in

Geosite Sipinsur Titik Tepat Dalam Ekspklorasi Danau Toba Dari Ketinggian

Sumber Gambar: Instagram @vibizmediacom

Destinasi wisata alam Geosite Sipinsur adalah sebuah tempat observasi tepat dalam eksplorasi Danau Toba. Kawasan wisata tersebut juga berupa tempat observasi untuk menyaksikan view pesona Danau Toba. Di kawasan tersebut juga tersedia beberapa spot lain yang sangat menarik dan instagramable.

Lokasi Geosite Sipinsur

Destinasi wisata alam ini terletak di Parulohan, Paranginan, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Lokasi tersebut bukan berada di pusat kota Medan. Melainkan di pusat pariwisata Danau Toba. Danau Toba merupakan salah satu objek wisata anda dari Tapanuli, Sumatera Utara. Legenda akan Danau Toba juga telah dikenal luas seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Bahkan sempat beberapa kali dikisahkan ke dalam sebuah film.

Akses transportasi menuju Geosite Sipinsur

Sumber Gambar:
Instagram @iwanvanwilan

Transportasi menuju ke Danau Toba juga sangat muda dan memadai. Jadi bagi wisatawan yang berasal dari luar Sumatera Utara dapat dengan muda mengunjungi destinasi wisata tersebut. Daftar bandara terdekat dengan destinasi wisata ini adalah Bandara Silangit. Bandara tersebut terletak di Jl silangit, Silando Muara, Tapanuli Utara.

Airport tersebut merupakan rekomendasi jalur penerbangan terbaik yang paling dekat dengan Geosite Sipinsur. Karena tidak membutuhkan waktu lama dalam perjalanan dari bandara menuju ke destinasi wisata tersebut. Perjalanan darat dapat memanfaatkan taxi konvensional maupun online. Selanjutnya wisatawan hanya akan menempuh perjalanan selama ±30 menit.

Selain Bandara Silangit, ada sebuah bandara yang terletak di dekat dengan area Danau Toba. Bandara tersebut adalah Bandara Internasional Sisingamangaraja XII. Bandara tersebut juga terletak di daerah Silangit.

Bandara Sisingamangaraja XII yang merupakan bandara internasional mempunyai jalur penerbangan yang lebih luas daripada Bandara Silangit. Hal memungkinkan wisatawan mancanegara untuk mengunjungi destinasi wisata Geosite Sipinsur maupun Danau Toba. Perjalanan darat yang diperlukan untuk menuju ke destinasi wisata alam tersebut juga hampir sama dengan Bandara Silangit. Hanya membutuhkan waktu selama ±30 menit.

Suasana Perjalanan Menuju Ke Geosite Sipinsur

Dalam perjalanan, para wisatawan tidak akan jenuh dan bosan. Sebab akan disuguhi pesona alam khas Tapanuli. Mulai dari pepohonan di kedua sisi jalan, rawa – rawa hingga perkebunan kopi Lintong.

Bahkan dapat menjumpai beberapa hewan ternak ataupun liar yang akan menyapa setiap orang. Terkadang hewan – hewan tersebut juga berada tepat di tengah – tengah jalan, sehingga perjalanan pun agak sedikit terganggu. Tetapi sebagai sesama makhluk, harus menghargai beberapa hewan yang hendak melintas.

Fasilitas Yang Tersedia Di Geosite Sipinsur Tapanuli 

Di Geosite Sipinsur terdapat beberapa fasilitas yang berupa spot – spot yang sangat menarik. Spot tersebut antara lain sebagai berikut ini :

1. Gardu pandang

Untuk fasilitas yang pertama adalah gardu pandang. Ada yang menarik dari gardu pandang di destinasi wisata alam ini. Gardu pandang tersebut telah didesain sehingga menjadi gardu pandang yang kekinian.

Sumber Gambar: sumut.idntimes.com

Walaupun terbuat dari material kayu, namun tidak mempunyai kesan tradisional sama sekali. Hal yang paling istimewa dari gardu pandang tersebut adalah mempunyai view Danau Toba. Di gardu pandang tersebutlah dapat menyaksikan hamparan luas Danau Toba lengkap dengan kedua pulaunya.

2. Outbond dan playground

Di area tersebut terdapat beberapa spot outbond yang cukup menantang, tetapi cukup aman. Para wisatawan pun dapat mencoba beberapa spot outbond tersebut. Sedangkan untuk anak – anak juga mendapatkan fasilitas tersendiri yang berupa playground.

