in

Keunikan Spot Alam Tersembunyi Dari Air Terjun Entungan Sekadau

Sumber Gambar: Google Maps @ixan kurniawan

Destinasi wisata alam Air Terjun Entungan termasuk ke dalam daftar surga tersembunyi yang berasal dari Kalimantan Barat. Wisata alam ini bukan hanya sekedar tersembunyi, namun juga mempunyai akses jalan yang cukup sulit.

Keberadaan dari Air Terjun Entungan telah terdaftar pada Google maps. Begitu pula dengan daerah Ds Tembaga yang muncul pada Google maps. Sayangnya hal tersebut sama sekali tidak berpengaruh pada akses petunjuk menuju ke destinasi wisata Air Terjun Entungan .

Karena dalam keterangan yang ada di Google maps hanya menunjukkan letak daerah ds Tembaga semata. Sementara itu untuk jalan yang terdapat di daerah ds Tembaga sama sekali tidak tersedia.

Sumber Gambar: Google Maps @ixan kurniawan

Hal tersebut menjadi salah satu faktor untuk membuat destinasi wisata alam Air Terjun Entungan sangat terpencil. Selain itu juga membuat destinasi wisata ini hanya sering dikunjungi oleh penduduk sekitar Ds Tembaga. Sementara itu untuk penduduk yang berasal dari daerah Ds Tembaga dan luar Sekadau sama sekali belum mengeksplorasi destinasi wisata alam tersembunyi ini.

Hal lain yang perlu diketahui tentang destinasi wisata alam tersembunyi ini yaitu tentang keywords yang tercantum dalam Google maps. Keywords untuk destinasi wisata ini yaitu wisata Air Terjun Entungan Sekadau.

Lokasi Air Terjun Entungun

Letak dari destinasi wisata ini sebenarnya tidak begitu terpencil dan cukup strategis. Lokasi tepatnya berada di dsn Kempayang, ds Tembaga, Nanga Mahap, Sekadau, Kalimantan Barat. Dengan lokasi yang terpencil dan akses yang sangat terbatas, membuat suasana perjalanan menuju ke destinasi wisata ini mungkin cukup melelahkan. Karena terasa sulit untuk menemukan jalan yang tepat untuk menuju ke destinasi wisata tersembunyi ini.

Rute Perjalanan Munuju Ke Air Terjun Entugan

Resiko tersesat selama perjalanan sangat besar. Hal yang lebih mencengangkan yaitu di daerah Ds Tembaga masih terdapat banyak area hutan belantara. Untuk mengurangi resiko tersesat, sebaiknya sering – sering meminta petunjuk dari warga setempat. Sehingga dapat sampai di destinasi wisata Air Terjun Entungan tanpa adanya hal yang tidak diinginkan.

Tips lain untuk menuju ke destinasi wisata alam Air Terjun Entungan sebaiknya tidak melakukan jalur Sekadau. Walaupun lokasi dari Air Terjun Entungan masih berada di dalam kawasan Sekadau, namun dengan memilih jalur tersebut merupakan ide yang sangat buruk. Karena jalur Sekadau jauh lebih sulit. Bahkan dengan jalur Sekadau mungkin akan memakan waktu jauh lebih lama.

Sumber Gambar: Google Maps @ixan kurniawan

Untuk jalur paling tepat dalam menuju ke destinasi wisata alam air terjun Sekadau yaitu melewati jalur Balai Berkuak. Tepatnya menyelusuri jalan Ahmad Yani / Jl Istana Jaya. Untuk jalur ini mungkin terlihat jauh lenih lama dan harus berputar terlebih dahulu. Namun jalur ini menjadi jalur paling efektif daripada jalur Sekadau.

Setelah sampai di lokasi Lapangan Bola Tahak / Toko Pak Kalong, ambil ke arah timur. Kemudian, ikuti jalur tersebut hingga menuju ke lokasi ds Tembaga hingga sampai ke lokasi destinasi wisata air terjun entungan, Sekadau.

Perjalanan dari Ds Tembaga ke destinasi wisata Air Terjun Entungan akan menjadi perjalanan yang cukup sulit. Kondisi jalan di desa itu sangat memprihatinkan. Sebab hanya terdapat jalan yang berupa tanah dan belum diaspal maupun paving sama sekali. Tekstur jalan juga tidak rata.

