OUR NETWORK

Keindahan Buol dan 10 Wisata Menarik yang Harus Dikunjungi di Sana

Pernah ke Buol? Atau bahkan kamu tidak tahu di mana letak Buol? Kalau memang kamu belum tahu Buol itu di mana, Buol adalah salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Sulawesi Tengah. Nama Buol memang bisa dibilang cukup asing, mengingat itu adalah kabupaten yang letaknya berada di ujung utara Indonesia dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Indonesia, yakni Filipina.

Meskipun namanya tidak terlalu dikenal, namun Kabupaten Buol ternyata menyimpan banyak wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Letaknya yang berbatasan langsung dengan laut membuat kabupaten yang satu ini memiliki beberapa pulau dan pantai yang cukup menawan untuk dikunjungi. Berikut adalah 10 destinasi wisata menarik di Kabupaten Buol.

Pelabuhan Leok

Sumber: Instagram @just__ill

Kok pelabuhan? Tenang, kamu tidak salah baca. Meskipun namanya adalah Pelabuhan Leok, namun pelabuhan yang satu ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan karena memiliki panorama yang cukup indah, dengan dikelilingi oleh pegunungan. Pemandangan senja di Pelabuhan Leok juga cukup menawan, sehingga sering kali dikunjungi oleh muda mudi hanya untuk sekedar menghabiskan waktu.

Pemandian Tertaria

Sumber: Instagram @ichsanyunianto

Kemudian ada Pemandian Tertaria, yang terletak di Kelurahanan Kulango, Kabupaten Buol. Air di pemandian ini cukup dingin, karena memang letaknya yang berada di dataran tinggi. Untuk masuk ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket sebesar seribu rupiah, dan kamu pun bisa puas berenang dari pagi hingga sore hari.

Pemandian Kumaligon

Sumber: Instagram @adjie_darma

Seperti namanya, pemandian yang satu ini berada di Desa Kumaligon, Kecamatan Biau. Akses menuju ke sana juga tidak terlalu sulit, karena kamu hanya perlu menempuh perjalanan selama 10 menit dari Kelurahan Leok. Kondisi Pemandian Kumaligon hampir sama dengan Tertaria, di mana sama-sama memiliki air yang cukup dingin. Karena letaknya yang tidak jauh dari keramaian, pemandian ini selalu ramai dikunjungi wisatawan di setiap akhir pekan.

Pulau Busak

Sumber: Instagram @wawaninwan07

Pulau Busak adalah sebuah pulau yang terletak di Desa Busak, Kecamatan Karamat, Kabupaten Buol. Untuk bisa sampai ke sini kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari pusat kota, dan kemudian melanjutkan perjalanan dengan menaiki perahu dengan waktu tempuh 10 menit. Yang menarik dari pulau ini adalah pasir putih yang sangat indah, dan lautnya yang masih berwarna biru bersih.

Pantai Batu Susun Lakea

Sumber: Instagram @julitriadi_barzandji

Kemudian ada Pantai Batu Susun Lakea, yang terletak di Desa Lakea 2, Kecamatan Lakea. Yang unik dari pantai ini adalah keberadaan batu karang yang seolah-olah tersusun secara rapi di tepi pantai. Keunikannya itu lah yang membuat pantai ini cukup diminati banyak wisatawan ketika musim liburan.

Bendungan Air Terang

Sumber: Instagram @mohevendimpau

Bendungan Air Terang terletak di Desa Air Terang, Kecamatan Tiloan. Untuk bisa ke sana, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 2 jam ke arah selatan pusat keramaian Kota Buol. Di sana kamu bisa menikmati indahnya arsitektur bendungan ditambah lagi dengan adanya jembatan gantung berwarna biru di atasnya. Kamu pun bisa bersantai di sana sambil menghabiskan waktu dengan orang terkasih.

Pulau Boki

Sumber: Instagram @ijhullatif

Selanjutnya adalah Pulau Boki, yang terletak di Kecamatan Paleleh Barat. Untuk bisa ke sana, kamu harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam dari pusat kota. Karena masih belum banyak dikunjungi wisatawan, Pulau Boki masih memiliki alam yang alami, ditambah lagi dengan hamparan pasir putih yang indah serta batu karang yang masih alami. Selain itu, keberadaan beberapa bukit di Pulau Boki juga semakin menambah indah suasananya.

Wisata Laut Batu Tiga

Sumber: Instagram @mohovendipom

Sumber: Instagram @mohovendipom

Wisata Laut Batu Tiga terletak di Kelurahan Leok, Kabupaten Buol. Yang menarik dari pulau ini adalah keberadaan tiga batu karang dengan bentuknya yang mirip dan berdiri kokoh di tepi pantai. Ombaknya yang tenang membuatmu bisa berenang di pantai yang satu ini.

Puncak Pulau Panjang Paleleh

Sumber: Instagram @like_buol

Kemudian ada Puncak Pulau Panjang Paleleh. Dinamakan demikian karena pulau yang satu ini bentuknya memanjang, dan terdapat hamparan bukit yang diselimuti oleh hijaunya pohon dan rerumputan. Dari atas bukit, kamu bisa melihat keindahan alam Buol, berupa laut dan beberapa pulau yang ada di sekitarnya.

Air Terjun Bunsel

Sumber: Instagram @ilham_syafaat66

Yang terakhir adalah Air Terjun Bunsel, yang terletak di Desa Bunobogu, Kabupaten Buol. Meskipun tidak memiliki aliran air yang cukup deras, namun Air Terjun Bunsel memiliki panorama alam yang cukup indah.

Comments

Loading...