OUR NETWORK

Goa Lakasa, Goa Cantik yang Ditemukan Berkat Mimpi

Source Image: Instagram @la_mbeli

Indonesia memiliki banyak goa yang unik, mulai dari Goa Gong yang disebut memiliki bunyi seperti gong, goa Jomblang dengan lubang vertikalnya yang mempesona, hingga Goa Batu Cermin yang berasal dari dasar laut dan terangkat ke permukaan melalui proses alami selama jutaan tahun. Tidak hanya itu saja, di Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, juga ada goa yang dilapisi oleh kristal putih yang terlihat sangat cantik. Ya, namanya adalah Goa Lakasa, yang konon ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang kakek.

Awal Mula Penemuan Goa Lakasa

Sumber: Instagram @ashwinelkusa

Goa ini bermula dari mimpi seorang kakek bernama La Kasa, warga Kelurahan Lipu, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Dia bercerita pada suatu malam bermimpi ada sebuah goa di bawah tanah yang memiliki kolam air jernih di malam hari, dan akan mengering di siang hari. Tidak lama kemudian, ketika sedang bekerja di kebun miliknya, La Kasa mengambil batu yang justru menimbulkan longsoran tanah, sehingga membuka celah sempit untuk menuju ke dalam goa. Menurut informasi Goa Lakasa pertama kali ditemukan pada 1999 silam.

Kondisi Goa Lakasa

Sumber: Instagram @jeyy2885

Goa Lakasa memiliki mulut yang cukup sempit, bahkan hanya bisa dilewati oleh satu orang. Namun, ketika masuk ke dalam goa, para pengunjung akan menemukan ruangan yang cukup luas di dalamnya. Goa Lakasa dengan kedalaman sekitar 100 meter di dalam tanah juga memiliki air yang sangat jernih dan terasa menyegarkan.

Sumber: Instagram @jeyy2885

Apabila digambarkan secara umum, ada tiga keindahan yang bisa ditemukan di Goa Lakasa. Keindahan yang pertama adalah keberadaan stalagtit dan stalagmit dengan bentuk yang sangat memukau, yang tercipta akibat endapan kapur selama ribuan tahun lamanya. Proses pembentukannya yang memakan waktu sangat lama membuat para pengunjung dilarang untuk menyentuh atu bahkan merusaknya.

Sumber: Detik.com

Kemudian keindahan yang kedua adalah keberadaan kristal putih yang tumbuh di dekat kolam Goa Lakasa. Kristal-kristal tersebut akan terlihat lebih indah ketika terkena cahaya lampu atau senter dari para pengunjung. Kemudian keindahan yang terakhir adalah keberadaan kolam pemandian yang memiliki air sangat jernih dan terasa menyegarkan. Uniknya, kolam di dalam Goa Lakasa tidak pernah mengering walaupun di musim kemarau.

Aktivitas Menarik di Goa Lakasa

Sumber: Instagram @nurfajrianayakub

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh para pengunjung di dalam Goa Lakasa. Pertama mereka bisa menjelajahi semua ruangan yang ada di dalam goa, menikmati setiap jengkal keindahan dari stalagmit dan stalagtitnya, serta kristal-kristal yang tumbuh di dinding goa. Mereka juga bisa mengabadikan keindahan Goa Lakasa melalu jepretan kamera.

Para pengunjung juga bisa berenang atau bermain air di kolam Goa Lakasa. Hampir setiap hari ada puluhan pengunjung yang secara bergantian menikmati kesegaran kolam alami di dalam goa tersebut.

Memiliki Aura Mistis

Dibalik keindahan yang dimilikinya, Goa Lakasa ternyata juga diselimuti oleh cerita-cerita mistis. Menurut La Kasa, kakek yang menemukan goa tersebut, pernah ada wisatawan yang mengambil foto di dalam Goa Lakasa, dan anehnya hasil foto tersebut memperlihatkan adanya penampakan tangan dan kaki misterius yang tertangkap oleh kamera. Demi menjaga kesucian dan menghormati penghuni goa, La Kasa memperingatkan kepada para pengunjung wanita yang sedang menstruasi untuk tidak coba-coba memasuki goa tersebut.

Lokasi Goa Lakasa

Sumber: Instagram @wi_mona

Ditinjau secara administratif, Goa Lakasa berada di Desa Sulaa, Kecamatan Betoambari, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara. Lokasinya cukup mudah untuk ditemukan, karena tidak jauh dari jalan poros menuju ke Pantai Nirwana yang sudah terkenal itu. Goa ini hanya berjarak sekitar 300 meter dari perkampungan penduduk di Desa Sula, dan para pengunjung pun bisa mengunjungi Goa Lakasa dengan menggunakan kendaraan bermotor, baik itu roda dua atau bahkan roda empat.

Tips ke Goa Lakasa

Walaupun akses menuju ke lokasi cukup mudah, namun tantangan yang sesungguhnya bagi para pengunjung adalah memasuki Goa Lakasa yang menjorok ke dalam tanah dengan kedalaman sekitar 100 meter. Oleh sebab itu, pergunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman ketika berkunjung ke Goa Lakasa. Jangan lupa untuk membawa pakaian ganti, karena berkunjung ke Goa Lakasa belum lengkap jika tidak menceburkan diri langsung ke dalam kolamnya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…