan 2 ribu rupiah, bagi yang naik mobil ditetapkan 5 ribu saja. Karena pengelolaan kawasan Curug masih dikelola secara mandiri oleh karang taruna sekitar. Jangan kaget bila kamu akan dimintai dana sebesar 5 ribu rupiah untuk kebersihan lingkungan.

Penginapan Sekitar

Sumber: Instagram @luthfi.upii

Curug Sawer memang menghadirkan panorama yang luar biasa. Hanya saja, jarak terdekat penginapan yang bisa kamu pilih kurang lebih 22 km. Tempat tersebut adalah Shanrilla hotel yang terletak di Jl. Perintis Kemerdekaan No.93, Tugujaya, Cihideung, Mangkubumi, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Menyediakan beberapa tipe kamar dengan harga mulai dari 175 ribu dengan fasilitas berupa kipas angin, air minum kemasan, televisi, dan desk dengan ukuran kamar kurang lebih 16 meter persegi. Kamu juga akan mendapatkan akses gratis wifi, dan juga sarapan pagi.

Bila kamu menginginkan AC, kamu bisa memilih kamar superior dengan harga mulai dari 290 ribu rupiah saja. Ada juga televisi, shower dan toiletries. Untuk harga 300 ribu bisa ditambah dengan air panas.

Kesimpulan

Keindahan kawasan ini salah satu faktornya adalah kebersihan yang selalu dijaga. Oleh karena itu, bagi kamu yang mengunjungi tempat ini. Jangan lupa bawa kantong plastik dari rumah. Kemudian, bawa pulang sampah-sampah yang kamu bawa dan buanglah pada tempatnya.

Curug Sawer adalah keindahan yang tersembunyi di Tasikmalaya. Menawarkan ketenangan dan keteduhan. Apalagi, bagi kamu yang hobi berenang. Kolam renang alami sudah menanti. Jadi, kapan kamu siap menjelajahi tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…