in

Ikon Pariwisata Nagan Raya Taman Ratu Balqis

Sumber Gambar: seringjalan.com

Taman Ratu Balqis atau dikenal juga dengan Alun – alun Suka Makmue adalah suatu destinasi wisata yang sekaligus menjadi pusat pemerintahan Kota Nagan Raya. Belum diketahui dengan pasti tentang sebutan lain dari Alun – alun Suka Makmue tersebut. Yang jelas tempat tersebut adalah sebuah taman yang mempunyai peran penting bagi masyarakat maupun pemerintah.

Riwayat Ratu Balqis

Sebelum mengulas lebih lanjut tentang pesona dan spot dari Taman Ratu Balqis, kehidupan dari sang ratu Balqis juga sangat inspiratif. Ratu yang sekaligus merupakan seorang tokoh yang sangat berpengaruh terdapat beberapa fakta dibalik pesona sang ratu yang sangat istimewa.

Fakta ratu Balqis antara lain sebagai berikut ini :

1. Ratu Balqis merupakan ratu yang paling cantik yang pernah ada

Berdasarkan kisah sejarah, ratu Balqis mempunyai pesona yang sangat sempurna. Bahkan dinobatkan sebagai ratu yang paling cantik di antara ratu lainnya. Bahkan pesona dari ratu Balqis dapat mengalahkan kecantikan dari ratu Mesir Cleopatra. Semua orang pun bertekuk lutut akan pacaran kecantikan dari ratu Balqis. Bahkan nabi Sulaiman pun juga terpesona dengan kecantikannya. Kulit ratu Balqis sangat putih dan bersinar. Wajahnya sangat cantik dan anggun. Sementara itu sikap sang ratu sangat sopan, begitu pula dengan tutur katanya.

2. Memiliki pengaruh besar

Ratu Balqis adalah ratu yang memimpin Kerajaan Saba. Berkat kepemimpinannya, Saba menjadi negeri yang cukup makmur. Peran ratu Balqis di negeri Saba mempunyai pengaruh yang sangat besar atas kelangsungan seluruh penduduk di negeri tersebut. Walaupun penampilan ratu Balqis sangat anggun dan memiliki tutur kata yang lembut, ternyata mempunyai jiwa kepemimpinan yang sangat tegas. Ratu Balqis pun dianggap sebagai ratu yang sempurna.

3. Bersedia menerima masukan dari orang lain

Meskipun sang ratu adalah ratu yang sempurna dimana memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi, namun masih bersedia menerima masukan dari orang lain. Baik itu berupa saran, komentar, hingga kritikan yang cukup pedas. Sang ratu juga tidak memandang status orang yang memberikan suatu masukan, entah itu penasihat kerajaan, bangsawan maupun rakyat jelata.

4. Menyukai kedamaian dan tidak mengandalkan kekerasan

Ratu Balqis sangat menyukai kedamaian dan menentang keras segala bentuk kekerasan. Hal tersebut dibuktikan ketika mendapat surat dari nabi Sulaiman. Beliau pun memilih untuk menggunakan jalan damai dan menolak adanya peperangan.

5. Mempunyai sifat yang rendah hati

Selain mempunyai pesona kecantikan yang sempurna, ternyata ratu Balqis juga mempunyai sifat yang rendah hati. Walaupun mempunyai gelar sebagai ratu, tidak pernah mengungkit status sebagai ratu untuk keperluan pribadi ataupun dalam bentuk upaya menyombongkan diri. Bahkan ketika berhadapan dengan nabi Sulaiman pun, tetap bersikap layaknya orang biasa.

Itulah kelebihan dari ratu Balqis yang dianggap sebagai ratu sekaligus wanita sempurna. Hingga saat ini belum ada yang dapat menyamai kearifan, kecantikan dan kepemimpinan dari ratu Balqis.

Sementara itu untuk Alun – alun Suka Makmue yang juga terkadang disebut dengan Taman Ratu Balqis, belum ada kisah tentang hubungan dari taman tersebut dengan ratu Balqis. Tetapi berdasarkan legenda dan beberapa tafsiran menyatakan bahwa ratu Balqis pernah menginjakkan kaki di Indonesia. Sayangnya belum ada bukti yang konkret tentang pernyataan tersebut.

