OUR NETWORK

Gunung Mahawu, Tempat Wajib Para Pendaki dan Fotografi

Sumber: nasional.republika.co.id

Bagi seorang pendaki, akan tampak kurang rasanya bila tidak mendaki Gunung saat ia menjelajah suatu wilayah. Seperti halnya yang ada di Tomohon. Gunung Mahawu yang sangat ramah bagi para pendaki dengan sejuta pesona yang bisa kamu dapatkan disini.

Banyak wisatawan yang sering datang dan pergi ke kawasan ini. Mereka bukanlah para pendaki profesional. Melainkan, para pemula yang ingin belajar merasakan sensasi seru naik Gunung. Jadi, bagi kamu yang penasaran semegah apa pemandangan yang ada disini, mari kita lanjutkan perjalanannya di bawah ini.

Tentang Gunung Mahawu

Gunung ini memang tidak terlalu tinggi mempunyai tinggi hanya 1311 mdpl. Jalur pendakiannya pun juga sudah ramah, menggunakan anak tangga yang sudah dibangun jumlahnya kurang lebih 150 anak tangga. Menariknya lagi, awal titik pendakian berada di ketinggian 1200 mdpl. Jadi, kamu hanya perlu mencapainya selama 10 menit saja. Waktu yang cukup singkat untuk sebuah pendakian bukan?

Sumber: pegipegi.com

Gunung Mahawu sendiri merupakan dua dari Gunung berapi yang ada di Tomohon. Hanya saja, Mahawu sudah tertidur lelap dan tidak aktif lagi. Jadi, banyak para pendaki menyukai kawasan ini.  Udaranya memang dikenal sangat sejuk, kalau malam kawasan ini bisa turun dan mencapai suhu 20 derajat celcius, bahkan di musim kemarau bisa mencapai 15 derajat celcius lho. 

Untuk tiket masuknya sendiri kamu bisa mengisi seikhlasnya di tempat yang sudah disediakan. Tetapi, tetap harus membayar uang parkir untuk mobil sebesar 10 ribu rupiah dan bagi yang membawa motor akan dikenakan tiket 5 ribu rupiah.

Cara Menuju Ke Lokasi

Sumber: Instagram @djilbwle_26

Untuk bisa mencapai Gunung Mahawu, kamu harus masuk terlebih dahulu ke Manado. Sudah banyak maskapai yang akan mengantarmu ke Bandara Sam Ratulangi. Dengan harga mulai dari 1 juta 300 ribuan. Dengan waktu maksimal 4 jam lamanya.

Setelah sampai di Bandara kamu bisa melanjutkan perjalanan ke objek wisata ini dengan waktu tempuh mencapai 1 jam 10 menit. Dengan Jarak kurang lebih 42,2 kilometer melalui Jl. Raya Manado – Tomohon. Jalan yang akan kamu tempuh memang sedikit berliku. Apalagi, bila sudah memasuki kota Tomohon.

Jadi, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik. Kemudian, hati-hati dengan tanjakan dan turunan yang tersaji. 

Keistimewaan Gunung Mahawu

Sumber: travel.kompas.com

Jangan lupa bawa masker ya, karena dari puncaknya kamu masih bisa mencium aroma belerang yang cukup menyengat. Selain itu, dari puncak sini pula kamu bisa melihat pemandangan Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan masih banyak lagi yang benar-benar eksotis dan cukup menawan.

Di Sekitar Puncak mahawu, kamu juga akan disuguhkan dengan dua buah puncak yang sudah dibangun. Dari puncak ini, kamu bisa melihat kawah Tompaluan yang merupakan Kawah dari Gunung Api Lokon yang sering sekali meletus.

Sumber: nasional.republika.co.id

Kamu juga bisa lho mengelilingi kawah Mahawu yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam lamanya. Tetapi, kamu harus berhati-hati karena, kontur jalanan yang naik turun dan sedikit terjal. Rasakan sensasi pemandangan luar biasa yang membuat kamu tidak akan pernah lupa.

Berburu Burung

Bagi kamu yang menyukai fotografi terutama burung, disinilah tempat yang tepat untuk membidiknya. Karena, kurang lebih 20 spesies burung bisa kamu abadikan melalui kamera. Menariknya, hampir semua burung yang bisa kamu bidik adalah spesies yang sudah dinyatakan langka.

Sumber: Youtube @Kristiadi Nugroho

Seperti halnya, Celepuk Sulawesi yang biasanya akan keluar pada malam hari. Selanjutnya ada burung Manguni yang relatif mudah. Keberadaannya memang masih cukup banyak disini. Bila ingin mereka keluar, tirukan saja suaranya. Tidak hanya sampai disitu saja. 

Burung-burung endemik sulawesi seperti Pelanduk Sulawesi, Ceret Coklat, Kancilan perut Kuning, hingga Cabai Sulawesi bisa kamu nikmati disini. Bahkan kebiasaan ini tidak hanya wisatawan lokal saja lho. Tetapi, mancanegara pun tidak mau kalah berburu keindahan satwa Sulawesi.

Kesimpulan

Gunung Mahawu adalah keindahan yang bisa kamu nikmati. Tidak hanya mengenai pesona alamnya saja. Melainkan kamu juga bisa menikmati keberagaman flora yang mengharuskan kamu bersabar bila ingin membidiknya. Jadi, Sudah siap dengan semua peralatan lengkapnya?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…