in

Danau Toba – Pulau Dewata Baru Dari Tanah Medan

Sumber Gambar : Google Maps @Dingot Sinaga

Pulau Bali atau juga dikenal dengan sebutan Pulau Dewata sudah sekian lama menjadi kebanggan warga Indonesia. Wajar saja karena Pulau Bali memang dikenal dengan keindahannya, tidak hanya warga lokal saja tapi wisatawan asing begitu menggemari destinasi wisata yang satu ini. Kita sebagai orang Indonesia tentu bangga dengan pencapaian Pulau Dewata Bali yang sudah dikenal sampai ke dunia internasional.

Tapi tentu saja kita ingin dunia internasional juga tahu kalau kita memiliki destinasi – destinasi wisata lain yang juga tidak kalah dengan keindahan Pulau Bali. Seolah gayung bersambut Kementrian Pariwisata juga sepertinya menginginkan hal yang sama terbukti dengan dibuatnya program prioritas 10 destinasi wisata yang lebih dikenal dengan “Program Bali Baru”.

Dari 10 destinasi wisata yang menjadi prioritas atau Bali Baru, salah satunya adalah Danau Toba yang menjadi kebanggan warga Sumatera Utara.

Danau Terbesar Di Asia Tenggara

Sumber Gambar : id.wikipedia.org

Modal pertama Dana Toba menjadi Bali Baru karena Danau Toba merupakan danau terbesar yang berada di Asia Tenggara. Dana Toba adalah danau alami berukuran besar yang berada di Kaldera Supervulkan. Danau ini memiliki Panjang 100 kilometer, lebar 30 kilometer dan kedalaman 505 meter. Danau ini terletak di tengah pulau Sumatera Utara dengan ketinggian permukan sekitar 900 meter.

Danau Toba sendiri merupakan lokasi letusan gunung berapi super massif yang berkekuatan VEI 8 sekitar 69.000 sampai 77.000 tahun yang lalu yang sampai memicu perubahan iklim secara global. Akan tetapi berdasarkan penanggalan terkini menyebutkan bahwa letusan itu terjadi 74.000 tahun yang lalu. Karena ledakan tersebut maka terciptalah Danau Toba yang kita kenal sekarang.

Pesona Dari Danau Toba

Sumber Gambar : @investor.id

Gelar Danau Toba sebagai danau terbesar di Asia Tenggara bukanlah cuma isapan jempol belaka, karena apabila kalian sedang berada di tengah danau, maka kalian seperti sedang berada di lautan. Karena luasnya Danau Toba, sehingga membuat kalian hanya bisa melihat air dimana – mana. Tentu saja dengan luasnya danau ini kegiatan yang paling diburu adalah wisata airnya.

Sumber Gambar : Google Maps @Andhy Marpaung

Contohnya Air Terjun Situmurun, air terjun yang berada di Desa Situmurun, Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir yang tidak hanya indah tetapi air terjun yang satu ini juga langsung mengalir menuju ke Danau Toba.

Atau tempat wisata yang dikenal dengan nama Bakkara. Bakkara adalah sebuah destinasi wisata yang tidak hanya memiliki alam yang sangat mempesona tetapi juga memiliki nilai sejarah. Bagaimana tidak tempat ini merupakan tempat kelahiran Raja Batak Sisingamangaraja.

Sehingga tidak aneh apabila Bakkara tempat ini dianggap sakral oleh masyarakat setempat. Di Bakkara juga dikenal memiliki tempat pemandian peninggalan Sisingamangaraja. Berada di pinggir Danau Toba dan diapit oleh bukit – bukit dengan pemandangan menawan, lembah ini dapat kalian jadikan destinasi alternative jika ingin menikmati pesona Danau Toba dari Ketinggian.

Destinasi yang disebutkan di atas hanya beberapa dari begitu banyaknya pesona yang ada di Danau Toba, akan tetapi mungkin destinasi paling popular di Dana Toba adalah Pulau Samosir.

Pulau Samosir

Sumber Gambar : faseberita.id

Danau Toba selain luas juga memiliki hal yang unik yaitu di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau yang luasnya hampir sama dengan luas Negara Singapura. Untuk mencapai ke Pulau Samosir ini kalian bisa naik feri yang dijadwalkan berangkat dari Pelabuhan Ajibata ke Pelabuhan Tomok setiap jamnya.

Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Pulau Samosir ini mungkin yang paling santai adalah dengan menyewa motor untuk berkeliling – keliling atau bahkan hanya sekedar berjalan kaki di sepanjang jalan yang sejuk dan indah itu. Tentu saja jangan sampai kelupaan untuk mampir ke puncak karena pemandangan yang disajikan sudah pasti lebih indah, jika dinikmati dari ketinggian.

Tidak suka dengan jalan darat Pulau Samosir juga bisa dinikmati via rute air yaitu dengan menyewa kayak. Ada tiga rute yang bisa ditempuh dengan naik kayak. Rute mudah, rute menantang hingga rute yang sangat sulit. Rute mudah Causeway – Salalah sepanjang 12 kilometer, Rute Menantang Causeway – Samosir sepanjang 50 kilometer sampai rute yang sangat sulit yaitu Lingkar Utara 175 kilometer.

Hal unik lain yang dapat kalian temukan di Pulau Samosir adalah boneka kayu seukuran manusia bernama Sigale – gale. Kenapa unik? Karena boneka ini terkenal dengan misteri dan juga mitologinya. Penduduk setempat percaya kalau Sigale – gale dapat menari dan menangis sendirian tanpa harus diiringi musik.

Masih banyak hal unik dan indah lain yang bisa kita bahas mengenai Danau Toba maka tidak heran kalau Dana Toba menjadi salah satu destinasi wisata prioritas yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata.