Keindahan Air Terjun Grojogan Watu Purba di Yogyakarta yang Menakjubkan

Grojogan Watu Purbo, sebuah destinasi wisata air terjun buatan yang terletak di Yogyakarta, awalnya dibangun sebagai Sabo Dam pada tahun 1975 sebagai upaya untuk menanggulangi dampak erupsi Gunung Merapi yang sering terjadi di wilayah tersebut. Bendungan ini berfungsi sebagai kantong lahar untuk menampung material vulkanik agar dampak aliran lahar tidak membahayakan warga di sepanjang Kali Krasak dan Kali Bebeng yang berhulu di Gunung Merapi.

Sumber Gambar: klook.com

Namun, seiring berjalannya waktu, kawasan ini mulai dikembangkan menjadi sebuah objek wisata yang menawarkan pesona keindahan air terjun yang memukau. Desain terasering yang dimiliki oleh Grojogan Watu Purbo membuatnya tampak semakin menarik, ditambah lagi dengan suasana alam yang asri dan segar yang membuat pengunjung merasa rileks dan nyaman.

Air terjun yang berada di atas tebing batu ini memiliki tinggi sekitar 25 meter dengan debit air yang relatif besar, membuat suara gemuruh air yang jatuh terdengar jelas dari kejauhan. Pengunjung yang datang ke sini juga dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan dan udara yang segar, serta berbagai kegiatan outdoor seperti trekking, hiking, dan fotografi.

Berikut adalah beberapa informasi penting yang dapat membantu para wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini:

Lokasi

Air Terjun Grojogan Watu Purba terletak di Desa Ngestiharjo, Kecamatan Semin, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Lokasinya dapat dicapai dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Dari pusat kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 35 km atau dapat ditempuh selama sekitar 1 jam perjalanan.

Keindahan

Sumber Gambar: jogjakita.co.id

Keindahan Air Terjun Grojogan Watu Purba sangatlah menakjubkan. Dari kejauhan, pengunjung akan disambut oleh pemandangan air terjun yang megah dan menyejukkan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 meter dan airnya jernih dan segar. Ketika air jatuh dari ketinggiannya, terdapat percikan-percikan air yang terlihat seperti kristal, menambah keindahan panorama alam yang menawan.

Sumber Gambar: jogjakita.co.id

Selain itu, sekitar air terjun dikelilingi oleh pepohonan hijau yang rimbun, membuat suasana di sekitar air terjun menjadi sejuk dan nyaman. Pemandangan yang indah ini sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto yang memukau.

Untuk dapat menikmati keindahan alam yang spektakuler, pengunjung dapat menjelajahi area sekitar air terjun melalui jalan setapak yang tersedia. Dari jalan setapak tersebut, pengunjung akan disuguhi pemandangan yang tak kalah menarik. Terdapat tebing-tebing batu karst yang menjulang tinggi, dengan vegetasi yang tumbuh subur di sekitarnya. Dalam perjalanan menuju air terjun, pengunjung juga akan melewati sungai yang berarus jernih dan sejuk.

Air Terjun Grojogan Watu Purba juga merupakan tempat yang sangat tepat untuk beristirahat dan menikmati suasana alam yang tenang. Pengunjung dapat duduk-duduk di area sekitar air terjun, menyaksikan keindahan alam, dan mendengarkan suara gemericik air yang jatuh dari ketinggian. Semua keindahan yang ditawarkan oleh Air Terjun Grojogan Watu Purba akan membuat setiap pengunjung merasa terpukau dan tidak ingin pulang.

