in

Ingat Malang Strudel Ingat Juga Dewi Sanankerto Di Kabupaten Malang

Sumber Gambar: Google Maps @BOONPRING

Setelah Kabupaten Banyuwangi yang merupakan kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur. Posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Malang. Kabupaten ini memiliki populasi terbanyak di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini mempunyai koordinat 112֯ 17′, 10,90” sampai 112֯ 57′, 00,00” Bujur Timur dan 7֯ 44′, 55,11” sampai 8֯ 26′, 35,45” Lintang Selatan. Kabupaten Malang terkenal dengan salah satu tempat tujuan wisata di Provinsi Jawa Timur. Salah satu destinasi wisata yang ada di sini adalah Desa Wisata (Dewi) Sankerto.

Dewi Sanankerto lebih dikenal masyarakat sekitar dengan sebutan Desa Wisata Boon Pring. Karena objek wisata boon pring menjadi andalan desa ini. Desa yang beralamatkan di Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur memiliki arti sendiri dalam penamaan boon pring. Nama Boon Pring adalah gabungan dua suku kata di dalam bahasa Inggris dan Jawa, yakni boon (anugerah) dan pring (bambu). Kata boon juga merujuk pada pengucapan kata kebun menjadi bun. Selanjutnya narasumber mengatakan “Kemudian dicarikan persamaan katanya dalam bahasa Inggris dan ketemu kata boon itu. Artinya juga sangat bagus dan menjual sebagai objek wisata”.

Desa ini berhasil menorehkan prestasi di ISTA (Indonesia Sustainable Tourism Awards) tahun 2019 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata. Tepatnya pada Kamis 26 September 2019 desa ini berhasil meraih penghargaan ISTA yang dilaksanakan di Ballroom the Ritz-Carlton Jakarta.

Sumber Gambar: Google Maps@BOONPRING

Di tahun 2021, lagi-lagi desa ini mengukir prestasi gemilang. Desa ini mendapatkan nominasi 50 besar desa wisata dalam ADWI ( Anugerah Desa Wisata Indonesia).  Selamat kepada Desa Wisata Boon Pring/Sanankerto.

Tentu banyak hal yang menjadikan desa ini begitu berprestasi di bidang pariwisata. Salah satu faktor utama yaitu dukungan masyarakat sekitar dan pemerintah setempat. Mereka saling bekerjasama untuk menjadikan Desa Wisata Boon Pring sebagai tempat wisata terfavorite se-Jawa Timur.

Ada banyak hal unik yang dapat sahabat wisato temukan di desa ini. Antara lain sebagai berikut:

Desa Biasa Menjadi Luar Biasa

Desa Wisata Boon Pring terletak di Ji. Kampung Anyar, Desa Sanankerto, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Desa ini memiliki konsep wisata air yang disediakan oleh alam. Pada awalnya boon pring berupa hutan bambu. Masyarakat sekitar lalu  memanfaatkannya untuk membuat rumah-rumah dan kayu bakar di dapur.

SUmber Gambar: Google Maps @Gustav Subagio

Pada 1978 ada program konservasi dari pemerintah. Kemudian  masyarakat bergotong royong membuat embung yang kini disebut telaga dengan kedalaman 2 sampai 3 meter. Setelah embung selesai dibangun lalu masyarakat sekitar mengembangkan kreativitas mereka agar embung terlihat sedap dipandang. Alhasil, pada tahun 1983 dilakukanlah penanaman beragam jenis bambu sampai berumpun-rumpun sesuai jenisnya masing-masing. Sebelum bernama Boon Pring, objek wisata ini sebelumnya bernama Sumber Andeman atau Taman Wisata Andeman.

Untuk sahabat wisato yang mau kesini jaraknya sangat dekat dari pusat Kota Malang hanya sekitar 40 km. Dengan waktu tempuh jalur darat berkisar 1 jam.

Asal Muasal Air Boon Pring

Sumber Gambar: Google Maps @BOONPRING

Di Sekitar embung ini tidak terdapat sungai sehingga air yang ada di embung ini bukan berasal dari air sungai. Embung ini terisi oleh air yang berasal dari enam mata air. Wuah Hebatnya karya yang Maha Kuasa!. Keenam mata air tersebut adalah Sumber Towo, Sumber Adem, Sumber Gatel. Selanjutnya berasal dari Sumber Krecek, Sumber Maron dan Sumber Seger.

Pemasok air terbesar adalah Sumber Towo dan Sumber Adem sebagai dua mata air terbesar. Warna air telaga boon pring ini berwarna kehijauan karena pantulan warna hutan bambu dan pohon besar di sekitarnya. Beraneka Ragam jenis ikan hidup di dalamnya dan didominasi ikan koi dan ikan nila. Selebihnya ikan tombro dan ikan mas.

Permainan Yang Tersedia

Sumber Gambar: Google Maps @DEPEN PROJECT

Boon Pring menawarkan banyak permainan air baik bagi dewasa dan anak-anak. Jam bukanya dari jam 08.00 pagi sampai 17.00 sore. Untuk tiket masuk kendaraan kita akan dikenakan tarif per jenis kendaraan. Bus dengan harga Rp 20.000, mobil Rp 10.000 dan motor Rp 5.000. Sementara  tiket untuk masuk perorangan dihitung dengan tiket masuk dewasa sebesar Rp 10.000 dan anak-anak sebesar Rp 5.000. Aktivitas wisata yang sangat popular disini adalah bermain getek (rakit) bamboo.

Sumber Google: Google Maps @Della Fiana

Untuk sahabat wisato yang membawa keluarga, setelah pos penjaga ada kolam renang untuk dewasa dan anak-anak.

Sumber Gambar: Google Maps@the cell

Lalu disisi lainnya ada boat dan sepeda perahu yang bisa dinaiki bersama-sama.

Sumber Gambar: Google Maps @BOONPRING

Untuk berkeliling menggunakan boat dikenakan tarif yang sangat murah hanya Rp 5.000/orang. Selain itu untuk sahabat wisato yang beragama islam, boon pring juga menyediakan mushola di sebelah barat dan timur.

Selamat berlibur ya sahabat wisato jangan lupa juga untuk mengunjungi Desa Wisata Apar.