Untuk musim penghujan, jalanan pun akan berubah menyerupai jalur motor cross. Jalan akan dipenuhi dengan genangan air dan berlumpur. Jadi sebaiknya gunakan motor yang telah dilengkapi dengan teknologi eco system / sejenisnya. Sementara itu untuk penggunaan mobil sangat tidak dianjurkan, karena kondisi jalan tidak begitu lebar.

Sesudah sampai di dsn Kempayang, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk motor, sebaiknya parkir di rumah penduduk. Supaya jauh lebih aman jika ditinggal. Untuk waktu tracking yang diperlukan tidak memakan waktu lama.

Keunikan Air Terjun Entugun

Destinasi wisata alam tersembunyi Air Terjun Entungan memiliki keunikan yang akan membuat wisata ini akan menjadi wisata favorit yang ada di daerah Sekadau, Kalimantan Barat. Karena dalam air terjun ini menyimpan pesona alam yang sangat potensial dan mempunyai daya tarik yang sangat natural.

Berikut ini adalah keunikan dari Air Terjun Entungan :

1. Kondisi air terjun masih sepi

Keunikan yang pertama dari Air Terjun Entungan ini hanya terjadi untuk saat ini saja. Dimana dalam wisata ini belum ramai dikunjungi. Hanya segelintir orang yang akan terlihat di sekitar destinasi wisata alam tersembunyi ini. Sehingga suasana pun akan terasa sangat sunyi dan tenang.

Sumber Gambar: Google Maps @Yordanus VB

Namun saat destinasi wisata Air Terjun Entungan ini telah dikenal banyak orang. Kondisi yang tenang dan sunyi seperti ini mungkin tidak akan pernah terjadi lagi. Sehingga yang membutuhkan suatu ketenangan, sebaiknya segera kunjungi air terjun entungan. Sebelum kondisi air terjun berubah total. Dari semula sangat tenang dan sunyi, berubah menjadi ramai.

2. Air terjun terdiri dari 3 buah tingkat

Untuk keunikan yang kedua ini menjadi suatu ciri khas dari Air Terjun Entungan ini. Dalam destinasi wisata ini, terdapat 3 buah air terjun sekaligus. Semua kondisi air terjun tidak begitu tinggi. Ukuran tinggi rata – rata untuk semua air terjun hanya ±10 meter. Untuk air terjun tingkat pertama dan kedua memiliki jarak yang dekat. Sedangkan untuk air terjun tingkat ketiga mempunyai jarak yang sedikit berjauhan. Kondisi dari air terjun pertama tidak begitu lebar dengan.

Sumber Gambar: Google Maps @ixan kurniawan

Namun memiliki tingkat kemiringan yang sangat tidak ekstream. Tingkat kemiringannya pun hanya sebesar ±45°. Di samping aliran air terjun terdapat area tebing yang sering digunakan untuk bersantai sembari mendekati curug.

Pada air terjun tingkat ketiga / paling bawah, menjadi air terjun yang paling favorit. Air terjun ini beerada memp kontour tergak lurus. Selain itu air terjun juga jauh lebih lebar daripada air terjun pertama maupun kedua. Selain itu pada air terjun paling bawah ini mempunyai tebing yang bertingkat. Baik pada air terjun pertama – kedua dan ketiga mempunyai kolam yang tidak sangat dangkal. Tingkat kedalaman dari kolam air terjun pun hanya sekitar ±50 meter.

3. Root swing

Sumber gambar: Instagram @ chu_leha04

Keunikan yang satu ini menjadi suatu keunikan yang cukup langka. Fasilitas ini termasuk spot alam yang paling natural yang mungkin hanya dapat dijumpai di Air Terjun Entungan ini. Bahkan spot ini menjadi satu – satunya spot wahana yang ada di Air Terjun Entungan. Karena spot root swing sangat langka, jadi harus dicoba dan tidak boleh dilewatkan sama sekali. Selain itu juga dalam catatan, jika root swing masih ada dan belum putus.

Dengan mencoba spot yang satu ini, akan merasakan kebebasan dark alam yang sesungguhnya. Spot wahana ini juga sangat aman dan tidak berbahaya. Karena tepat di bawah root swing adalah kolam air terjun. Jadi pasti akan terjatuh ke dalam air.