Fasilitas

Fasilitas di Air Terjun Grojogan Watu Purba cukup terbatas, karena kawasan ini masih termasuk ke dalam kawasan wisata alam yang terjaga keasriannya. Namun, pengunjung tetap dapat menikmati beberapa fasilitas yang tersedia, seperti:

  • Area parkir yang luas

Sumber Gambar: masterplandesa.com

Area parkir yang luas tersedia di sekitar Air Terjun Grojogan Watu Purbo. Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat parkir kendaraan pribadi mereka, terlebih lagi saat musim liburan atau akhir pekan. Meskipun begitu, disarankan bagi pengunjung untuk datang lebih awal agar dapat memperoleh tempat parkir yang lebih strategis dan dekat dengan pintu masuk area wisata.

  • Area peristirahatan

Area peristirahatan di Grojogan Watu Purbo terletak di sekitar kawasan air terjun dan menyediakan berbagai fasilitas seperti tempat duduk, meja, dan gazebo yang bisa digunakan untuk bersantai dan menikmati pemandangan alam sekitar. Bagi pengunjung yang ingin menginap, tersedia juga beberapa penginapan yang nyaman dan terjangkau di sekitar area peristirahatan.

  • Warung-warung kecil

Sumber Gambar: Google Maps @NURDIMAS (BANG NOER)

Selain itu, di sekitar area air terjun juga terdapat beberapa warung-warung kecil yang menjual makanan dan minuman ringan. Pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati makanan atau minuman yang dijual di warung tersebut. Makanan yang ditawarkan biasanya merupakan makanan khas Jawa atau Yogyakarta, seperti nasi goreng, mie goreng, bakso, dan sebagainya. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, sehingga pengunjung dapat menikmati makanan atau minuman tanpa perlu khawatir tentang budget. Warung-warung tersebut juga menyediakan tempat duduk yang nyaman dan meja yang cukup besar, sehingga cocok untuk berkumpul dengan keluarga atau teman-teman.

  • Kamar mandi

Di area wisata Grojogan Watu Purbo juga terdapat fasilitas kamar mandi yang bisa digunakan oleh pengunjung. Fasilitas kamar mandi ini sangat penting bagi pengunjung yang ingin mengambil waktu lebih lama untuk menikmati keindahan air terjun Grojogan Watu Purbo. Selain itu, kebersihan fasilitas kamar mandi juga sangat dijaga agar pengunjung merasa nyaman saat menggunakan fasilitas ini. Sebelum masuk ke area air terjun, pengunjung dapat mencari fasilitas kamar mandi di sekitar area parkir atau rest area.

  • Pemandu wisata lokal

Pemandu wisata lokal juga tersedia di area Air Terjun Grojogan Watu Purbo. Mereka siap membantu wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam sekitar dan memberikan informasi yang berguna tentang sejarah dan budaya tempat tersebut. Dengan pemandu wisata, pengunjung bisa merasakan pengalaman yang lebih menyeluruh dan mendalam tentang Air Terjun Grojogan Watu Purbo. Pemandu wisata lokal biasanya bisa ditemukan di area parkir atau di dekat pintu masuk air terjun. Namun, perlu diingat bahwa biaya sewa pemandu wisata tidak termasuk dalam biaya tiket masuk ke Air Terjun Grojogan Watu Purbo.

  • Musholla

Sumber Gambar: Google Maps @Grojogan Watu Purbo

Selain itu, kalian juga bisa menemukan musholla untuk melakukan ibadah. Tempatnya bersih juga akan membuat kalian menjadi nyaman ketika sedang sholat.

Meskipun fasilitas di Air Terjun Grojogan Watu Purba terbatas, namun hal tersebut tidak mengurangi keseruan dan kenikmatan dalam menikmati keindahan alam yang ditawarkan. Justru, dengan fasilitas yang minim, pengunjung dapat merasakan keasrian dan kedamaian alam yang sebenarnya.

Kegiatan yang bisa dilakukan

Air Terjun Grojogan Watu Purba menawarkan beragam kegiatan menarik bagi pengunjung yang berkunjung ke tempat ini. Beberapa kegiatan yang dapat dilakukan di antaranya adalah:

  • Menikmati pemandangan

Sumber Gambar: mediacenter.slemankab.go.id

Menikmati pemandangan yang indah dari air terjun juga menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan di Grojogan Watu Purbo. Saat berada di atas area air terjun, pengunjung dapat melihat keindahan alam sekitarnya yang masih asli dan sangat memukau. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto dengan latar belakang pemandangan yang spektakuler.

