in

Melihat Sisi Lain Pekalongan Dari Gunung Rogojembangan

Abyamandoro

Mungkin, nama Gunung Rogojembangan yang berada di ketinggian 2177 Mdpl masih terasa asing buat kamu. Maklum saja, gunung ini memang biasanya dikunjungi oleh pendaki Pekalongan saja. Dari luar hanya beberapa, biasanya mereka yang mendaki tempat ini adalah para pemula yang ingin melihat kemegahan Gunung Slamet.

Total waktu perjalanan yang dibutuhkan hanya 3 jam sampai 5 jam saja. Tetapi, kamu harus siap dengan berbagai tanjakan yang sudah ada di depan mata. Tetapi, percayalah tidak ada hasil yang mengkhianati usaha. Dimana, kamu bisa menikmati panorama yang megah dan sangat mengesankan ini.

Menuju Basecamp Gunung Rogojembangan

Dalam jalur pendakian Gunung Rogojembangan sebenarnya ada dua tempat. Pertama ada Desa Gumelem, Kecamatan Petungkriyon, Kabupaten Pekalongan dan Desa Simego, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Hanya saja, banyak yang memilih jalur Desa Gumelem karena lebih ramah dan tidak membingungkan.

Menuju ke Basecamp kamu perlu masuk ke wilayah Pekalongan terlebih dahulu. Kemudian, kamu bisa menggunakan mobil pickup yang ada disini. Untuk biayanya sendiri mencapai 600 ribu untuk pulang pergi. Tidak ada fasilitas yang bisa dilihat. Hanya beberapa warung, kamar mandi, area parkir, dan satu tempat istirahat pendaki. Untuk harga simaksimua kurang lebih 10 ribu rupiah per orang.

Jalur Pendakian

Sumber Gambar: Google Maps @Abyamandoro

Jalur pendakian Gunung Rogojembang mempunyai 3 pos. Menuju ke pos 1, kamu akan disuguhkan dengan jalanan perkampungan warga. Kamu bisa melihat banyak pertanian warga seperti kentang, sawi, kol, bawang merah. Kamu juga bisa melihat banyak petani yang sedang mengerjakan ladangnya.’

Cobalah sapa mereka, siapa tahu ada hadiah untuk kamu dibawa sampai ke puncak. Karena, warga penduduk cukup ramah dan baik-baik. Walaupun, kamu harus siap dengan bahasa dan logat ngapaknya. Seperti itulah keanekaragaman bahasa dan budaya Indonesia.

Sumber Gambar: Google Maps @Maza advertising

Perjalanan menuju ke Pos 1 bisa ditempuh dengan waktu 50 menit saja. Di Pos Watu Gugur ini, biasanya pendaki hanya berhenti 5 menit sampai 10 menit. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju Pos Icir Selogilang. Dimana, jalanan yang akan kamu nikmati begitu mudah dan landai.

Perjalanan menuju puncak rogojembang memang tidak menemui sumber mata air. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila kamu membawa air minum dari bawah. Serta beberapa perbekalan lainnya. Di pos 2 inilah banyak pendaki beristirahat, sembari menikmati berbagai menu makanan dan minuman yang mereka bawa.

Sumber Gambar: Google Maps @Kelana Jiwa

Nah, menuju ke Pos Pringgodani inilah jalur pendakian yang sebenarnya akan ditempuh. Kamu akan melihat tanjakan dengan sudut kemiringan hingga 80 derajat. Belum ada webbing seperti di beberapa pendakian gunung lain bila menemukan trek seperti ini.

Kamu bisa memanfaatkan akar dan ranting pohon yang berkeliaran kemana-mana. Tetapi, kamu harus hati-hati karena, akar ini bisa patah dan bila keseimbangan kamu kurang baik. Kamu bisa terjatuh.

Tantangan kamu tidak hanya sampai disitu saja. Disini, juga ada beberapa sumur yang tersamarkan, ada bambu-bambu yang juga sedikit menghalangi jalan. Nah, bagi kamu yang harus melakukan perjalanan malam diharapkan hati-hati.

Pesona Puncak

Sumber Gambar: Google Maps @Hara Permana

Semua lelahmu akan terbayarkan dengan sendirinya dimana, kamu bisa menikmati pemandangan indah dan menawan. Cobalah menengok ke bagian barat. Dimana, kamu bisa melihat pemandangan yang mengesankan Gunung Slamet yang tampak menjulang dengan gagahnya.

Pada saat matahari terbenam maupun terbit, kamu bisa menyaksikan rona yang berbeda dari biasanya. Langit biru yang seketika berubah menjadi orange. Pemandangan siluet yang benar-benar memanjakan mata bagi para pendaki yang mengunjunginya.

Sumber Gambar: Google Maps @Tora Sniper

Selain itu keindahan Kota Pekalonganjuga bisa kamu saksikan dari sini. Indah nian tempat ini. Bagi kamu yang melakukan perjalanan turun diharapkan hati-hati. Waktu tempuhnya mencapai 2 jam sampai 3 jam lamanya.

Nah, selama turun bila kamu beruntung, kamu bisa menikmati berbagai macam bunga kantong semar yang tersebar banyak disini. Dengan warna-warni yang membuat kamu terpukau. Tidak heran bila waktu yang dibutuhkan untuk turun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Kesimpulan

Perjalanan menuju ke Gunung Rogojembangan memang menarik dan asyik. Dimana, kamu bisa menikmati tumbuhan kantong semar yang jumlahnya cukup banyak. Trek yang dilalui juga cukup ramah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila kamu mencoba mendaki Gunung ini. Siapa tahu, kamu bisa menemukan jodoh disini?