OUR NETWORK

Jernihnya Air Terjun Sengkuang, Surga Baru Bagi Para Traveler


Wisata air di dalam negeri sungguh tidak ada tandingannya. Indonesia yang terkenal sebagai surga pariwisata baik bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing memang tak diragukan lagi keindahannya. Di Indonesia, banyak sekali kita temui destinasi wisata yang tak hanya menonjolkan keindahan nilai arsitekturnya namun juga menonjolkan keistimewaan alamnya. Hal ini dikarenakan negara kita Indonesia di dominasi oleh kekayaan lingkungan dan alam. Berbicara soal wisata air di Indonesia mungkin ada beberapa referensi yang dapat kita kunjungi mulai dari danau, sungai, pantai, waduk bahkan air terjun. Mungkin sebagian besar orang memiliki rasa ingin tau yang berlebih mengenai air terjun. Sebenarnya, apa sih air terjun itu? Untuk travelers ketahui, air terjun sendiri merupakan arus air yang mengalir dari ketinggian menuju tempat yang lebih rendah. Biasanya air terjun mengalir melalui bebatuan yang telah mengalami proses erosi dan akhirnya jatuh ke bawah.

Di Indonesia, destinasi wisata yang menonjolkan sisi dari air terjun sendiri sangat banyak jumlahnya. Di Pulau Sumatera terdapat lebih dari 100 air terjun, di Pulau Jawa tedapat lebih banyak lagi yakni lebih dari 250 air terjun dan jumlah terbanyak terdapat di probinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Berpindah ke bagian Pulau Kalimantan, disini terdapat lebih dari 60 air terjun. Sedangkan di Kepulauan Bali dan Sulawesi serta Papua jika ditotal terdapat lebih dari 100 air terjun. Hal ini menjadi fakta bahwa Indonesia tidak diragukan lagi kekayaan alamnya.

Su,ber: Instagram @chamarheryanto_

Bagi para traveler yang ingin menarik diri sejenak dari penatnya hiruk – pikuk suasana perkotaan maka traveler dapat mencoba berkunjung ke salah satu air terjun yang kini mulai terkenal namanya yakni Air Terjun Sengkuang. Yuk, kita simak pembahasan singkat tentang Air Terjun Sengkuang!

Air Terjun Sengkuang

Bengkulu si kota Rafflesia ini tak habis-habisnya menyimpan kekayaan alam yang sangat dibutuhkan oleh para traveler. Bengkulu sendiri didominasi oleh wisata alam berupa pantai, pulau dan hutan konservasi. Nah, disinilah letak Air Terjun Sengkuang berada.

Sumber: Instagram @nurul_yudarsyah

Air Terjun dengan ketinggian sekitar 25 m ini biasa dikenal dengan Air Terjun Mandap Sari Sengkuang Kepahiang. Karena memiliki ketinggian sekitar 25 meter maka tak heran jika air dari air terjun ini sangat deras arusnya. Air Terjun Sengkuang dikelilingi oleh tebing-tebing yang cukup tinggi. Lebih tepatnya air terjun ini diapit oleh 2 tebing yang melengkung. Disekitar air terjun juga masih terdapat hamparan layaknya hutan yang amat luas dengan pemandangan yang indah serta warna hijau yang terpancar dari pepohonan yang tumbuh disekitarnya.

Sumber: Instagram @komikendy

Suasana ini juga didukung dengan kesegaran udara di sekitar air terjun yang masih alami. Ketika pengunjung tiba pasti hal pertama yang tak pernah lupa untuk dilakukan yakni mengambil napas panjang untuk sekedar menghirup dan merasakan kesegaran udara di sekitar Air Terjun Sengkuang ini. Udara di sekitarnya masih sangat segar, alami dan sejuk. Pesona air terjun ini sungguh sangat menyegarkan mata maka tak ayal jika banyak sekali pengunjung kini menyerbu tempat ini sekedar untuk melepas penat.

Tak hanya indah karena bentuknya saja, namun sensasi yang traveler dapatkan saat di perjalanan menuju Air Terjun Sengkuang pasti akan membuat traveler senang tak karuan. Traveler akan disuguhi dengan pemandangan yang juga masih alami dan tak kalah indahnya dengan Air Terjun Sengkuang itu sendiri. Air Terjun Sengkuang terletak di Suka Sari, Kaba Wetan tepatnya di Kabupaten Kepahiang. Untuk perjalanan dari kota Bengkulu menuju lokasi wisata Air Terjun Sengkuang memakan waktu sekitar 2 jam dengan jarak 67 km melalui perjalanan darat melintasi jalan lintas pegunungan Kota Bengkulu – Kepahiang- Curup. Sepanjang perjalanan kita akan bertemu dengan kondisi jalan yang berliku dikarenakan kita melewati lintas pegunungan. Selama kurang lebih berkendara 1,5 jam melintasi lintas pegunungan maka kita akan tiba di kota Kepahiang. Dari pusat kota ini kita hanya membutuhkan waktu sekitar 30 hingga 40 menit saja untuk menuju ke Kabupaten Kepahiang yakni lokasi utama dari Air Terjun Sengkuang.

Selama perjalanan tersebut kita akan menghirup udara yang sangat segar dikarenakan kita akan melewati perkebunan teh. Perjalanan ini kita tempuh dengan melewati kecamatan Kebawetan. Setelah kita melewati perkebunan teh kita akan tiba di lokasi Air Terjun Sengkuang. Kita dapat memarkirkan kendaraan kita terlebih dahulu lalu melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Untuk travelers pecinta trekking pasti sangat senang melakukan perjalanan ini karena selama di perjalanan kita akan disuguhkan dengan hamparan pepohan nan luas. Kondisi jalan nya juga landai namun sedikit berbatu dan berbelok.

Sumber: Instagram @rudhi_m.yassin

Ketika tiba di area Air Terjun Sengkuang rasa lelah travelers pasti terbayar dengan melihat air terjun yang indah ini. Air terjun ini memang dingin dan airnya jernih karena berasal dari pegunungan langsung. Di sekitar air terjun juga ada pondokan yang disediakan untuk para travelers untuk sekedar beristirahat dan bersantap sembari melihat air terjun dan merasakan segarnya udara disana. Traveler juga dapat membawa floaties untuk berenang disana.

Sumber: Instagram @pesonaid_travel

Namun ada satu tips yang harus traveler ingat yakni usahakan jika iingin berkunjung ke air terjun ini sebaiknya datang ketika musim panas karena ketika musim hujan air yang mengalir akan keruh dan tidak sejernih pada biasanya.

Jangan lupa untuk mengabadikan moment dengan ber- selfie ria ya traveler!

 

Comments

Loading...