3. Ayunan

Fasilitas ini adalah fasilitas yang paling favorit setiap pengunjung. Ayunan ini bukan hanya sekedar ayunan biasa. Tetapi ayunan yang mempunyai desain sangat unik dan lucu. Ayunan tersebut tergolong ke dalam ayunan duduk. Tetapi bentuk ayunan tidak seperti ayunan duduk biasa, melainkan berbentuk bundar. Warna ayunan pun juga sangat menarik dan mampu memberikan kesan Geosite Sipinsur menjadi colorful.

4. Jajaran hutan pinus

Sumber Gambar:Instagram @renapsrb11

Fasilitas ini ada fasilitas utama dari destinasi wisata ini. Pada dasarnya area tersebut memang hanya berupa jajaran hutan pinus yang tumbuh sangat lebat dan subur. Hutan pinus tersebut adalah salah faktor cuaca di area Geosite Sipinsur. Dengan hutan pinus tersebut, udara di sekitar Danau Toba sangat sejuk bahkan pada siang buta pun tidak akan terasa panas sama sekali.

5. Akses ke pulau tengah danau

Sumber Gambar: Instagram @wanvanwilan

Di Geosite Sipinsur tersedia beberapa perahu yang bersedia mengantarkan pengunjung untuk mengunjungi pulau kecil di tengah danau. Tepat di tengah – tengah Danau Toba, terdapat 2 buah pulau yaitu pulau Samosir dan pulau Sibandang. Kedua pulau tersebut memang sering dikunjungi para wisatawan. Sebab dengan berada di pulau tersebut cukup leluasa dalam mengeksplorasi Danau Toba.

6. Pedagang kaki lima

Fasilitas ini adalah fasilitas yang selalu terdapat di setiap destinasi wisata, khususnya Indonesia. Begitu pula di destinasi wisata ini yang selalu dijumpai beberapa pedagang yang menyediakan berbagai macam souvenir lokal hingga makanan.

7. Area pedestrian / jalur tracking

Geosite Sipinsur juga termasuk ke dalam destinasi taman. Oleh karena itu di tempat tersebut tersedia area pedestrian (jalur khusus pejalan kaki). Mulanya jalur tersebut sering dilalui beberapa motor yang juga hendak menyaksikan hamparan luas Danau Toba. Kini jalur tersebut hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki dan motor sama sekali tidak diperbolehkan.

Aktivitas Di Geosite Sipinsur Tapanuli 

Dengan fasilitas yang sangat memadai, pengunjung pun dapat melakukan berbagai macam aktivitas di destinasi wisata tersebut. Untuk aktivitas yang harus dilakukan setiap pengunjung adalah hunting foto.

Ada sebuah tips untuk hunting foto terbaik. Yaitu kunjungi area wisata tersebut pada pagi hari, tepatnya pada pukul 08.00 WIB. Pada saat tersebut, pengunjung yang terdapat di sekitar masih sedikit. Suasana Geosite Sipinsur sangat sepi dan tidak berisik dengan suara pengunjung lain. Jadi dapat leluasa dalam mengeksplorasi setiap sudut area dan juga Danau Toba.

Selain hunting foto, aktivitas lain yang dapat dilakukan adalah camping. Jajaran hutan pinus yang luas, menjadikan tempat tersebut sangat mendukung untuk camping. Rantai pohon yang berjatuhan membuat wisatawan yang sedang camping lebih mudah membuat api unggun.

Fasilitas pada destinasi wisata alam ini juga sangat memadai, para wisatawan pun tidak perlu resah hanya merasa lapar. Ataupun ketika dalam kondisi darurat ingin ke kamar kecil. Dengan fasilitas outbond, suasana camping menjadi sangat menyenangkan.

Sumber Gambar:
Instagram @cakra_leonardo

Sedangkan aktivitas lain yang dapat dilakukan di Geosite Sipinsur adalah mengunjungi pulau Samosir dan pulau Sibandang. Dengan mengunjungi kedua pulau tersebut, wisatawan dapat menyaksikan luasnya hamparan danau bak lautan. Dalam perjalanan juga dapat menikmati suasana danau yang sangat jernih. Air yang berwarna biru, membuat suasana danau bak lautan.

Sementara untuk aktivitas yang dapat dilakukan anak – anak adalah bermain. Di destinasi tersebut tersedia spot playground. Anak – anak pun tidak akan merasa bosan ketika berada di tempat tersebut. Anak – anak juga dapat mencoba beberapa spot outbond. Tetapi harus dalam pengawasan orang tua. Itulah review lengkap mengenai destinasi wisata Geosite Sipinsur yang merupakan tempat terbaik untuk mengeksplorasi Danau Toba dari ketinggian.