OUR NETWORK

Jalan-jalan di 10 Wisata Dumai yang Mempesona

Provinsi Riau kerap menyimpan keindahan alam yang bisa dibilang tersembunyi dan jarang diketahui khalayak luas. Salah satu keindahan yang ada di Riau terletak di kota Dumai. Wisata yang ditawarkan di Dumai ini sebagian besar adalah wisata alam, meski ada juga beberapa wisata sejarah dan budaya. Berikut ini adalah lokasi wisata yang bisa dikunjungi di kota Dumai.

Pantai Purnama

Sumber: Google

Mungkin orang mengenal nama Pantai Purnama hanya ada di Bali saja. Padahal, Pantai Purnama juga ada di Dumai. Terletak di kecamatan Dumai Barat, pantai ini merupakan lokasi yang tepat untuk menikmati pemandangan senja. Hanya saja, pasir di pantai ini sedikit berlumpur, sehingga kurang cocok dipakai untuk bermain pasir. Namun hal itu tak mengurangi keindahan dari pantai ini, yang bisa kita nikmati dengan bersantai di pondok-pondok yang sudah disediakan.

Hutan Wisata Dumai

Sumber: Instagram @doni_ss366

Bagi yang sedang mencari ketenangan, maka bisa datang ke Hutan Wisata Dumai, karena suasana di hutan ini cukup tenang, dan kamu bisa menghirup udara segar yang berasal dari pepohonan di hutan ini. Hutan ini tak jarang dijadikan lokasi yang menarik untuk melaksanakan acara keluarga, atau bahkan ada juga yang menggunakan kawasan ini sebagai salah satu lokasi foto pre-wedding mereka.

Hutan Mangrove Dumai

Sumber: Instagram @ardianafandibarus22

Hutan lain yang ada di Dumai adalah Hutan Mangrove, atau Hutan Bakau. Tempat ini cocok untuk foto-foto, karena memang di sini daya tarik utamanya adalah deretan pohon bakau yang berdekatan. Kamu bisa menikmati pemandangan hutan bakau ini sambil berjalan-jalan di jembatan kayu yang dibuat di antara pepohonan bakau itu. Jika sedang bosan dengan suasana pantai, maka lokasi ini bisa dijadikan alternatif tujuan wisata kamu.

Baca juga: 10 Lokasi Wisata Keren di Pekanbaru

Danau Bunga Tujuh

Sumber: Google

Terletak di Kelurahan Bukit Batrem, Dumai Timur, Kota Dumai, di sini kamu bisa santai-santai di gazebo, atau mencoba permainan rekreasi air. Tentunya, sambil mencoba permainan itu, kamu bisa menikmati pemandangan danau yang indah, dan merasakan udara yang segar karena danau ini masih terjaga keasriannya, dan dikelilingi oleh pepohonan hijau.

Pantai Teluk Makmur

Sumber: Instagram @doni_ss366

Layaknya pantai indah lainnya, Pantai Teluk Makmur ini juga memiliki pasir putih yang memanjakan mata. Pantai ini tergolong memiliki garis pantai yang panjang, dan sepanjang garis pantai terdapat bebatuan untuk menahan ombak, yang di pantai ini ombaknya tergolong cukup besar. Kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam alias sunset di sini, membuat suasana kian romantis. Selain itu disediakan pula pondok berupa rumah panggung yang letaknya berada di lepas pantai.

Taman Bukit Gelanggang

Sumber: Instagram @doni_ss366

Taman Bukit Gelanggang merupakan taman hijau yang berada di tengah kota Dumai. Biasanya, taman ini digunakan sebagai tempat untuk masyarakat sekitar berolahraga, atau bahkan kerap dijadikan tempat suatu acara. Kerennya lagi, di sini tersedia sinyal Wi-Fi, jadi di sini kamu bisa internetan gratis tanpa menghabiskan kuota data smartphone kamu.

Tugu Lancang Kuning

Sumber: Instagram @suci_ck

Tugu Lancang Kuning ini berada di dalam Taman Bukit Gelanggang. Selain tugunya yang berbentuk kapal laut, yang unik dari tugu ini adalah di bawahnya ternyata ada sebuah perpustakaan mini, yang bisa digunakan oleh masyarakat untuk menambah pengetahuan. Perpustakaan ini kerap ramai pada saat akhir pekan tiba, dan pengunjungnya berasal dari semua kalangan, mulai dari anak TK sampai orang dewasa.

Goa Pelintung

Sumber: Google

Konon, goa ini pada zaman dahulu digunakan sebagai lokasi penyimpanan harta karun dari seorang bajak laut. Hanya saja, sampai saat ini harta karunnya tak pernah ditemukan, sehingga kebenaran dari kisah itu masih diragukan. Terlepas dari kisahnya, goa ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa, karena kamu bisa melihat pemandangan goa berupa stalaktit dan stalakmit yang ada di sepanjang goa.

Pantai Marina Indah Puak

Sumber: Instagram @doni_ss366

Pantai Marina Indah Puak yang terletak di Kecamatan Medang Kampai ini memiliki wahana air yang bisa kamu coba, mulai dari banana boat, fly fish, sampai mega mambo. Pantai ini juga cocok untuk kamu yang tak ingin bermain air dan hanya ingin bersantai saja, karena kamu bisa melihat pemandangan indah berupa matahari terbenam di kala senja. Pemandangan ini tentunya akan jadi momen yang tak terlupakan.

Masjid Raya Al-Manan

Sumber: Instagram @sepdum

Terakhir, kamu bisa wisata religi di Masjid Raya Al-Manan. Masjid ini memiliki bangunan yang megah, dan didominasi oleh warna biru muda, warna yang cukup tak lazim digunakan sebagai warna masjid. Masjid ini merupakan salah satu ikon kebanggan dari kota Dumai. Selain tempat ibadah, kamu juga bisa menikmati keindahan dari arsitektur masjid ini, baik dari luar maupun dari dalam masjid.

Jadi, sudah siap untuk berwisata ke Dumai?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…