spot_img

Indahnya Air Terjun Telun Berasap-Jambi

Air Terjun Telun Berasap adalah salah satu bukti bahwa Kota Jambi kaya akan wisata alam. Wisata air terjun ini merupakan salah satu rekomendasi wisata wajib yang harus teman teman kunjungi ketika berada di Jambi.

Sumber Gambar: Google Maps @Toni Surya Hidayat

Air Terjun Telun Berasap masuk kedalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat atau yang disingkat dengan TNKS ialah destinasi alam favorit di daerah ini yang masih terjaga keasriannya dan dikelola oleh pemerintah daerah setempat.

Lokasi Air terjun Ini

Air Terjun yang sering disebut oleh masyarakat setempat sebagai Air Terjun Berasap berlokasi di Desa Telun Berasap, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci di Provinsi Jambi. Lokasinya tidak terlalu jauh dari kota jambi.

Air yang mengalir pada air terjun ini bersumber dari sungai yang berhulu di Danau Gunung Tujuh yaitu Danau Tertinggi di Asia Tenggara yang memiliki ketinggian 1.905 di atas permukaan air laut yang mengalir ke Sungai Batang Sangir kemudian melewati tebing terjal dengan ketinggian sekitar 50 meter.

Rute Untuk Menuju Objek Wisata

Air Terjun Telun Berasap
Sumber Gambar: Travel Diary of Lenny Lim

Rute yang harus kita tempuh ketika akan menuju air terjun ini adalah mencapai Kota Sungai Penuh. Kota ini berjarak sekitar lima ratus kilometer dari Kota Jambi. Perjalanan ini bisa dilalui dengan menggunakan angkutan umum seperti minibus, mobil rental ataupun mobil pribadi.

Kemudian ada cara alternatif lainnya untuk sampai di lokasi ini, yaitu kita bisa berangkat dari Kota Padang dengan perjalanan menuju ke Tapan, kemudian perjalanan dilanjutkan untuk menuju ke Sungai Penuh. Total jarak dan waktu yang dilalui dari Kota Padang ke Sungai penuh ini adalah 287 km dengan lama waktu perjalanan adalah tujuh jam.

Jarak antara Sungai Penuh ke Desa Telun Berasap adalah sekitar enam puluh kilometer. Perjalanan menuju lokasi Desa Telun Berasap dapat menggunakan kendaraan beroda empat. Ketika sampai di lokasi Desa Telun Berasap, pintu masuk menuju kawasan wisata Air Terjun Berasap bisa ditempuh dengan berjalan kaki sejauh tiga ratus meter.

Kemudian untuk menuju lokasi air terjun ini kita perlu menuruni anak tangga sekitar tiga ratus meter. Ketika sedang turun hujan para pengunjung perlu hati hati untuk menggunakan tangga, karena anak tangga yang tersusun rapi ini akan begitu licin dan akan membuat kita terjatuh bila tidak hati hati.

Sepanjang perjalanan ini, kita dapat melihat banyak pepohonan besar yang menurut penduduk sekitar telah berusia ratusan tahun. Selain itu para wisatawan dapat menikmati hamparan pemandangan Taman Nasional Kerinci Seblat dari kejauhan.

Pesona Keindahan Air Terjun Telun Berasap

Air Terjun Telun Berasap
Sumber Gambar: JAKOZPabrikOleh-olehBerbumbuJambi

Air Terjun ini memiliki ketinggian mencapai lima puluh meter. Asap yang muncul pada air terjun ini adalah kabut yang muncul karena derasnya aliran air yang jatuh dari ketinggian tersebut dengan debit aliran yang begitu tinggi.

Hal istimewa dari air terjun ini adalah ketika sinar matahari tepat menyinari butiran uap air yang melayang di udara sehingga timbul kemilau cahaya berwarna warni seperti Pelangi.

Di balik keindahan Air Terjun Telun Berasap terdapat sebuah gua yang sulit untuk dimasuki. Hal ini dikarenakan deras dan banyaknya debit air yang jatuh dari atas dan terjalnya bebatuan karang di sekitar air terjun ini membuat tidak ada satupun orang yang bisa masuk ke dalam gua ini.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke sini lebih memilih untuk menikmati pemandangan dari pondok pondok yang berada di sekitar area ini. Tetapi jika teman teman berani untuk naik ke atas air terjun ini, kalian bisa mendapat pemandangan berbeda dan tentunya lebih bagus.

Tetapi teman teman tidak disarankan untuk melakukan loncatan disini, karena dasar air terjun ini tidak dalam dan tepi alirannya berbatu.

Fasilitas Yang Tersedia di Air Terjun Ini dan Biaya Masuknya

Air Terjun Telun Berasap
Sumber Gambar: Travel Diary of Lenny Lim

Di tempat lokasi ini kita tersedia area parkir yang cukup luas, disini juga ada toilet, mushola dan beberapa tempat makan. Jam operasional tempat ini pada pukul 08.00 sampai 17.00. Biaya masuknya untuk anak anak dan dewasa adalah Rp 10.000.

Nah bagaimana apakah kalian tertarik mengunjungi wisata ini.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.