Lokasi Taman Ratu Balqis Nagan Raya

Taman Ratu Balqis terletak di Jl Poros utama, Cot Kuta, Suka Makmue, Nagan Raya. Lokasi dari taman terletak di area kepemerintahan Nagan Raya. Dengan hal tersebut dapat dipastikan sangat strategis dan tersedia berbagai macam transportasi umum.

Sedangkan untuk bandara terdekat adalah Bandara Cut Nyak Dhien. Lokasi bandara tersebut berada di Jl airport Cut Nyak Dhien, Kubang Gajah, Kuala Pesisir, Nagan Raya. Dari bandara menuju ke arah destinasi cukup dekat hanya memakan waktu sekitar ±60 menit. Rute jalan menuju ke Taman Ratu Balqis juga sangat mudah.

Bagi yang memanfaatkan Google map sebagai petunjuk jalan, sebaiknya tidak menggunakan kata kunci Taman Ratu Balqis dalam pencarian. Jika menggunakan kata kunci Taman Ratu Balqis, maka tidak akan ditemukan apapun. Begitu pula dengan kata Kunci Boh Naga, yang juga merupakan nama lain dari Taman Ratu Balqis.

Sehingga kata kunci yang harus digunakan dalam pencarian Google map adalah Alun – alun Suka Makmue. Lokasi dari taman tersebut terletak di daerah Suka Makmue, karena itulah disebut juga dengan Alun – alun Suka Makmue.

Rute jalan menuju ke destinasi Alun – alun Suka Makmue, tidak sulit dan sangat mudah untuk dihafal. Telusuri saja jalur trans Sumatera HWY Jl Tapaktuan menuju ke arah selatan. Lalu setelah sampai di persimpangan toko simbul / warung mie kerang simpang Polres Nagan Raya belok ke kiri.

Toko simbul sendiri merupakan toko pakaian yang terletak di Ujong Fatihah, Kuala, Nagan Raya. Sementara warung mie kerang simpang Polres Nagan Raya adalah warung makan kecil yang mempunyai menu andalan mie kerang. Para wisatawan pun juga dapat mampir mencicipi mie kerang yang merupakan makanan khas Nagan Raya. Setelah sampai di persimpangan tersebut, masuk ke jalan Poros utama. Lalu ambil arah lurus dan telusuri jalan Poros utama hingga menemukan Alun – alun Suka Makmue.

Spot Taman Ratu Balqis Nagan Raya

Sebagai sebuah tempat wisata sekaligus ikon dari Nagan Raya, destinasi wisata tersebut mempunyai fasilitas yang sangat kompleks. Selain itu juga sering dijadikan sebagai lokasi acara kepemerintahan, adat, agama dan lain – lain.

Berikut ini adalah spot dari Taman Ratu Balqis:

1. Boh Naga

Sumber Gambar: andalastourism.com

Boh Naga merupakan spot utama sekaligus ikon dari Alun – alun Suka Makmue. Boh Naga sendiri merupakan sebuah monumen yang pada bagian ujungnya berbentuk buah naga. Tugu tersebut sering dijadikan sebagai background photo.

2. Jogging area

Di taman tersebut terdapat jogging area. Spot tersebut sering dijadikan jogging dan area bersepeda oleh para pengunjung, terutama penduduk sekitar. Jogging area telah dilengkapi dengan jalan aspal yang halus dan dilengkapi dengan pepohonan di sepanjang jalan. Selain dijadikan sebagai jogging dan cycling track, juga dijadikan sebagai tempat hunting foto. Jalan aspal yang bersih dan rindang dapat menjadi background foto yang eksotis dan natural.

3. Taman bunga

Di area alun – alun tersedia spot kebun bunga. Di kebun tersebut terdapat hamparan bunga yang tidak begitu luas, tetapi merupakan pemandangan alam eksotis. Bunganya pun terawat dengan baik dan tumbuh dengan subur.

4. Jembatan

Sumber Gambar: Google Maps @syahid khan

Selain boh Naga, jembatan di alun – alun juga menjadi spot utama dan andalan. Jembatan tersebut memang tidak begitu besar dan hanya terbuat dari material kayu. Tetapi mempunyai desain yang mengundang perhatian. Jembatan tersebut membentang di kolam taman. Dengan warna hijau dan kuning membuat keberadaan jembatan cukup mencolok. Hal yang paling mencolok lain dari jembatan tersebut adalah sebuah gardu yang berbentuk menyerupai kuncup bunga.