in

Danau Waren Ngadi, Wujud Ketenangan Maluku

Sumber: Instagram@bobyfar

Maluku tak pernah berhenti menyuguhkan cerita tentang alamnya. Ya, Tuhan memang telah memberkahi mereka dengan keindahan alam yang sungguh menawan, entah itu dengan pantai pasir putihnya, air terjunnya, atau bahkan dengan danau-danaunya yang menyuguhkan ketenangan dan kedamaian. Itulah Maluku. Nah, sekarang kita melipir ke daerah Tual, di sana terdapat danau yang sangat cantik dan memiliki ketenangan, namanya Danau Waren Ngadi. Bagaimana, sudah tahu belum soal danau ini? Kalau belum tahu, yuk kita kenalan terlebih dahulu dengan Danau Waren Ngadi.

Lokasi Danau Waren Ngadi

Sumber Gambar: Instagram @ismitrenhoat16

Di mana sih lokasinya? Sama seperti namanya, danau yang satu ini berada di Desa Ngadi, Kota Tual, Provinsi Maluku. Lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat Kota Tual, kira-kira hanya berjarak 12 km dan bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan selama 20 menit. Jalan yang sudah teraspal mulus membuatmu bisa menggunakan kendaraan roda dua atau bahkan empat untuk menuju ke Danau Waren Ngadi.

Sumber Gambar: Instagram @bobyfar

Sementara untuk kalian yang datang dari ibu kota Maluku, Kota Ambon, perjalanan menuju ke Danau Waren Ngadi memang cukup panjang dan melelahkan, karena harus terlebih dahulu menggunakan pesawat dari Bandara Internasional Pattimura menuju ke Bandara Dumatubun dengan lama perjalanan sekitar 1,5 jam, sebelum akhirnya kamu harus melanjutkan perjalanan dengan kendaraan bermotor menuju ke Desa Ngadi dengan jarak tempuh sekitar 14 km. Setelah sampai di Desa Ngadi, kamu bisa bertanya ke penduduk lokal mengenai lokasi persis dari danau yang satu ini, karena lokasinya belum terdaftar di Google Maps. Tapi, tempatnya gak terlalu susah dicari, kok!

Keindahan Danau Waren

Sumber Gambar: Instagram @unonk_fauzi

Setelah berpeluh keringat, kini saatnya kita menikmati keindahan Danau Waren Ngadi. Danau ini memang tidak terlalu luas, namun keindahan alamnya dijamin bikin kamu takjub. Air di danau ini sangat jernih, suasanannya tenang nan damai, ditambah lagi banyak pepohonan rindang di sekitar danau. Pokoknya tempat ini cocok bagi kamu yang memang ingin sejenak menenangkan pikiran, menjauhkan diri dari penatnya kehidupan di perkotaan.

Aktivitas Seru di Danau Waren

Sumber Gambar: Instagram @_nones0427

Tak hanya duduk berdiam diri menikmati keindahan alamnya, masih banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di danau yang satu ini, salah satunya adalah dengan menyewa sepeda air. Soal biaya jangan khawatir, dijamin murah dan bersahabat di kantong. Dengan menyewa sepeda air, kamu pun bisa mengitari danau dengan santainya bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Sumber Gambar: Instagram @ilhannajir

Setelah puas, kini kamu bisa berfoto ria memanfaatkan keindahan alam dari Danau Waren Ngadi. Ada banyak spot foto yang Instagramable, salah satunya adalah bekas pohon tumbang di tepi danau. Bisa juga kamu memanfaatkan jembatan yang dicat warna-warni sebagai latar belakang fotomu. Kamu juga bisa duduk bersantai sambil menyantap bekal makanan di beberapa gazebo yang telah disediakan di tepi danau.

Fasilitas di Danau Waren

Sumber: ktwisataku.blogspot.com

Soal fasilitas jangan ditanya, Danau Waren sudah diolah sedemikian rupa untuk memanjakan para pengunjung. Pihak pengelola pun telah menyiapkan beberapa fasilitas penunjang agar para pengunjung betah berlama-lama di Danau Waren, seperti halnya toilet, gazebo, tempat pejalan kaki, hingga tempat sampah. Namun sayang, kurangnya kesadaran dari pengunjung membuat beberapa fasilitas di sekitar Danau Waren Ngadi mulai terlihat rusak. Yuk, mari kita bersama-sama menjaga fasiliitas di tempat wisata!

Yuk, ke Danau Waren Ngadi!

Nah, begitulah ulasan singkat mengenai Danau Waren Ngadi, danau mungil yang memberikan ketenangan dan kedamaian di Maluku. Bagaimana, menarik kan? Segera siapkan hari liburmu, segera berkunjung ke danau cantik yang satu ini. Alam Indonesia itu indah, sangat sayang apabila kamu belum pernah berkelana menikmati keindahan bumi Pertiwi.

Oh ya, kalau ke sana, terlebih di hari kerja, jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman dari rumah, karena jarang ditemukan para pedagang di sekitar lokasi wisata kecuali di hari libur. Selain itu, membawa bekal dari rumah juga membuat kantong lebih bersahabat.

Jaga selalu kebersihan di tempat wisata, jangan meninggalkan apa pun kecuali jejak, jangan mengambil apa pun kecuali foto, dan jangan membunuh apa pun kecuali waktu.