in

Liburan Asyik Bersama Keluarga di Wisata Alam Telaga Gupid

Sumber Gambar: hasabizone.blogspot.com

Membicarakan potensi wisata di daerah Kota Pringsewu tidak akan pernah ada habisnya karena memiliki beragam kekayaan wisata alam indah yang bisa anda pilih untuk melepaskan diri dari rutinitas mulai dari Pura Giri Sutra Mandala Tegalsari, Puncak Bukit PJR Panjerejo, Tugu Gajah Bulokarto, Air terjun 7 Tingkat Girimulyo Pagelaran Utara, Rumah Pohon Podorejo Rejosari, Kontur Terasering Sawah Pajaresuk, Agrowisata Kolam Pagelaran, Pura Lugusari Pagelaran, Telaga Gupid dan masih banyak lagi. Untuk anda yang bosan dengan liburan ke tempat wisata modern dan ingin berlibur ke sebuah tempat yang tenang sambil menikmati pemandangan telaga dan pepohonan hijau yang rindang, Telaga Gupid ini sangat cocok untuk anda kunjungi baik bersama teman maupun keluarga. Suasananya sangat mampu membantu anda melepas kepenatan setelah stres melakukan aktivitas sehari-hari.

Asal usul Telaga Gupid

Sumber Gambar: hasabizone.blogspot.com

Perlu anda ketahui nama Telaga Gupid ini berasal dari sumber air telaga itu sendiri, karena telaga ini merupakan telaga alami yang tercipta dari air sumur yang keluar dan memenuhi area telaga, ukurannya kurang lebih 60 centimeter dan diapit oleh dua buah batu sehingga diberi nama dengan sebutan Telaga Gupid.

Panorama

Sumber Gambar: hasabizone.blogspot.com

Dapat anda lihat panorama di Telaga Gupid ini di dominasi pepohonan sehingga memberikan hawa sejuk ketika berada di kawasan telaga, tempat ini juga selain di gunakan untuk istirahat santai anda juga bisa bermain wahana air dengan menyewa perahu, sepeda air bebek-bebekan bahkan bisa juga dijadikan spot memancing yang mengasyikan untuk penggemar memancing. Namun pada musim kemarau panjang, air di disana akan surut sehingga membuat pengunjung yang datang kesana merasa sedikit kecewa, biasanya masyarakat sekitar akan memanfaatkan waktu surutnya Telaga Gupid ini untuk bercocok tanam di area tersebut, disaat musim kemarau juga anda dapat melihat langsung sumur atau sumber air yang mengisi Telaga Gupid ini, disarankan agar ketika datang air telaganya tidak surut sebaiknya datang ketika awal pergantian musim dari musim penghujan ke musim kemarau mungin bisa menjadi pilihan waktu terbaik untuk datang kesana.

Lokasi dan Rute menuju Telaga Gupid

Telaga Gupid ini berlokasi di Mataram Gading Rejo, Karangrejo, Negeri Katon, Kabupaten Pringsewu, Lampung jika anda berangkat dari ibukota Lampung yakni Bandar Lampung jarak yang akan di tempuh sekitar 32 kilometer dan untuk bisa sampai di lokasi Telaga Gupid ini anda akan membutukan waktu perjalanan kurang lebih 45 menit tergantung kondisi jalan tentunya, salah satu urutan rute jalannya berangkat dari Bandar Lampung – Kurungan Nyawa – Gedong Tataan – Gading Rejo, nanti setelah sampai Gading Rejo untuk sampai ke lokasi telaga anda bisa masuk melalui jalan disamping terminal, lalu ditemui papan reklame tentang keindahan Telaga Gupid, dari pintu masuk jalan tadi terus saja jalan sekitar 7 kilometer lagi, pastikan saat membawa kendaraan harap berhati-hati karena jalan rusak dan tujuan wisata anda berada di sebelah kiri jalan.

Fasilitas

Sumber Gambar: hasabizone.blogspot.com

Telaga Gupid ini dikelola oleh Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) dari dua desa yaitu Desa Mataram pada sisi barat dan Desa Tegalsari pada sisi sebelah timur, di setiap sudutnya pasti akan anda temui spot-spot menarik untuk berfoto bersama teman ataupun keluarga, fasilitas yang disediakan pun sudah cukup lengkap dengan adanya toilet, warung penjual makanan dan minuman sehingga anda tidak perlu khawatir jika tidak membawa bekal.

Biaya tiket masuk

Memasuki area wisata Telaga Gupid ini anda tidak akan dikenai biaya tiket masuk hanya cukup membayar biaya parkir sebesar 2.000 rupiah anda sudah bisa masuk ke tempat wisata tersebut, dan untuk menikmati wahana air seperi perahu bebek anda akan dikenai biaya kurang lebih 10.000 rupiah sekali putaran, sebagai catatan biaya-biaya tersebut tidak baku, sewaktu-waktu dapat berubah. Usahakan setiap berkunjung gunakan fasilitas dan jajan di warung sekitar agar menambah penghasilan bagi warga sekitar dari sektor pariwisata, dan jangan membuang sampah sembarangan agar tempat wisata tetap lestari.

Setelah membaca ulasan ini apakah anda tertarik untuk berkunjung? Segera masukkan Telaga Gupid ini ke dalam list tujuan berlibur anda.