OUR NETWORK

Keindahan Abadi Air Terjun Lembang Saukang

Sumber: wartawisata.id

Air Terjun Lembang Saukang terletak di Desa Lembang Saukang, Kecamatan Tellulimpoe, Kabupaten Sinjai, Makassar, Indonesia. Air terjun memang masih menjadi salah satu destinasi wisata yang sangat diminati hingga saat ini. Terlebih lagi bagi para pecinta alam, air terjun sudah merupakan objek wisata yang wajib untuk dikunjungi. Air terjun yang berada di Desa Lembang Saukang, Kabupaten Sinjai ini merupakan salah satu contoh objek wisata air terjun yang hingga saat ini masih sering dikunjungi.

Mayoritas pengunjung yang datang ke objek wisata air terjun ini di dominasi oleh kalangan muda mudi. Banyak sekali sekelompok pemuda yang sering berkunjung ke air terjun ini beramai-ramai untuk menikmati masa libur dengan mengunjungi salah satu wisata yang menyatu dengan alam ini. Untuk bisa sampai ke objek wisata air terjun ini bisa mengendarai kendaraan roda dua atau kendaraan roda empat. Untuk kendaraan roda dua hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000 saja untuk bisa menikmati keindahan objek wisata air terjun.

Sumber: wartawisata.id

Air Terjun Lembang Saukang memiliki aliran air yang sangat bening dan bersih. Konon air terjun ini dijadikan tempat mandi oleh para Raja dan Putri kerajaan, sehingga penduduk setempat percaya bahwa bening dan jernihnya air di air terjun ini disebebkan karena tempat ini menjadi salah satu tempat yang digunakan oleh Raja dan Putri untuk mandi. Jika kamu tidak percaya kamu bisa membuktikannya sendiri dengan datang ke objek wisata unggulan Kecamatan Tellulimpoe ini. Kamu akan dibuat takjub dengan betapa jernih dan segarnya air yang ada di tempat ini.

Suasana Yang Sejuk Dan Damai Bisa Kamu Dapatkan Disini!

Sumber: Twitter @Syahrulichsann

Jika kamu berangkat dari Kota Sinjai, kamu bisa sampai ke objek wisata air terjun ini selama kurang lebih 40 menit tergantung dengan kecepatan dan ramainya jalanan. Jika kamu berangkat dari Makassar, ada 2 rute jalan yang bisa kamu tempuh. Rute pertama yaitu Makassar – Gowa – Takalar – Bantaeng – Bulukumba – Sinjai. Lalu untuk rute kedua bisa kamu tempuh melewati Makassar – Maros – Bone – Sinjai. Kedua rute ini bisa ditempuh dengan lancar karena jalanan menuju ke objek wisata air terjun sudah sangat memadai.

Sumber: pariwisataku.com

Setelah sampai di Air Terjun Lembang Saukang kamu akan disambut dengan suara gemuruh air yang jatuh dari air terjun. Suara gemericik air itu akan membuatmu merasa tenang dan nyaman. Selain itu, air terjun ini dikelilingi oleh pepohonan yang besar dan rindang sehingga akan menciptakan suasana yang begitu sejuk dan dingin. Jika kamu ingin bermain air atau berenang di kolam air terjun, kamu sangat disarankan untuk membawa baju ganti dan perlengkapan lain yang sekiranya akan kamu butuhkan.

Sumber: makassar.tribunnews.com

Dulu, air terjun ini terdiri dari 7 tingkatan yang cukup tinggi. Namun pada tahun 2006, tiba-tiba ada bencana banjir dan tanah longsor yang menimpa kawasan ini sehingga menyebabkan struktur bebatuan ambles. Karena bencana yang terjadi tersebut, tingkatan air terjun yang dulunya terdiri dari 7 tingkat kini berubah dan hanya menyisakan 3 tingkatan saja. Meskipun tidak lagi terdiri dari 7 tingkatan, namun keindahan air terjun ini tidak pernah berubah. Meskipun sudah terkena bencana yang cukup besar dan hebat namun kawasan ini dapat pulih secara cepat dan tidak mengalami kerusakan sama sekali. Selain itu, aliran air yang ada disini juga tetap bersih dan jernih meskipun sudah pernah diterpa banjir besar. Inilah yang menyebabkan Air Terjun Lembang Saukang tetap menjadi objek wisata primadona karena keindahannya selalu sama dan tidak pernah berkurang.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…