OUR NETWORK

Melihat Keindahan Papua Dari Fakta Menarik Puncak Jaya Wijaya

Source Image: cintaihidup.com

Bukan rahasia umum lagi bila papua mempunyai keindahan bak surga. Negeri paling timur di Indonesia itu seakan memiliki segalanya. Mulai dari pesona bawah laut, pantai, adat istiadat, kuliner, hingga gunung yang wajib untuk dijelajahi. Gunung ini memang begitu unik dan menarik. Menjadi satu-satunya kawasan di Indonesia yang turun salju. Gunung tersebut adalah Jaya Wijaya.

Puncak Jaya sendiri berada di ketinggian 4884 mdpl yang menjadi Gunung Tertinggi di Indonesia. Tetapi, biasanya para pendaki hanya bisa sampai di puncak Cartenz saja. Untuk bisa mendaki, kamu harus berjuang sekuat tenaga menaklukkan trek yang disuguhkan. Selain itu, suhu dingin yang juga menjadi titik berat untuk bisa sampai di puncak.

Fakta-Fakta Menarik Mengenai Puncak Jaya Wijaya

Sumber: cintaihidup.com

Puncak Jaya Wijaya memang menjadi gunung yang mengesankan di Indonesia. Tetapi, tahukah kamu bila ada beberapa fakta yang harus kamu ketahui. Berikut ini adalah fakta-fakta menarik mengenai Gunung Jaya Wijaya.

  • Pendaki Pertama yang Mampu Berdiri di Puncak Jaya Wijaya

    Sumber: travel.tribunnews.com

Setiap gunung pasti punya sebuah sejarah yang sulit untuk dilacak. Salah satunya adalah siapakah pendaki pertama yang bisa mendaki gunung tersebut. Nah, untuk Puncak Jaya Wijaya sendiri pendaki pertama tercatat pada tahun 1962, atas nama Heinrich Herrer bersama dengan 3 anggotanya.

Setelah itu, Puncak Jaya Wijaya menjadi cukup dikenal oleh para pendaki lainnya. Tidak heran, setelah ini banyak nama yang mencatatkan diri mampu berdiri di puncak yang mencapai 4884 Mdpl ini.

  • Sebagai Seven Summit In The World

    Sumber: Instagram @gnfi

Sebuah gunung seperti mendapat sebuah penghargaan bila dijuluki Seven Summit. Nah, Gunung Jaya Wijaya menjadi salah satu seven summit di dunia. Dimana, jalur pendakiannya memang tidak mudah. Kamu memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Mental yang kuat dan semangat ingin sampai ke atas menjadi modal utama.

Penetapan seven summit, ditetapkan oleh reinhold yang didukung oleh banyak pendaki yang pernah mencoba menjelajah kawasan ini. Sayangnya, saat ini sedang terjadi sebuah perdebatan. Karena, Dick Bass menetapkan anggota ke 7 dari seven summit adalah Gunung kosciuzko.

  • Cuaca yang Ekstrim

    Sumber: liburanjamannow.blogspot.com

Bisa dikatakan Gunung Jaya Wijaya menjadi, gunung yang paling sulit untuk di daki. Dimana, banyak jalur bebatuan dan harus menggunakan webing. Jurang menganga, sehingga kamu tidak boleh salah sedikit saja dalam berpijak. Selain itu, cuaca ekstrem yang benar akan kamu rasakan.

Sumber: travel.tribunnews.com

Setelah tiba diketinggian 4000 mdpl, kamu bisa merasakan bagaimana hujan salju, hujan air, dan hujan es menjadi satu. Sungguh, kamu harus mempunyai fisik yang sangat kuat. Tidak bisa sembarangan. Selain itu, perjuangan lebih juga harus kamu lakukan. Terutama soal biaya yang tidak akan pernah murah.

  • Salju dan Gletser

Sumber: Instagram @exploredolan.id

Bisa kamu bayangkan Indonesia dengan suhu tropis dan panasnya mempunyai sebuah salju. Hal yang paling tidak masuk akal bukan? Sayangnya, di Gunung ini mempunyainya. membuat kamu bisa melihat bagaimana rasanya melihat salju. Bahkan, keadaan ini sudah terjadi sejak 300 tahun yang lalu lho.

Sumber: Instagram @beranjakdotcom

Selain itu, kamu juga bisa melihat salju abadi yang menjadi sumber air tawar yang tidak akan pernah habis sampai kapan pun. Bahkan, di beberapa gunung di pegunungan jaya wijaya sudah mulai meleleh. Puncak jaya wijaya masih mempunyai salju yang tidak akan leleh sama sekali.

  • Menjadi Pendakian Termahal di Dunia

    Sumber: Instagram @jeffhasibuan

Pendakian ini menjadi yang termahal di dunia karena, di atas puncaknya memiliki fosil satwa-satwa yang sangat langka. Selain itu biaya untuk mendakinya bisa mencapai 30 jutaan rupiah lho. maklum saja, trek yang harus kamu lalui tidak mudah. Bahkan menuju ke titik awal pendakian kamu harus naik pesawat perintis terlebih dahulu.

Selain itu, membutuhkan waktu berjam-jam bahkan bisa sampai hari lho. Memang melelahkan, Inilah alasan utama mengapa biaya menuju ke puncaknya sangat mahal

Kesimpulan

Bagi kamu yang mempunyai cita-cita bisa mendaki mount everest yang menjadi Gunung tertinghi di dunia. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendaki Puncak Jaya terlebih dahulu. Trek dan hal yang harus dilalui setidaknya hampir sama. Walaupun attmosfernya berbeda karena, berada di ketinggian 8000 mdpl. Jadi, sudah siap mendaki puncak jaya?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…