OUR NETWORK

Gunung Karangetang, keindahan Larva yang Tak Pernah Berujung

Sumber: news.okezone.com

Indonesia memang memiliki zona pariwisata yang sangat lengkap. Mulai dari pantai, hutan, dunia bawah laut, danau, adat istiadat, rumah adat dan gunung yang bisa didaki. Semua terasa lengkap dengan mempunyai panoramanya sendiri-sendiri. Salah satunya adalah Gunung Karangetang yang begitu memukau.

Gunung ini menjadi yang paling aktif di Sulawesi Tenggara. Layaknya, Gunung Merapi di Pulau Jawa. Karangetang sering sekali mengeluarkan lahar dan sering terjadi erupsi yang terkadang membahayakan. Sayangnya, hal ini tidak berlaku bagi wisatawan mancanegara yang membuat mereka ingin mengunjungi tempat ini.

Mengenal Gunung Karangetang

Sumber: news.okezone.com

Gunung ini mempunyai ketinggian kurang lebih 1820 mdpl. Keunikan dari Gunung satu ini adalah malam hari yang seakan tidak pernah tidur, dimana kamu bisa melihat laharnya yang keluar tanpa henti. Menariknya, saat erupsi menjadi yang paling ditunggu oleh warga.

Mereka tidak takut dan malah menganggapnya sebagai sebuah berkah. Bahan vulkanik yang keluar dari kawahnya ini mampu menyuburkan tanah yang bisa kamu lihat dari tumbuhan tanaman pala yang subur. Dengan kualitas nomor satu di dunia.

Sumber: travel.kompas.com

Pada suatu ketika, gunung ini meletus dahsyat, yang membuat pemukiman para warga pun menjadi rusak. Bagi warga sekitar sendiri, Meletusnya Gunung karangetang yang hebat merupakan sebuah pertanda bahwa, mereka sudah melakukan perbuatan yang melanggar norma kesusilaan.

Menuju ke Puncak

Sumber: Instagram @mountain_sulut

Perjalanan menuju ke atas memang tidak akan pernah mudah. karena, trek yang harus kamu lalui pun naik turun dengan tingkat kemiringan yang  cukup tinggi. Apalagi dengan kontur tanah yang sedikit licin, membuat kamu harus berhati-hati.

Sumber: fin.co.id

Semua rasa lelah kamu akan terbayarkan dengan sendirinya. Karena, setelah sampai di puncaknya kamu bisa melihat keindahan kawasan. Ada kurang lebih 49 pulau yang bisa kamu nikmati. Diharapkan, jangan terlalu malam turun dari tempat ini ya. Karena, akan sangat berbahaya buat kamu  Total perjalanan baik naik keatas maupun turun membutuhkan waktu kurang lebih 5 jam. Jadi, usahakan berangkat pagi kurang lebih pukul 7. Selain itu, kamu juga wajib menggunakan pemandu, agar keselamatanmu tetap terjaga.

Karena, para pemandu paling tahu jalan mana yang harus dipilih bila sewaktu-waktu lahar dinginnya keluar tanpa permisi. Jadi, jangan sampai kamu meremehkannya.

Spot Foto Terbaik

Sumber: Instagram @amandakomaling

Kamu bisa mengambil tempat foto dari beberapa tempat yang ada di kawasan ini. Mulai dari Dermaga Ulu. Dari sini, kamu sudah bisa melihat gagahnya Gunung Karangetang. Letaknya yang berada di kaki gunung membuatmu bisa melihatnya baik dengan bidikan kamera atau juga dengan mata telanjang,

Spot selanjutnya, kamu bisa pergi ke Kampung Babali. Dimana, tempat ini suguhan lahar yang mengesankan mata bisa tampak. Apalagi, kalau keluarnya saat malam, pemandangannya akan tambah mengesankan.

Ada lagi, Kampung Sawang dimana disana ada sebuah dermaga yang sangat luas yang bisa kamu manfaatkan untuk mengambil gambar. Sementara itu, bagi kamu yang ingin menikmati keindahan pesona sunset. Maka, pergilah ke daerah pehe. Dari sini, kamu bisa memaknai keindahan yang sebenarnya dengan siluet Gunung Karangetang nan menakjubkan.

Cara Menuju ke Gunung Karangetang

Menuju ke Gunung ini kamu bisa masuk melalui Bandara Sultan Babullah Ternate. Perjalanan dari Jakarta kurang lebih 3 jam 50 menit dengan harga mulai dari 1 juta 850 ribuan saja. Dari Bandara kamu bisa pergi menuju ke Gunung ini dengan menggunakan kendaran menuju ke pelabuhan Ambon.

Naik kapal ferry menuju ke Tobelo dengan waktu tempuh mencapai 14 jam. Dari sini, kamu bisa melanjutkan kembali perjalanan menuju ke Ulu Siau Total waktu tempuh mencapai 19 jam. karena, perjalanannya yang begitu panjang dan lama. Maka, jangan lupa bawa perbekalan yang cukup ya. Total harga untuk naik kapal ini kurang lebih 300 ribuan. Cukup melelahkan bukan, Tetapi semua akan terbayar lunas.

Kesimpulan

Gunung Karangetang adalah satu diantara semua Gunung di Indonesia yang mempunyai keunikan. Kamu bisa mencoba pergi ke sana dan menyaksikan sendiri bagaimana panoramanya. Sungguh, kamu pasti tidak akan pernah bisa melupakannya. Jadi, sudah siap ambil banyak spot foto di tempat ini.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…