in

Melihat Keindahan Gunung Sumbing Dari Jalur Pendakian Mangli

Gunung Sumbing, menjadi sebuah pendakian yang paling menarik untuk diceritakan. Tanjakan-tanjakan yang tidak mudah untuk dilalui, pemandangan-pemandangan yang indah. Menjadi sebuah suguhan nyata, bahwa Sumbing memang layak untuk diperjuangkan.

Di jalur pendakian Via Mangli, trek yang harus kamu lalui memang tidak mudah. Tetapi, semua yang tersaji disini begitu lekat diingatan. Perjalanan 10 jam sampai 12 jam. Dengan kondisi medan yang luar biasa.

Menuju Basecamp Mangli

Basecamp Mangli terletak di Kecamatan Kaliangkrik, Kabupaten Magelang. Menuju ke Kawasan ini kamu bisa memulainya dari Terminal Magelang terlebih dahulu. Selanjutnya, bisa carter mobil menuju ke Basecamp dengan harga 600 ribu rupiah sudah pulang pergi.

Sesampainya di Pos, kamu akan dikenakan biasa simaksi 10 ribu rupiah. Bagi yang membawa motor akan dikenakan biaya 5 ribu rupiah per kendaraan per malam. Dari sini, kamu akan diberikan peta jalur pendakian Gunung Sumbing Via Mangli. Kamu bisa mengikuti jalur tersebut agar tidak tersesat.

Biasanya, kamu akan dimintai KTP untuk pendataan. Cek surat kesehatan, maklum saja Sumbing menjadi gunung yang cukup sulit untuk di daki. Jadi, kamu harus benar-benar fit untuk bisa berdiri diatas puncaknya. Setelah semua proses administrasi selesai kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju ke atas puncaknya.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Menuju ke Pos 1 alangkah lebih baik naik ojek saja dengan biaya perjalanan 20 ribu rupiah. Harga yang cukup murah sebenarnya mengingat perjalanan menuju ke pos 1 kurang lebih 1 jam 30 menit. Kalau naik ojek hanya 20 menit saja, menghemat banyak waktu dan tenaga bukan?

Sumber Gambar: Instagram @ithafalinda

Di Pos ini kamu akan disuguhkan dengan camp area. Biasanya, banyak keluarga yang ingin camping, menikmati campnya di tempat ini. Menuju ke Pos 2, kamu akan disuguhkan dengan jalur trek yang cukup menguras tenaga. Dimana, tempat ini kamu bisa melihat keindahan pohon pinus.

Sumber Gambar: Instagram @putrii_munir

Sesampainya di pos 2, kamu akan menemukan sebuah aliran sungai yang hanya terlihat saat musim penghujan saja. Menuju ke Pos 3, kamu akan melewati sebuah jembata kayu yang dibuat jalur tangga. Sebelum kamu siap menghadapi Tangga debus yang menanjak ke atas. Dari sini, lutut sudah mulai terasa lemas.

Menuju ke Pos 4

Sumber Gambar: Instagram @triatmojojalu

Menuju ke Pos 4, kamu akan disuguhkan dengan jalur bebatuan. Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 80 menit. Di sini, ada dua sungai yang mengalir. Bagi kamu yang pergi saat musim kemarau, lebih disaranakan untuk tidak berharap lebih. Jadi, jangan lupa bawa minuman yang cukup selama pendakian ya.

Sumber Gambar: Instagram @adnansamsule

Nah, di Pos 4 ini merupakan Sunrise Camp View yang bisa kamu nikmati adalah Merapi dan Merbabu yang benar-benar mempesona. Nah, di tempat ini sudah tidak ada sinyal. Bangunlah pukul 4 pagi untuk melihat keindahan milky way yang bisa kamu nikmati

Puncak

Sumber Gambar: Instagram @khusnij

Menuju ke Puncak Sejati kurang lebih membutuhkan waktu kurang lebih 3 jam menuju ke puncak sejati. Jalur yang harus kamu lalui masih seputar bebatuan dan juga trek yang cukup melelahkan. Biasanya para pendaki setiap 20 menit sekali akan berhenti dan mengatur nafas.

Sesampainya di atas puncak kamu akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengesankan. Lautan awan seakan menyambut dan memberikan ucapan selamat kepada kamu. Tidak hanya itu, di atas yang berupa bebatuan ini juga ditumbuhi dengan pepohonan. Kamu juga bisa memnafaatkan pepohonan ini sebagai salah satu spot foto yang menarik.

Sumber Gambar: Instagram @rukhy890

Kamu juga bisa melihat matahari tenggelam disini lho. jadi, sekali lagi campi di pos 4 kemudian, turun kebawah. Karena, sunrise dan sunsetnya sayang sekali untuk di lewatkan. Untuk waktu turun membutuhkan waktu 2 jam sampai 4 jam lamanya. Hati-hati karena, jalur turun biasanya lebih sulit daripada jalur naik. Saat turun kamu harus bisa mengatur kecepatanmu agar tidak terjatuh. Banyaknya jalur menurun membuat kamu harus bisa menggunakan rem alami kamu dengan baik.

Kesimpulan

Gunung sumbing menjadi daftar gunung yang harus kamu daki. Pemandangan mengesankan dengan trek.yang tak mudah bisa menjadi pembeelajaran untuk kamu. Bahwa keindahan itu tidak bisa diraih dengan hanya membalikkan telapak tangan. Jadi, sudah siap mendaki Gunung Sumbing via Mangli?