OUR NETWORK

Masigit Kareumbi, Tempat Berburu yang Diubah Menjadi Kawasan Wisata Mengesankan

Source Image: Instagram @slmn_ag

Jawa Barat menjadi provinsi yang paling banyak dikunjungi wisatawan setelah Bali. Maklum saja, kawasan pedesaannya masih terjaga dengan baik. Panorama alam dan wahana theme parknya juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang berlibur ke daerah ini. Salah satu keindahannya terletak di Taman Buru Gunung Masigit Kareumbi.

Dari segi namanya saja, sudah terdengar sedikit asing. Maklum saja tempat ini dulunya adalah kawasan berburu. Tempat paling nyaman untuk mengasah teknik menembak kamu.

Mengenal Kareumbi Masigit

Sumber: Instagram @slmn_ag

Nama Masigit sendiri diambil dari nama bukit yang letaknya berada di sisi timur. Untuk Kareumbi sendiri adalah nama gunung yang lokasinya berada di bagian barat. Saat ini kawasan ini sudah dikembangkan sebagai tempat konservasi hutan sekaligus wisata yang menarik.

Sumber: Instagram @fransiscafelicee

Bagi kamu yang ingin berkunjung ke tempat ini. Harga tiket yang harus dibayar tidaklah mahal. Untuk weekday hanya Rp10 ribu dan Weekend akan naik menjadi Rp 15 ribu. Fasilitas yang disediakan juga sangat komplit. Cukup bersih dan terawat dengan baik.

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Saat masuk ke kawasan ini pertama kali. Kamu akan disambut dengan hamparan pepohonan yang tinggi menjulang. Suasana sejuk dengan suhu rata-rata 23 derajat menjadi sajian yang tak terbantahkan.

Sumber: Instagram @pustakatropis.wanadri

Ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan disini. Diantaranya adalah Jungle Trek. Dimana, kamu bisa hiking bersama dengan petugas yang sudah siap memandu kamu.

Sumber: Instagram @jhe_ridzwan17

Trek yang disuguhkan tidak terlalu jauh. Kamu bisa melihat bagaimana kehidupan rusa jawa di tempat penangkarannya. Ada juga hewan lainnya yang tidak kalah lucunya. Bila ingin yang lebih menantang lagi, kamu bisa menikmati night trek. Dimana, perjalanan malam menjadi sajian yang sangat menantang dan memacu adrenalin kamu.

Bagi kamu yang menyukai olahraga sepeda, tidak ada salahnya mencoba wahana mountain bike. Dimana, kamu akan disuguhkan dengan jalanan yang cukup menantang. Naik dan turunnya membuat kamu harus mempersiapkan fisik. Lebih menarik lagi, kalau aktivitas ini kamu lakukan bersama-sama. Bila beruntung, suara nyanyian alam bisa kamu dengarkan lho.

Wahana Adrenalin

Tidak hanya sampai dengan menyusuri hutan saja. Disini, kamu juga bisa menikmati permainan yang memacu adrenalin kamu. Ada flying fox, india canoe, atau juga menyusuri sungai yang cukup deras dengan tingkat kesulitan yang bisa dipilih.

Ada juga pengenalan mengenai berbagai jenis botani. Kamu juga akan diberi trik bagaimana membuat api tanpa korek api. Hal yang sangat dibutuhkan bila kamu berada di alam bebas.

Program Unggulan

Sisi menarik kainnya dari tempat ini adalah adanya program unggulan yaitu, menanam pohon. Kamu hanya perlu membayar Rp50 ribu saja untuk satu pohonnya. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan sertifikat dan juga PIN.

Nah, ada hal yang menarik yang bisa kamu dapatkan dari aktivitas ini. Bila mengikuti program 100 pohon, kamu berhak mendapatkan satu blok dengan nama kamu sendiri. Bila 1000 akan mendapatkan 1 bukit, kalau 6000 bisa satu area hutan.

Tidak heran bila saat kamu berkunjung, bisa melihat nama seseorang atau juga perusahaan di area hutan. Semakin banyak kamu menanam, semakin asri hutan ini. Jadi, jangan lupa mengikutinya ya.

Menuju ke Kareumbi Masigit


Kawasan ini terletak di 3 kabupaten sekaligus. Bandung, Garut, dan Sumedang. Menuju ke lokasi kamu bisa menggunakan jalur Bandung – Cicalengka – Sindangwangi – Tanjung Wangi – Blok KW. Bisa dikatakan jalan nya cukup mudah dengan berbagai papan petunjuk yang sudah banyak tersedia.

Sumber: Instagram @johanes.kusnadi

Nah, bagi kamu yang membutuhkan tempat menginap. Kamu bisa memanfaatkan area camping yang sudah disediakan disini. Kawasan hutan yang gelap menjadi sangat menarik untuk dicoba. Apalagi, saat pagi hari dengan suhu udara yang bisa mencapai 10 derajat. Tetapi, kamu bisa membuat api unggun dan menikmati santapan malam sederhana bersama teman-teman.

Kesimpulan

Kareumbi Masigit menjadi kawasan yang bagus untuk melatih keakraban diantara para pegawai. Wahana outbond yang disajikan menjadikan kawasan ini tempat gathering terbaik di Jawa Barat.

Kareumbi Masigit adalah objek wisata yang benar-benar menyajikan keindahan yang sempurna. Kondisi Alam yang masih asri dan habitat hewannya menjadi daya tarik yang sulit untuk dilewatkan. Jadi, kapan kamu akan datang ke tempat ini?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…