in

Desa Wisata Terbaik Dari Ibu Kota, Desa Wisata Pulau Untung Jawa

Sumber Gambar : @Biro Komunikasi Publik Kementrian PUPR

Kepulauan Seribu merupakan salah satu daya Tarik wisata yang berasal dari Ibu Kota Indonesia, DKI Jakarta. Kepulaun Seribu ini terletak di sebelah utara Jakarta, walaupun kebanyakan dari pulau – pulau ini berada di perairan utara Kabupaten Tanggerang. Meskipun namanya adalah Kepulauan Seribu bukan bearti pulau – pulau di dalam gugusan kepulauan ini berjumlah seribu. Total jumlah pulau sebenarnya hanya 342 pulau, termasuk pulau – pulau pasir dan terumbu karang yang bervegatasi ataupun tidak. Pulau pasir dan terumbu karang itu sendiri berjumlah 158 pulau tidak semua pulau didiami atau ditinggali oleh manusia. Gugusan Kepulauan Seribu ini sendiri memiliki potensi yang sangat besar untuk pengembangan berbagai macam industry, antara lain pertambangan, perikanan dan yang paling utama adalah pariwisata.

Untuk sektor Pariwisata sendiri salah satu destinasi wisata Kepulauan Seribu bernama Desa Wisata Pulau Untung Jawa masuk terpilih menjadi salah satu dari 50 besar Desa Wisata Terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia ( ADWI ) 2021. Ajang ini sendiri diadakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pulau Untung Jawa sendiri adalah pulau yang berada dalam gugusan Kepulauan Seribu yang memiliki luas sekitar 40.10 hektare. Letaknya yang dekat dengan Jakarta membuat destinasi wisata ini begitu popular karena mudah untuk diakses dan sejak tahun 2002 Pulau Untung Jawa ini dicanangkan sebagai Desa Wisata Nelayan.

Pesona Pulau Untung Jawa

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Walaupun banyak pulau – pulau lain yang menawarkan keindahan yang tidak jauh berbeda dengan yang ditawarkan oleh Pulau Untung Jawa ini, tetap saja banyak waitawan yang lebih memilih untuk berlibur ke Pulau Untung Jawa ini. Apalagi buat kalian yang menyenangi wisata Bahari, Pulau Untung Jawa merupakan salah satu pilihan terbaik yang bisa kalian dapatkan di Ibu Kota, DKI Jakarta. Berbagai permainan air bisa kalian temukan di sini, sebut saja Banana Boat, Donat Boat atau Snorkling.

Tapi buat kalian yang tidak begitu menyukai aktivitas air kalian juga bisa bersantai di Pantai Sakura yang memiliki pasir putih yang lembut sambal menikmati segarnya air kelapa muda. Atau kalian bisa bersantai dan rileks di salah satu spot wisata bernuansa negeri sakura Jepang. Spot ini juga bisa menjadi spot foto – foto yang menarik terutama buat kamian yang suka mengabadikan perjalanan kalian melalui foto.

Merupakan Project Pilot Wisata Pertama Dari Kepulauan Seribu

Sumber Gambar : @jadiberita.com

Pulau Untung Jawa yang merupakan Project Pilot Wisata pertama yang dilakukan oleh Kepulauan Seribu membuat pemerintah juga menjadikan pulau ini sebagai pusat pengembangan destinasi wisata Kepualauan Seribu. Jadi tidak heran kalau fasilitas yang disediakan oleh Pulau Untung Jawa ini memang sudah terhitung lengkap. Akses jalan untuk menuju ke Pulau ini pun sudah dibuat sangat rapi dan bahkan pasokan listrik ke Pulau Untung Jawa sudah tersedia selama 24 jam.

Demi keselamatan para wisatawan pemerintah juga sudah membangun fasilitas kesehatan yang lengkap jadi buat kalian yang mau berlibur disini tidak perlu takut apabila tiba – tiba kalian jatuh sakit atau mengalami kecelakaan ringan ketika sedang berwisata di sini. Untuk kalian yang suka menatap pantai sambil bermalas – malasan pun pihak pengelola sudah menyiapkan pondok – pondok di pinggiran pantai dermaga.

Dan buat kalian yang merasa satu hari saja tidak cukup untuk menikmati indahnya pulau ini, kalian bisa menginap di homestay yang telah di sediakan. Selain harga yang ditawarkan murah homestay ini juga dibangun di dekat pantai sehingga membuat suasana pantainya semakin terasa dan semakin menyenangkan tentunya.

Nah buat kalian yang ingin liburan murah dan juga tidak terlalu jauh dari ibu kota sepertinya Desa Wisata Pulau Untung Jawa ini bisa menjadi alternative yang tidak boleh kalian lewatkan. Untuk mengakses pulau yang satu inipun tidak susah kok. Karena Pulau Untung Jawa ini merupakan pulau yang paling dekat dengan Jakarta, pulau ini bisa kalian akses dengan du acara.

Cara pertama adalah melalui Pelabuhan Rakyat Muara Angke setelah itu kalian bisa menumpang kapal yang berangkat menuju ke Pulau Pramuka. Karena biasanya kapal – kapal tersebut akan singgah di Pulau Untung jawa.

Cara kedua adalah dengan melalui Pantai Tanjung Sari di Tanggerang Banten, kalian bisa menggunakan kapal ojek yang tersedia sejak pukul 04.00 WIB – 19.00 WIB yang dapat kalian tempuh kurang dari satu jam.