OUR NETWORK

Melihat Keindahan Perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Cumbri

Sumber: redaksi.pens.ac.id

Gunung Cumbri atau beberapa pendaki yang menyebutnya sebagai bukit cumbri. Menjadi puncak yang sempat viral beberapa waktu lalu. Kawasan ini berada di perbatasan antara Jawa Tengah melalui wonogiri, dan Jawa Timur melalui Ponorogo. Menariknya, letak gunung ini terbelah tepat di tengah. Sehingga, tidak heran bila banyak yang menyebutkan kawasan ini berada di Jawa Tengah. Tidak sedikit pula yang mengatakan berada di Jawa Timur.

Sumber: jejakpiknik.com

Sebenarnya, gunung ini tidak terlalu tinggi. Tidak lebih dari 2000 mdpl. Tetapi, untuk bisa mencapai puncaknya. Kamu harus punya mental yang cukup kuat. Kalau boleh disandingkan. Hampir mirip dengan Gunung Batu Jonggol. Tetapi, jalurnya lebih ekstrim sana.

Menuju ke Basecamp Cumbri

Basecamp Gunung Cumbri terletak di Desa Biting, Kecamatan Purwantoro, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Menuju ke Basecamp kamu tinggal mengikuti papan petunjuk menuju ke perbatasan antara wonogiri dengan Ponorogo. Sebelum gapura selamat datang di Provinsi Jawa Timur, ada jalan belok ke arah kiri.

SumberL travelspromo.com

Kamu bisa belok ke kiri dan ikuti saja, papan petunjuk yang sudah dipasang. Jalurnya berupa tanah dan bebatuan yang kurang ramah. Selain menanjak juga tidak rata jadi, kamu harus hati-hati dan perhatikan jalanan. Bila bingung kamu bisa bertanya kepada warga sekitar.

Basecamp Gunung Cumbri memang berbeda dari yang lain. Dimana, disini kamu hanya bisa melihat warung dan mushola. Disini kamu akan membayar simaksi sebesar 10 ribu rupiah. Bila ingin camping tambah biaya 7 ribu 5 ratus rupiah. Untuk biaya parkir permalam 5 ribu rupiah per kendaraan.

Sebelum mendaki, tidak ada salahnya untuk membeli beberapa kebutuhan logistik terutama makanan dan juga minuman. Karena, menuju ke puncaknya kamu tidak akan menemukan satu pun sumber mata air.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar Dari Instagram @mantri_tembak

Ketinggian Gunung ini kurang lebih 638 Mdpl. Memang terlihat kecil dan singkat. Tetapi, kalau kamu sudah mencobanya. Tetap memerlukan waktu 1 jam 40 menit sampai 2 jam 30 menit untuk bisa berdiri di atas puncaknya. Jalur yang harus dilalui sudah langsung menanjak.

200 meter dari warung, kamu sudah dihadapkan dengan trek hutan. Kalau kamu berangkat saat musim kemarau. Kamu akan disuguhkan dengan lahan yang tandus dan kering. Sehingga, debu-debu akan selalu bertebaran apalagi, kawasan ini mempunyai angin yang cukup tinggi dan sering berhembus.

Jalur yang harus kamu lalui, berkelok dan menanjak perlahan dengan bebatuan yang cukup melalahkan. Bila kamu berangkat saat musim penghujan, kawasan ini sedikit licin. tetapi, hijaunya pepohonan tampak mengesankan.

Tidak ada pos untuk tempat istirahat. Hanya saja, kamu bisa memanfaatkan beberapa bebatuan yang cukup besar untuk duduk dan menikmati air minum atau bekal yang sudah kamu bawa. Waktu terbaik untuk mendakinya adalah sore pukul 4 sore atau pagi pukul 3.30 pagi. Dimana, momen sunrise dan sunset bisa kamu dapatkan disini.

Pesona Puncak

Sumber: redaksi.pens.ac.id

Salah satu hal yang harus kamu nikmati disini adalah senja yang elok. Ditambah lagi dengan lautan awan yang benar-benar mempesona mata. Tetapi, sebelum kamu bisa naik ke puncaknya, kamu harus melewati jalanan yang cukup terjal dan sempit.

Sumber: superadventure.co.id

Tantangan lainnya adalah hembusan angin yang cukup kencang. Kamu harus berhati-hati dalam berpijak. Karena, salah sedikit adalah jurang. Perbukitan hijau di depan mata menjadi suguhan yang menarik saat kamu menjelajah kawasan ini. Saat malam hari, milky way menjadi salah satu panorama wajib yang bisa kamu nikmati lho. Menariknya, Gunung Cumbri sangat jarang terdapat kabut. Jadi, kemungkinan besar untuk mendapatkan panoramanya sangat besar.

Sumber: id.pinterest.com

Bagi kamu pendaki pemula, tidak ada salahnya lho untuk naik ke Gunung Cumbri. Tetapi, kamu harus berhati-hati terutama sewaktu turun dari puncaknya. Dimana, waktu turun membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam. Bagi kamu yang ingin camping dan ingin bermalam dengan menikmati malam di Cumbri, kamu bisa lho menyewanya di warung ini.

Kesimpulan

Gunung Cumbri memang mengesankan. Kapan pun kamu berkunjung menjadi satu sajian yang istimewa. Tetapi, kamu harus berhati-hati karena trek yang sulit terutama saat berada di puncak. Jangan lupa, bawa kembali sampahmu dan ambilah bila kamu menemukannya. Jadi, sudah siap berpetualang ke Gunung Cumbri?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…