OUR NETWORK

Danau Tirta Gangga Lampung, Menawan Bagaikan di Bali

Sumber: Instagram @j.adipurnomo

Bagi sebagian wisatawan mungkin belum mengerti benar tentang kota Lampung Tengah. Belum ada kawasan wisata yang viral disini. Tetapi, bila anda berkunjung langsung, anda akan disuguhkan dengan pesona Danau Tirta gangga yang tidak akan pernah bisa dilupakan.

Danau ini menyajikan semua suguhan eksotik. Tidak hanya panoramanya saja melainkan, kebudayaan juga menjadi hal yang menarik yang bisa anda jadikan alasan mengapa harus mengunjungi kawasan ini. Bahkan, bila dilihat lebih dalam lagi, Danau tirta gangga seperti danau yang berada di pulau Bali.

Mengenal Danau Tirta Gangga

Sumber: Instagram @wayan.agus.saputra

Luas danau ini sendiri kurang lebih 200 hektar. Di tengahnya anda akan disuguhkan dengan sebuah pura dan patung bima yang membuat tempat ini bernuansa religius. Patung tersebut tampak sedang bertarung dengan naga Nemburnawa. Keduanya ini terletak di tengah-tengah sehingga, seperti sebuah pulau kecil.

Sayangnya, tidak sembarang orang diperbolehkan masuk ke kawasan ini. Maklum saja, pura ini sendiri digunakan sebagai tempat ibadah agar kesuciannya tetap terjaga dengan baik.

Selain disuguhkan dengan patung ini, anda juga bisa melihat betapa bersihnya Danau Tirta Gangga yang tampak hijau. Daya tarik lain dari danau ini adalah keindahan sunset yang mempunyai langit-langit jingga yang menawan. Biasanya banyak wisatawan akan datang ke tempat ini mulai pukul 4 sore, semilir angin berhembus tanpa henti menghadirkan suasana yang syahdu.

Sumber: Instagram @kmg.triko

Jangan lupakan kamera anda karena, penampakan siluet-siluet ini sayang untuk dilewatkan sedikit pun. Di sekitar danau anda juga bisa melihat berbagai pepohonan rindang yang membuat suasananya begitu indah dan syahdu. Biasanya warga sekitar sering memanfaatkannya untuk mencari ikan, bagi anda yang ingin memancing disini jangan lupa bawa kail pancing sendiri ya.

Bagaimana Cara Kesana

Sumber: Instagram @wayanindra2796

Danau tirta gangga sendiri terletak di Desa Sakti Buana, Kecamatan Seputih Banyak, Kabupaten lampung tengah. Bila anda berangkat dari kota Bandar Lampung jaraknya kurang lebih 100 km. Atau ditempuh dengan waktu kurang lebih 3 jam.

Jalur yang harus dilalui adalah jalan lintas tengah sumatera. Rute yang harus ditempuh mulai dari kota Bandar Lampung. Lalu, menuju ke Gunung Sugih, Kota Gajah, Seputih Banyak, hingga anda sampai di titik tujuan.

Selain bisa menggunakan kendaraan pribadi, anda juga bisa menggunakan transportasi umum. Naik bus dengan jurusan  Bandar Jaya, Sebelum anda sampai di Banda jaya, anda bisa turun di Gunung Sugih. Berganti angkutan hingga sampai di titik lokasi. Mudah sekali bukan?

Penginapan Sekitar

Keindahan Danau Tirta Gangga memang membuat semua orang ingin datang mengunjunginya. Walaupun, di sekitar danau belum tersedia penginapan, namun anda bisa mendapatkannya walau agak jauh.

Seperti, Penginapan Griya Aulia Tulang Bawang Barat. Terletak di Jl. pangeran diponegoro no. 67, tumijajar, kabupaten Tulang Bawang. barat, Lampung. Jarak tempuh dari titik lokasi kurang lebih 1 jam 56 menit, dengan jarak tempuh kurang lebih 88,8 kilometer. Melalui jalan Raya Lintas Pantai timur sumatera. Harga kamar per malamnya mulai dari 150 ribuan. Area parkirnya cukup luas kamarnya pun cukup bersih. Di halaman hotel ada sarana bermain untuk anak-anak. Mulai dari perosotan, jungkat-jungkit. Tersedia beberapa pilihan kamar dan bed yang bisa anda pilih sendiri..

Pilihan selanjutnya adalah Penginapan Wisma Asri yang jaraknya kurang lebih 86,3 kilometer. Dengan waktu tempuhnya mencapai 1 jam 53 menit. Terletak di Simpang Siregar, Desa Tiyuh Tirta Makmur, kecamatan Tulang Bawang Tengah, kabupaten Tulang Bawang Barat.

Di kawasan ini cukup asri dengan adanya halaman belakang yang dilengkapi dengan joglo. Ada beberapa pilihan kamar yang cukup luas dan sangat nyaman, kasurnya sangat empuk. Nuansanya seperti di bali dengan nuansa yang begitu kental. Ada pula restoran mini yang bisa kamu manfaatkan untuk membeli makanan atau minuman.

Kata Perpisahan Untuk Danau Tirta Gangga

Saat ini objek wisata ini memang cukup memprihatinkan. Banyak eceng gondok yang bisa anda temui. Bahkan hampir 70 persen menutupi kawasan Danau Tirta Gangga. Ayo, datang ke tempat ini dan jadikan Objek wisata ini semakin membaik agar banyak wisatawan yang datang dan pergi kesini.

Comments

Loading...