in

Desa Arborek Raja Ampat Juaranya Desa Wisata

Sumber Gambar: Google Maps @Jean-Marie Hullot

Siapa yang tidak kenal dengan Kabupaten Raja Ampat yang terletak di Provinsi Papua Barat, destinasi wisata lokal yang sepertinya wajib untuk dikunjungi. Banyak destinasi wisata yang terdapat di Raja Ampat yang menjadi sangat terkenal. Akan tetapi yang membuat Raja Ampat begitu special karena letaknya yang berada diantara wilayah “Segitiga Karang Dunia” atau “Coral Triangel” yang dimana lokasi ini merupakan pusat keanekaragaman hayati dunia.

Sumber Gambar: Google Maps @Danang Tri

Jadi tidak heran kalau banyak sekali tempat wisata di Raja Ampat yang begitu popular, salah satu nya adalah sebuah desa yang pada tahun 2015 memenangkan Lomba Desa Provinsi Barat yaitu “Desa Arborek”

Menyandang Status Sebagai Desa Wisata Terbaik Se-Papua Barat

Sumber Gambar: Google Maps @Rashedul Rana

Desa Wisata Arborek berada di Pulau Arborek, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Luas wilayah dari Desa Wisata yang satu ini kurang lebih 7 hektare, tidak luas memang tapi dengan luas wilayah yang tidak terlalu luas malah menjadi keuntungan tersendiri untuk desa ini. Hal itu dikarenakan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk berkeliling dan menikmati keindahan dari desa ini.

Desa Arborek telah mendapatkan reputasi yang begitu besar tidak hanya otoritas lokal tetapi juga masyarakat Internasional. Untuk menyandang predikat sebagai Desa Wisata Terbaik, Desa Arborek melibatkan begitu banyak elemen. Selain masyarakat setempat yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan daerah tentunya, desa ini juga melibatkan pusat penelitian dan juga organisasi non pemerintah. Kolaborasi inilah yang kemudian menjadikan tempat ini tidak hanya indah tetapi nyaman untuk dikunjungi.

Mata Pencaharian Warga Setempat

Sumber Gambar : kostisolo.co.id

Desa Arborek hanya ditanggali oleh kurang lebih 80 keluarga saja atau kurang lebih 197 jiwa. Para lelakinya sudah pasti menjadi nelayan sebagai pekerjaan utama mereka. Akan tetapi ada yang unik bagi kaum wanitanya, kebanyakan wanita di desa – desa lain cenderung akan membantu pekerjaan suami mereka sebagai nelayan. Tetapi di desa ini hampir semua ibu – ibu atau kaum wanitanya berprofesi sebagai pengrajin untuk dijadikan mata pencaharian utama.

Mereka menganggap kalau proefesi kerajian lebih cocok dan anggun untuk para wanita. Walaupun mereka juga sadar kalau bekerja sebagai nelayan terutama penangkap lobster dan juga usaha produksi Mutiara jauh lebih menguntungkan.

Indahnya Wisata Bahari Desa Arborek

Sumber Gambar: Instagram @kampungwisataarborek

Seperti yang sebutkan di atas kalau desa yang satu ini tidak memiliki wilayah yang luas yang dimana menjadi salah satu keuntungan desa ini. Karena dengan luas wilayahnya kalian jadi bisa menikmati indahnya alam bawah air desa ini tanpa menghabiskan banyak energi.

Sumber Gambar: Google Maps @rashedul rana

Seperti yang kita tahu kalau Raja Ampat memang terkenal dengan alam bawah lautnya begitu juga dengan Desa Arborek ini. Untuk Snorkeling saja contohnya kalian tidak perlu pergi jauh – jauh, bahkan di dermaga Arborek saja kalian sudah bisa menikmati kegiatan yang satu ini.

Sumber Gambar : Google Maps @Fernando Moura Machado

Selain itu desa ini juga menawarkan sensasi diving yang sangat luar biasa, tidak perlu terlalu jauh hingha ke tengah cukup dengan jarak 10 menit dari desa saja kalian sudah bisa menemukan spot diving yang sangat indah. Dari atas permukaan saja kalian sudah bisa melihat koral Gorgonia yang berkilauan apalagi kalau kalian menyelam ya sahabat Wisato. Ada banyak biota laut bisa kalian temukan di sini, berbagai jenis karang, ikan pari, ikan Duyung ( Dugong ), Hiu Karang, ikan Barakuda hingga ikan hias penuh warna dapat kalian temukan di sini.

Akomodasi Dan Transportasi

Sumber Gambar : Google Maps @Joice D Pawestri

Untuk sampai ke Desa Arborek ini tidak begitu susah tapi untuk lebih mudahnya lagi kalian bisa memulai perjalanan ini dari Kota Sorong. Penerbangan untuk ke Kota Sorong sendiri sudah banyak disediakan oleh maskapai penerbangan. Kalian bisa terbang dari Jakarta, Bali atau Makassar.

Untuk Transportasi Laut kalian bisa menggunakan transportasi laut yang menuju ke Pelabuhan Sorong yaitu KM Dorolonda, KM Laboral, KM Tatamailau, KM Sinabung dan KM Gunung Dempo. Setelah berada di Kota Sorong kalian bisa menggunakan perahu motor dari Pelabuhan Perikanan ke Waisai, Ibu Kota Raja Ampat.

Dari Waisai kalian melanjutkan perjalanan kembali kurang lebih dua jam menggunakan longboat sewaan. Untuk tempat tinggal atau penginapan kalian bisa menginapa di home stay atau juga di penginapan dan juga resort.

Desa Arborek sepertinya tidak boleh kalian lewatkan kalau kalian memang hobi traveling ya sahabat Wisato karena dijamin kalian tidak akan menyesal.