in

Melihat Keindahan Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Slamet Via Kaliwadas Lama

Sumber Gambar: lintas24.com

Jalur Pendakian Kaliwadas Lama, menjadi sebuah jalur yang menyenangkan untuk kamu tempuh menuju ke puncak Slamet yang mempunyai tinggi 3428 Mdpl. Karena, saat ini sudah dibangun Jalur Kaliwadas Baru yang menjadi favorit para pendaki. Tetapi, bukan berarti jalur lama kurang greget ya.

Di tempat ini kamu akan memulai titik pendakian di ketinggian 1850 Mdpl. Jalurnya cukup menantang lho. Jadi persiapkan fisik kamu dengan baik, salah satu saran yang bisa diberikan adalah jangan paksakan diri. Karena, semakin memaksakan diri, energi semakin terkuras dan kamu sulit mencapai puncak.

Menuju ke Basecamp Kaliwadas Lama

Basecamp Kaliwadas Lama terletak di Desa dawehan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes. Menuju ke lokasi kamu harus masuk ke daerah Bumiayu. Naik kereta dan turun di Stasiun Bumiayu. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju ke Pasar Pengasinan. Kamu bisa sewa angkot menuju ke Lokasi Basecamp.

Untuk harga simaksinya per pendaki akan ditarik 15 ribu rupiah. Untuk tarif parkir 5 ribu rupiah per malam. Setelah mengurus semua perizinan mulai dari pendataan diri dan peserta mendaki. Peralatan yang di bawa kamu bisa memulai mendaki. Disini, juga ada porter untuk kamu yang bisa kamu manfaatkan.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: yukpiknik.com

Selepas Basecamp kamu bisa menikmati ladang warga dengan jalanan yang masih landai. tanahnya cukup padat sehingga, nyaman untuk dilalui. Selepas Tuk Suci, kamu harus siap dengan jalanan yang sebenarnya dengan tanjakannya yang benar-benar mengesankan. Sampai di Pos 1 kurang lebih 1 jam 15 menit.

Menuju ke Pos 2 kamu akan disuguhkan dengan Jembatan Taman Wlingi dimana, disini kamu akan disuguhkan dengan persimpangan jalan. Bila belok kanan, kamu bisa melihat sumur penganten yang konon dijadikan sebagai salah satu persyaratan dari pesugihan. Pilihlah jalur ke kiri, dari sini kamu bisa menempuh perjalanan 70 menit.

Menuju ke Pos 3 kamu akan disuguhkan dengan berbagai jalanan tanjakan yang membuat lututmu terasa lemas. Tidak heran bila waktu yang dibutuhkan bisa mencapai 135 menit lamanya. Nah, salah satu yang harus kamu perhatikan adalah banyaknya jalur percabangan. Pilihlah jalur lurus jangan belok kearah mana pun.

Menuju Ke pos 4 dan Pos 5

Sumberg Gambar: Instagram @gunungsalmet_

Masuk ke Pos 4 atau disebut dengan Igir Manis, jalanan tidak akan mudah. Sudut kemiringan sudah mencapai 60 derajat. Cukup mengesankan memang dengan jalanan yang seperti ini. Biasanya nafas mulai terengah-engah dan rasa lelah terus mengancam kamu.

Sumber Gambar: gunung.id

Tidak ada salahnya untuk membuka bekal makanan dan minuman di sela-sela perjalanan. Pepohonan menjulang tinggi menjadi sebuah pemandangan yang akan kamu nikmati sejak awal. Perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 60 menit lamanya.

Menuju ke Pos 5 kamu akan melewati jalur Gunung Malang. naik, turun, belok dengan tajam dan tanjakan yang seakan tidak akan ada habisnya. Jalurnya cukup panjang, sehingga kamu harus menghabiskan waktu kurang lebih 150 menit. Disinilah kesabaran para pendaki mulai diuji oleh banyak hal.

Menuju Pos Plawangan

Pos Plawangan adalah pintu masuk menuju ke Puncak Slamet. Biasanya, banyak para pendaki yang akan mendirikan tenda di tempat ini. Disini, kamu tidak akan menemukan pemandangan hutan. Melainkan area yang cukup luas. Dan puncaknya sudah mulai terlihat. Jangan lupa untuk segera mendirikan tenda, menikmati menu makan malam dan segera tidur. Perjalanan summit attack tidak mudah. Jadi, semakin pagi kamu bangun, semakin besar kamu bisa melihat pemandangan sunrise.

Puncak

Sumberg Gambar:Instagram @gunungsalmet_

Perjalanan menuju puncak memang tidak mudah, dimana kamu harus menaklukan jalur pasir yang tidak mudah. Perjalanan kurang lebih 3 jam sampai 5 jam. Oleh karena itu, kamu bisa mencoba summit attack pukul 12 malam yang paling direkomendasikan.

Sumber Gambar: seringjalan.com

Dari puncak jajaran Gunung seperti merapi, merbabu, sumbing, dan sindoro bisa kamu nikmati. Pesonanya memang layak untuk kamu perjuangkan. Apalagi, dengan sang fajar yang perlahan terlihat.

Kesimpulan

Pendakian Kaliwadas Lama memang cukup mengesankan. Walaupun, tidak mempunyai sumber mata air yang cukup. Jalur ini cukup nyaman untuk dilalui. Waktu tempuhnya kurang lebih 13 jam sampai 16 jam. Dengan waktu turun 7 jam sampai 9 jam. Jadi, sudah siap untuk menikmati Jalur Kaliwadas lama? Persiapkan logistiknya ya, terutama air minum.