OUR NETWORK

Manjakan Mata Menikmati Indahnya Danau Lembah Sari Pekanbaru Riau

Tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh penjuru dunia, bendungan raksasa selalu memiliki fungsi ganda, salah satunya sebagai objek pariwisata. Beberapa bendungan raksasa di Indonesia yang ramai dikunjungi wisatawan diantaranya adalah: Bendungan Gajah Mungkur di Jawa Tengah, Bendungan Karangkates di Jawa Timur, Bendungan Sigura-gura di Sumatera Utara, dan masih banyak lagi yang lain.

Salah satu diantaranya adalah bendungan raksasa yang terdapat di Pekanbaru Riau yang populer dengan sebutan Danau Wisata Bandar Kahyangan Lembasari yang berlokasi di Kelurahan Limbungan, Kecamatan Rumbai, Kota Pekanbaru, Riau.

Sumber: backpackerjakarta.com

Danau buatan yang sebenarnya merupakan bendungan raksasa ini, awalnya dibangun untuk kepentingan irigasi araea persawahan yang ada di daerah sekitar danau. Namun karena keindahan alam di sekelilingnya, membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan, sebelum akhirnya menjadi salah satu ikon pariwisata di Pekanbaru.

Danau Lembah Sari Selayang Pandang

Terbentang seluas 150 hektar dengan kawasan perairan seluas 14 hektar bendungan yang memiliki kedalaman 2 – 6 meter ini diresmikan pada tahun 1990. Dalam keadaan normal Danau Lembah Sari mampu menampung air sekitar 5,25 juta meter3 tanpa pernah sekalipun mengalami kekeringan.

Sumber: travelingyuk.com

Pada musim hujan, luapan air pada danau buatan ini dapat dikontrol karena memiliki spillway berupa dua aliran sungai, yaitu Sungai Pengambang dan Sungai Limbungan. Kedua sungai tersebut merupakan anak sungai dari Sungai Siak.

Nama danau ini tidak asing lagi bagi masyarakat Pekanbaru karena sudah puluhan tahun lamanya dijadikan sebagai objek pariwisata, bahkan saat masih berbentuk sungai dan belum dibangun bendungan sebagaimana yang ada sekarang. Terlebih danau ini juga pernah dijadikan sebagai arena Sky Air saat pelaksanaan PON XVIII pada tahun 2012.

Danau Lembah Sari dapat dengan mudah dikunjungi karena jaraknya hanya sekitar 10 km dari pusat Kota Pekanbaru. Wisatawan yang ingin menuju ke lokasi dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum dengan lama perjalanan sekitar 20 menit.

Sumber: negeritua.com

Wisatawan yang ingin masuk ke lokasi dikenai tiket masuk seharga Rp 5.000 perorang ditambah ongkos parkir sebesar Rp.5.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Dengan membayar tiket masuk, wisatawan tidak hanya dapat menikmati pesona alam yang disuguhkan danau ini, tapi juga sejumlah fasilitas yang dapat dimanfaatkan secara gratis dan berbayar.

Berbagai fasilitas yang dapat digunakan dengan gratis diantaranya adalah kursi dan bangku taman untuk menikmati pemandangan, panggung hiburan lengkap dengan tempat duduknya yang pada waktu-waktu tertentu menampilkan pertunjukan musik serta mushollah untuk memfasilitasi pengunjung yang ingin beribadah.

Sumber: wisata-tanahair.com

Sedang fasilitas berbayar berupa wahana air dalam bentuk sepeda air dan perahu dayung yang dapat disewa seharga Rp 25.000 perjam. Terdapat pula beberapa warung yang menjual makanan dan minuman bagi para pengunjung yang kebetulan tidak membawa bekal.

Memanjakan Mata Menikmati Keindahan Danau Lembah Sari

Dikelilingi perbukitan dan pepohonan yang hijau membuat suasana di kawasan Danau Lembah Sari terasa sejuk dan asri. Bukit dan pepohonan itu pula yang membuat pemandangan terlihat menawan saat berpadu dengan hamparan air yang terbentang luas.

Suasana yang tenang dan damai tersebut menjadikan destinasi wisata ini menarik untuk dikunjungi bersama keluarga dan juga menarik bagi anak-anak muda yang berburu suasana romantis sekaligus mencari spot foto yang instagenic.

Sumber: moodster.id

Karena meski danau buatan ini tidak dilengkapi dengan ornamen-ornamen unik sebagaimana objek-objek wisata kekinian yang sengaja dibangun untuk berfoto ria, namun indahnya bentangan air danau dapat dijadikan latar belakang foto yang tidak kalah menawan. Ditambah lagi adanya taman-taman di beberapa sudut danau.

Puncak dari keindahan yang disuguhkan Danau Lembah Sari dapat ditemui pada sore hari. Kala matahari turun menuju peraduan, cahayanya yang kuning keemasan akan dibiaskan oleh air danau sehingga menciptakan pemandangan yang luar biasa indah.

Berkunjung ke tempat wisata ini tidak hanya disuguhi dengan keindahan alam semata. Pengunjung yang memiliki hobi memancing, tersedia spot-spot memancing yang nyaman di bawah rindang pepohonan.

Sumber: wisataku.id

Sebagaimana bendungan-bendungan yang lain, Danau Lembah Sari juga menjadi rumah bagi berbagai jenis ikan. Itu sebabnya banyak pengunjung yang datang kesini tidak dengan maksud untuk berwisata namun melampiaskan hobi memancing mereka.

Bagi pengunjung yang ingin menjelajah kawasan perairan, dapat menuju ke tempat persewaan wahana permainan air dan menyewa sepeda air atau perahu sampan. Harga sewanya cukup murah, karena dengan membayar Rp 25.000 Anda bisa menggunakannya selama satu jam.

Comments

Loading...