Terdapat beberapa spot yang bisa dijadikan tempat untuk berfoto, seperti spot di atas area air terjun dan spot di bawah air terjun. Spot-spot tersebut menawarkan pemandangan yang berbeda-beda, namun sama-sama menakjubkan.

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat berjalan-jalan di sekitar area air terjun untuk menikmati keindahan hutan dan pepohonan yang masih hijau. Udara yang segar dan sejuk juga dapat dirasakan di sekitar area air terjun.

  • Berfoto-foto¬†

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Di Grojogan Watu Purbo, wisatawan juga dapat menikmati momen berfoto-foto yang sangat menarik. Ada banyak spot foto yang dapat digunakan untuk mengambil gambar dengan latar belakang keindahan alam air terjun dan hamparan pepohonan hijau. Selain itu, ada juga spot untuk berswafoto di dekat air terjun, yang membuat momen berlibur semakin berkesan. Tak heran jika Grojogan Watu Purbo menjadi destinasi wisata yang populer di Yogyakarta untuk berburu foto yang instagramable.

  • Trekking atau hiking

Sumber Gambar: Google Maps @Grojogan Watu Purbo

Air Terjun Grojogan Watu Purba juga menawarkan kegiatan trekking atau hiking bagi wisatawan yang suka dengan kegiatan fisik. Terdapat beberapa jalur hiking yang dapat dipilih sesuai dengan tingkat kesulitan yang diinginkan, mulai dari jalur yang mudah hingga yang cukup menantang. Dengan trekking, para wisatawan dapat mengeksplorasi keindahan alam sekitar air terjun dan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan. Namun, perlu diingat untuk memperhatikan keselamatan dan menjaga kebersihan lingkungan selama melakukan kegiatan trekking.

  • Berenang atau bermain air di kolam alami

Sumber Gambar: pasarpediatempel.com

Kolam alami di Grojogan Watu Purbo cukup dalam dan aman untuk berenang atau bermain air. Wisatawan dapat menikmati kesejukan air terjun sambil berenang atau bermain air. Namun, wisatawan diharapkan berhati-hati karena debit air terjun dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada musim hujan. Pastikan untuk mengikuti peraturan keamanan dan tidak berenang di tempat yang berbahaya. Selain itu, kolam alami di sekitar air terjun juga dapat digunakan untuk mandi dan mencuci wajah atau tangan setelah trekking atau hiking.

Kegiatan-kegiatan di atas dapat dijadikan alternatif bagi para pengunjung untuk menikmati keindahan alam dan merasakan suasana damai yang ditawarkan oleh Air Terjun Grojogan Watu Purba.

Biaya

Untuk masuk ke kawasan wisata Air Terjun Grojogan Watu Purba, wisatawan hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 5.000,- per motor dan Rp 10.000,- per mobil. Untuk camping, wisatawan harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 15.000,- per orang. Sedangkan untuk biaya trekking, wisatawan dapat bernegosiasi dengan pemandu setempat yang biasanya menawarkan harga sekitar Rp 100.000,- hingga Rp 200.000,- per orang tergantung rute dan durasi perjalanan.

Tak heran jika Grojogan Watu Purbo menjadi salah satu wisata air terjun yang sangat populer di Yogyakarta. Dengan keindahan alam yang memukau dan fasilitas yang memadai, membuat wisatawan betah berlama-lama di sana. Selain itu, keberadaan air terjun ini juga memiliki nilai sejarah yang penting dalam mengatasi dampak erupsi Gunung Merapi. Jadi, jika Anda berada di Yogyakarta, jangan lupa untuk mengunjungi keindahan Air Terjun Grojogan Watu Purbo.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.