OUR NETWORK

Keindahan Air Terjun Turbo Si Besar yang Tersembuyi Dari Sumatera Utara

Di Sumatra Utara tepatnya di Kbupten Asahan terdabat begitu banyak destinasi wisata seperti Danau, Sungai, serta Air terjun yang terkenal dengan keindahan alamnya dan keaslian yang masih sangat terjaga . maka disini saya akan mengenalkan wisata air terjun yang belum terjama dan belum begitu di ketahui oleh masyarakat luar yaitu Air Terjun Turbo.

Sumber: Instagram @andhikadeady

Jika mendengar kata Turbo pasti akan langsung terbayang di kepala kita tentang betapa besar dan kencangnya bukan, nah di Sumatra Utara terdapat Air Terjun yang bernama Turbo singkatan dari Turunan Bolon yang di ambil dari nama sebenarnya, yaitu Sampuran Bolon, Dalam bahasa Batak “Sampuran”  memiliki arti Deras.

Sesuai dengan namanya Air Terjung Turbo berasal dari air yang keluar dari cela-cela di antara tebing yang tercepit batu dan memiliki debit air yang sangat besar dan deras. Dengan ketinggian sekitar seratus meter maka dari itu pengunjung dan warga sekitar menyebutnya Air Terjun Turbo. Air terjun yang berada di kabupaten Asahan tersebut memiliki pemandangan yang begitu indah dan memanjakan setiap mata yang melihat dengan di kelilingi tebing-tebing serta lembah –lembah yang tertutup lumut-lumut hijau sehingga menanbah kesan yang begitu aseri dan segar.

Sumber: Instagram @dika_maulana16

Di Kabupaten Asahan banyak memiliki tempat wisata air terjun namun Air Terjun Turbo memiliki keindahan serta panorama yang lebih bagus dan terbilang masih sangat natural dari air terjun lainya yang berada di Kabupaten Asahan. Mungkin di karenakan tempat tersebut memiliki  jarak tempuh yang lumayan dan juga jalan yang masih kurang bagus sehingga , jarang orang yang enggan datang ke destinasi Air Terjun Turbo sehingga masih terjaga kesucianya dari setuhan tangan-tagan yang tidak bertanggung jawab.

Ke indahan lain dari Air Terjun Turbo adalah Dengan banyaknya pohon yang tumbuh di sekitaran air terjun serta kejernihan air yang sangat menggoda untuk siapa saja yang melihat, dan begitu memanggil untuk segera merasakan kesegaranya.

Sumber: Instagram @brema_trg12

Lokasi yang terletak di Desa Tamuan Holbung, Kecamatan Mandoge, Kabupaten Asahan , Sumatera Utara. Air erjun Turbo memiliki jarak sekitar dua ratus kilometer dari kota medan yang membutuhkan waktu tempuh sekitar tuju jam lamanya. Sedangkan jika di tempuh dari Kota Siantar membutuhkan waktu yang relative lebih dekat sekitar watu tempuh dua jam perjalanan.

Rute perjalanan menuju Air Terjun Turbo terbilang sangat jauh dan begitu menantang dengan jalan yang masih kurang bagus seperti banyaknya bebantuan yang tidak rata membuat para pengunjung harus memiliki level kewaspadaan yang tinggi. Selama perjalanan kita akan di sugukan pemandangan perdesaan seperti perkebunan pohon karet, kelapa sawit  serta dengan jalan yang menurun.

Sumber: Instagram @herry.yuldis

Apalagi datang di saat musim penghujan itu adalah saat yang paling buruk untuk berwisatan di Air Terjun Turbo karna jalan yang menuju kesana akan semakin licin dan debit air yang di keluarkan air terjun turbo akan semakin besar yang akan menghasilkan suara gemuruh yang dapat di dengar dari kejauhan serta perubahan air di sekitaran air terjun, menjadi keruh berwarna kecokelatan. menjadi kurang menarik untuk menjadi objek foto serta akan sangat berbahaya untuk keselamatan pengunjung. Namun untuk jarak yang jauh dari aliran air terjun masih memiliki warna air yang baik bersih dan jernin.

Sumber: Instagram @dika_maulana16

Setelah wisatawan memasuki kawasan wisata Air Terjun Turbo, wisatawan cukup membayar lima ribu rupiah serta masih harus berjalan kaki sekitar dua puluh menit untuk bisa menikmati air terjun tersebut. Dan harus selalu di ingat  saat berjalan kaki pun harus selalu berhati-hati karna jalan di di lalui masih terbilang menguji adrenali.

Namun di sana sudah terdapat orang yang bersedia memandu jalan wisatawan untuk dapat merasakan keindahan dan kesegaran Air Terjun Turbo. Dan untuk selalu sedia membawa bekal makanan dan minuman karna pastinya di sana tidak ada warung dan toko yang buka hehe.

Sumber: Instagram @ahmadmuhajirbatubara

Ayo datang dan dapatkan foto dan pose terbaik ada serta rasakan keheningan serta kenyamanan yang di berikan oleh alam yang masih alami sehigga dapat sedikit menghilangkan beban fikiran anda.

Terimakasih Salam Wisatakawan

Comments

Loading...