OUR NETWORK

Melihat Keindahan Gunung Sumbing Via Jalur Pendakian Butuh

Sumber Gambar: Google Maps @fadli andriawan

Gunung Sumbing via jalur Butuh menjadi jalur pendakian yang cukup unik dan mengesankan. Disini, kamu bisa melihat kurang lebih 13 sungai yang mengalir. Dengan trek yang menanjak, hanya sedikit bonus yang akan kamu temui. Oleh karena itu, sebelum kamu mendakinya, persiapkan diri terlebih dahulu mulai dari olahraga dan belajar bagaimana cara mengatur nafas dengan baik.

Kesulitan lain dari trek ini bila turun hujan. Jalanan akan sangat licin dan kabut tebal pasti akan turun. Jarak pandangnya pun hanya 1 meter sampai 3 meter lho. Tetapi, bila kamu bisa lolos ujian saat perjalanan menuju ke atas. Kamu akan mendapatkan pesona yang luar biasa. Seakan semua yang sudah kamu keluarkan terbayar lunas.

Menuju ke Basecamp Butuh

Basecamp Butuh terletak di Desa Butuh, kabupaten Magelang. Menuju ke lokasi kamu bisa memulainya dari Pasar Muntilan, sewa saja mobil untuk bisa mengantarkanmu menuju ke titik awal pendakian. Nah, bila kamu mendaki saat malam hari. Kamu tidak akan menemukan satu pun petugas di loket.

Oleh karena itu, kamu bisa bertemu dengan ketua RT setempat. Kamu bisa meminta izin yang biasanya disertai dengan surat keterangan sehat. Disarankan kamu jangan mendaki sendiri, karena pendakian via Butuh ini tidak terlalu diminati para pendaki. Jadi, sangat sepi dan berbahaya apalagi kalau mulai malam hari.

Untuk simaksinya kamu akan ditarik 25 ribu rupiah. Sudah termasuk tiket untuk dua orang dan satu kendaraan bermotor. Jangan lupa untuk berdoa terlebih dahulu sebelum mendaki agar selamat sampai ke atas.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: Google Maps @SETI YOKO

Menuju ke pos 1 kamu sudah dihadapkan dengan tanjakan yang cukup menguras tenaga. tetapi, pemandangan masih terlihat elok karena, ladang warga ini terlihat hijau dan menarik di mata. sebelum sampai di pos 1, kamu akan menemukan Tanjakan zig zag. Dimana, tanjakan ini benar-benar membuat lutut kamu lemas lho.

Sumber Gambar: Google Maps @udin coba

Perjalanan kurang lebih selama 1 jam. Menuju ke Pos 2, jalur mulai mendaki seperti sebuah tangga yang menanjak keatas. Jalur ini cukup menguras tenaga walaupun sedikit mudah untuk bisa ke puncak. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 45 menit. Biasanya para pendaki banyak yang lebih sering beristirahat.

Menuju ke Pos 3, jalurnya akan semakin seru dan menengangkan. Kamu harus melewati sebuah jalan sempit di mana kanan kamu adalah jurang. Ada lagi, trek yang membuat kamu harus melewati area sungai dan rerumputan. Sungguh, perjuangan yang benar-benar tidak mudah. tetapi, tetap nagih lho. Perjalanan kurang lebih selama 1 jam.

Pos 3 ini menjadi pos tersulit menurut kami Karena, jalur sungai yang harus kamu lalui beragam. Mulai dari yang harus melompat, menanjak dengan sudut kemiringan. Jadi, kamu harus hati-hati ya.

Menuju ke Pos 4 dan Pos 5

Inilah satu trek yang juga berbahay yang harus kamu lewati dipenghujung pos 3. Ada sebuah tebing yang sangat rawan sekali longsor. Kamu harus berhati-hati dan membutuhkan konsentrasi tinggi. Jangan terburu-buru untuk bisa sampai di pos 4. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam 15 menit.

Sumber Gambar: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Di Pos 4 kamu bisa mendirikan tenda disini. Tetapi, satu hal yang perlu diperhatikan adalah. Sumbing selalu diselimuti angin kencang dan badai yang mengerikan. Dan itu selalu terjadi di Pos 4. Jadi, pasang tenda yang benar agar saat datanag angin, tendamu tidak kabur begitu saja.

Dari Pos 4 menuju ke puncak jalur sudah semakin ramah. perlu waktu kurang lebih 1 jam 15 menit untuk sampai di Puncak Buntu. Bagi kamu yang ingin summit attack diharapkan untuk memulainya sekitar pukul 2 Pagi. Setidaknya, di puncak buntu kamu bisa mendapatkan pesona matahari terbitnya.

Puncak

Sumber Gambar: travel.kompas.com

Untuk melihat keindahan Gunung Sumbing kamu bisa mendaki lagi menuju ke Puncak Sejati. Disana, panorama 5 gunung ternama di jawa tengah bisa kamu saksikan di depan mata dengan lautan awan yang menawan.

Kesimpulan

Gunung Sumbing via Butuh memang membutuhkan kekuatan yang tidak mudah. Persiapkan fisikmu. Paling penting adalah konsesntrasi tingkat tinggi agar bisa menghadapi berbagai rintangan yang menakutkan. jangan takut dan panik. karena, kedua hal ini yang akan membuyarkan semuanya, walau sangat sulit melakukannya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…