OUR NETWORK

Lingkok Kuwieng, Aceh

Grand Canyon yang ada di Arizona, Amerika Serikat, merupakan keajaiban alam yang ditunjukkan lewat batu-batu kars dan sedimen yang dipahat oleh gerusan air dan terpaan angin selama ribuan tahun, sehingga menciptakan bentuk yang unik, menarik sekaligus artistik.

Sumber: Instagram @azmi_0099

Keajaiban alam yang sama dapat ditemui di Gampong Pulo Hagu, Kecamatan Padang Tiji, Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh dalam bentuk ngarai yang berada di pedalaman hutan. Keajaiban alam yang ada di Aceh ini dikenal dengan nama Lingkok Kuwieng.

Sama halnya dengan Grand Canyon, Lingkok Kuwieng memiliki sungai yang diapit dinding batu kars dan sedimen berwarna kuning kecoklat-coklatan menyerupai warna emas yang dipahat oleh alam sehingga menciptakan bentuk yang membuat siapapun akan berdecak kagum. Tidak heran jika masyarakat setempat menyebut ngarai ini dengan nama ‘Uruek Meuh’ yang artinya ’lubang emas’.

Sumber: Instagram @mabroel_93

Jalan Terjal Menuju Lingkok Kuwieng

Jarak objek wisata ini dengan pusat kota Sigli sebenarnya hanya sekitar 20 km, namun karena jalan yang harus dilalui sangat terjal bahkan cenderung ekstrim membuat perjalanan harus ditempuh selama 1,5 – 2 jam.

Perjalanan menuju lokasi harus ditempuh dengan menyusuri jalanan warga yang akan menuju ke kebun dengan melintasi kawasan pegunungan yang terjal. Selain berbatu, tanah yang harus dilewati berupa tanah liat yang sangat licin pada saat hujan. Karena itu sebaiknya tidak berkunjung ke Lingkok Kuwieng pada saat musim hujan.

sumber: Rappler

Tidak hanya itu, pengunjung juga harus melewati jalan kecil yang bagian tepinya berupa jurang, sehingga selain kendaraan harus dalam kondisi prima, pengendaranyapun juga harus tetap fokus dan berhati-hati.

Ada cara lain sebenarnya yang lebih aman dan nyaman, yaitu dengan menyewa guide berikut kendaraannya. Untuk itu Anda harus merogoh kocek dan membayar Rp 200.000 untuk sewa sepeda motor dan Rp 400.000 untuk sewa mobil off road. Dengan menyewa guide, Anda dapat menikmati indahnya pemandangan di sepanjang perjalanan yang dihiasi pepohonan dan bebukitan dengan latar belakang Gunung Seulawang Inong di kejauhan.

Sumber: Penyutadventure

Perjalanan semakin dekat saat memasuki area perkampungan. Disana Anda akan menjumpai palang pintu yang harus dibuka dan wajib ditutup kembali setelah melewatinya, karena palang pintu tersebut berfungsi untuk mencegah hewan-hewan piaraan warga keluar perkampungan.

Setelah melewati area perkampungan, perjalanan berlanjut dengan menyusuri pinggiran sungai yang berbatu dengan airnya yang jernih. Tidak berapa lama kemudian dapat Anda jumpai pertigaan. Pilih jalan yang berlawanan dengan arus dan susuri terus jalan tersebut selama sekitar setengah jam hingga tiba di tempat tujuan.

Keindahan Lingkok Kuwieng yang Menakjubkan

Sesampai di lokasi, Anda akan dibuat terpanah oleh keindahan alam yang begitu menakjubkan. Keindahan tersebut tersuguh lewat aliran sungai yang bagian tepinya berdinding batu-batu kars dan sedimen yang dipahat oleh alam, menciptakan bentuk yang unik dan artistik.

Sumber: Instagram @rivad.fasya

Sementara di sekeliling ngarai, pohon-pohon besar dan rindang menciptakan suasana yang teduh dan asri serta memberikan kesejukan lewat anginnya yang semilir.

Kemanapun mata memandang, seolah hanya keindahan yang ditemui. Sehingga boleh dikata, semua sudut yang ada di kawasan Lingkok Kuwieng memiliki daya tarik untuk dijadikan latar belakang foto. Terlebih dengan menjadikan dinding-dinding batu sebagai background, bakal menciptakan foto yang instagramable.

Sumber: Instagram @rerendii

Jangan hanya sebatas menikmati keindahan alam. Air sungai yang membelah dinding batu juga memberikan sensasi tersendiri saat dipakai mandi dan berenang. Air sungai yang jernih berwarna kehijau-hijauan tersebut terasa dingin dan segar saat menyentuh kulit.

Coba pula untuk mandi di bawah guyuran air terjun kecil yang ada di lokasi. Guyuran air dari atas yang jatuh menimpah badan dan kepala, bakal merelaksasi tubuh dan pikiran sehingga kondisi fisik dan mental bakal fresh kembali.

Keindahan menakjubkan yang melingkupi Lingkok Kuwieng membuat pengunjung biasanya enggan untuk meninggalkan lokasi. Jika masih ingin berlama-lama di tempat ini, siapkan saja tenda sebelum berangkat dan dirikan di pinggiran dinding batu.

Sumber: Instagram @mustawazirmustafa

Para pecinta alam dan rombongan anak muda yang menyukai wisata adventure biasanya melakukan hal tersebut saat berkunjung ke sini. Sudah barang tentu mereka tidak hanya membawa tenda saja, tapi juga menyiapkan berbagai perbekalan untuk camping, karena di lokasi wisata tidak ada satupun fasilitas yang disediakan bagi para pengunjung. Semua fasilitas hanya diberikan oleh alam.

Comments

Loading...