OUR NETWORK

Kebun Teh Sidamanik Ini Dia Penghasil Teh Terbesar Ke 2 di Indonesia

Salah satu keuntungan Indonesia memiliki bentang alam yang mengesankan ini selain mendapatkan peosna alamnya. Juga, mendapatkan hasil komodiiti yang sampai saat ini masih di akui dunia. Dan, akan terus diakui sebagai cita rasa yang nikmat dan mantap.

Sumber: Instagram @erdondchen

Seperti halnya, Kebun Teh Sidamanik. Dimana, tempat ini dikenal sebagai perkebunan teh terbesar nomor 2 di Indonesia. Konon katanya, Cita rasa dari teh disini benar-benar luar biasa, Bisa bikin hari anda lebih tenang,rileks dan bertenaga.

Mengenal Kebun Teh Sidakmanik

Sumber: Instagram @mandri_94

Kebun Teh ini sendiri luasnya mencapai 8.373 ha. Dengan kondisi alam yang masih alami sehingga memberikan kesan dan nuansa yang sejuk, menyegarkan. Disini, kita akan disuguhkan dengan 3 kawasan perkebunan teh. Pertama adalah Bah Butong,  Tobasari, dan Sidamanik itu sendiri.

Sebelumnya, tempat ini memiliki 6 buah kebun teh sekaligus. Tetapi, karena pemerataan ekonomi akhirnya, penamaannya ditetapkan sesuainya dengan wilayah administratifnya. Terletak di atas ketinggian 890 mdpl membuat tempat ini paling cocok digunakan untuk refreshing. Melepaskan penat dari segala beban pekerjaan yang terkadang menyiksa. Cobalah hirup udara segar disini aroma yang dihasilkan, berbeda jauh dengan apa yang dihasilkan di kota.

Sumber: Instagram @lienci_saragih

Kebun Teh Sidamanik termasuk dalam perkebunan teh terbaik di Indonesia. Hasil panennya akan di ekspor ke wilayah eropa timur, eropa tengah, singapura, Malaysia, dan seluruh penjuru nusantara. Bila anda juga pecinta teh cobalah menikmati rasa dan aromanya. Pasti anda akan ketagihan di buatnya. Menurut sejarah yang sempat tertulis disini, dahulu sebelum di kelola oleh PTPN IV. Perkebunan nan luas ini dikelola oleh pemerintahan hindia Belanda. Beberapa hasilnya di ekspor ke negerinya.

Alamat Dan Rute Lokasi

Kebun Teh Sidamanik terletak di Kecamatan Sidamani kabupaten simalungun, Sumatera Utara. Jarak yang harus ditempuh bila menggunakan kereta api dan turun di stasiun siantar adalah 23 km. Atau membutuhkan waktu kurang lebih 37 menit. Sayangnya menuju ke objek wisata ini anda diwajibkan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Transportasi umum belum terlalu ramah disini. Baiklah, rute pertama yang harus anda lewati adalah stasiun siantar kemudian, keluar menuju ke Jl. Sudirman, belok ke kiri setelah 550 m menuju ke Jl. Kapten M. H Sitorus kemudian masuk ke jalan gereja. Tetaplah di jalan ini sejauh 5,4 km. Belok sedikit ke kanan, anda akan masuk di jalan Pematang Purba- Parapat. Tetap disini sejauh 16 km. tak lama kemudian, tujuan anda akan sampai di titik lokasi. Bagaimana cukup mudah bukan?

Pesona Lain

Sumber: Instagram @aininooooo

Jika, anda ingin melihat aktifitas di kebun ini maka, datanglah saat pagi hari dimana, beberapa petani akan memetik pucuk daunnya. Kemudian, di timbang dan hasilnya ini akan di bawa ke pabrik untuk di olah lebih lanjut sehingga, bisa menjadi teh siap untuk digunakan.

Sumber: Instagram @m.zuhri1008

Menariknya dari aktifitas ini adalah kita bisa membantu mereka lho. Sembari merasakan betapa susahnya menjadi seorang pemetik teh. Cobalah untuk mencairkan suasanan dengan berbincang-bincang atau sedikit dengan candaan. Pasti mereka akan membalasnya dan suasannya menjadi cair dan menyenangkan.

Wisata Terdekat

Kalau sudah sampai disini, akan rugi rasanya bila anda tidak mampir ke air terjun bah biak dan juga pemandian aek manik yang jaraknya tidak jauh dari sini. Keduanya mempunyai pesona yang sangat menyegarkan dan cocok dikunjungi bersama keluarga. Terutama pada saat siang hari, saat terik matahari benar-benar menyengat sangat dahsyat. Berada disini, serasa berada di sebuah surga.

Penginapan Sekitar

Sumber: Instagram @refaul_azmi

Menikmati semua ini memang tidak bisa hanya sebentar saja. Oleh karena itu, kita diwajibkan menginap. Di sekitaran objek wisata sudah banyak penginapan yang bisa dipilih dengan fasilitas dan harga yang sepadan. Salah satu rekomendasi yang bisa diberikan adalah Hotel  Simarja Runjung. Dimana, di tempat ini juga hadir café yang menyediakan berbagai macam menu seperti bandrek, pisang goreng, teh, dan juga kopi.

Kamarnya juga nyaman dengan kasur dan juga kipas angin. Dengan view danau toba dan pulau samosir, membuat anda enggan untuk beranjak dari sini. Harga per malamnya mulai dari 200 ribu hingga 450 ribu rupiah. Jangan lupa membawa kamera mumpuni, agar setiap momen bisa kita nikmati dan diabadikan. Bila ingin menjelejah kebun ikuti saja jalur truk yang bisa dijadikan sebagai petunjuk jalan. Jadi, masih mau dirumah dan berdiam diri saja? Ingat, kebun teh sidamanik menunggu anda untuk datang ke tempat ini.

Comments

Loading...