in

Melihat Sumedang Dari Puncak Gunung Geulis

Sumber Gambar: sumedangtandang.com

Gunung Geulis, salah satu tempat yang menarik di Jawa Barat. Bagi kamu para pendaki pemula. Tidak ada salahnya untuk mencoba mendakinya. Ketinggiannya yang mencapai 1281 Mdpl membuat kawasan ini masih tergolong ramah lho. Walaupun, kamu harus mempersiapkan fisik dan juga kebutuhan logistik yang cukup.

Gunung Geulis mulai terkenal baru-baru saja, Maklum, tempat ini memang paling dikenal dengan nuansa mistisnya. Dimana, biasanya digunakan untuk mencari pesugihan dan lain-lain. Terlepas dari itu, kamu bisa melihat pemandangan yang benar-benar indah luar biasa. Jadi, sempatkan untuk naik keatas ya.

Menuju ke Basecamp Gunung Geulis

Sumber Gambar : Instagram @mt_geulis

Perjalanan menuju ke atas bisa kamu lakukan melalui Desa Jatiroke, atau lebih tepatnya dari SD Sinarjati. Menuju ke tempat ini kamu bisa masuk terlebih dahulu melalui kecamatan Jatinangor. Dari Terminal kamu bisa carter mobil dengan harga mulai dari 450 ribu rupiah.

Sesampainya, di Basecamp kamu akan diturunkan di rumah kepala Desa. Kamu bisa meminta izin. Belum ada biaya simaksi. Hanya saja, kamu wajib memberi uang kebersihan seikhlasnya. Setelah pendataan, kamu akan diberikan beberapa petuah. Apa saja yang tidak boleh kamu lakukan dan apa saja yang boleh.

Perhatikan benar, agar perjalananmu menuju ke Gunung Geulis aman, nyaman, dan menimbulkan kesan yang menyenangkan. Setelah semua administrasi selesai kamu bisa memulai perjalanan. Terkadang, kamu akan menemukan beberapa warga yang ingin naik keatas. Kamu bisa mengikuti jejak mereka. Tetapi, lebih disarankan untuk tetap mendaki sendiri.

Jalur Pendakian

Perjalanan pertama menuju ke atas, kamu akan disuguhkan dengan sebuah lapangan luas. Biasanya, anak-anak bermain di tempat ini. Selanjutnya, kamu akan disuguhkan dengan jalur berbatu dan berdebu. Jadi, disarankan untuk membawa masker dan kalau perlu kaca mata.

Karena, debunya cukup pekat lho. Maklum saja, disekitar tempat ini kamu masih bisa melihat aktivitas penambangan batu dan pasir. Kemudian, kamu akan disuguhkan dengan ladang warga. Bila kamu beruntung, para warga akan memberikanmu hasil dari ladang mereka lho.

Kurang lebih 30 menit, perjalanan untuk masuk di jalur hutan. Disini, kamu masih bisa menemukan jalur yang cukup landai. Tetapi, nafas sudah mulai terengah-engah. Walau, kekuatan masih cukup untuk melanjutkan perjalanan tanpa berhenti.

Sumber Gambar: Google Maps @Muhammad Tri Aditya

Kurang lebih 20 menit berjalan, kamu akan menemukan sebuah persimpangan jalan. Ambil jalur yang banyak bebatuan besar menuju ke puncak Kamu bisa berhenti sejenak di persimpangan dan bebatuan ini. Karena, setelah ini kamu akan menemukan jalur yang tidak mudah.

Tanjakan yang bisa mencapai 70 derajat akan kamu temui. jalur ini akan dipersulit dengan banyaknya, beberapa pepohonan yang tuimbang. Jalur ilalang-ilalang juga akan kamu temui. Setelah dari ilalang ini kamu akan menemukan pos 3. Nah, di pos ini kamu bisa beristirahat sebentar membuka bekal yang kamu bawa. Dari sini menuju ke puncak, membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam.

Pesona Puncak

Menuju ke Puncak trek yang harus kamu lalui tidak terlalu sulit, cenderungnya adalah landai. Bila kamu sudah menemukan area makam, maka bisa dipastikan kamu sudah mencapai ke titik puncaknya. Areanya sangat luas dengan banyaknya panorama ilalang-ilalang.

Sumber Gambar: Google Maps @Achmad Hussein Suparman

Samudera diatas awan juga bisa kamu nikmati disini. Saing luasnya, kamu bisa juga lho mendirikan tenda disini. Tetapi, banyak para pendaki yang lebih memilih untuk turun ke bawah. Padahal, pesona kabupetan Bandung, Sumedang, Kota Bandung sangat mengesankan di atas ini.

Sumber Gambar: Google Maps @jejakditianglangit.wordpress.com

Pemandangan matahari terbitnya juga tidak kalah mengesankan. Dari sini, kamu bisa melihat jajaran perbukitan yang cukup menawan. Biasanya di waktu-waktu tertentu, puncak ini akan ramai peziarah yang datang ke makam. Jadi, disarankan untuk tidak mengganggu mereka ya.

Kesimpulan

Gunung Geulis menjadi salah satu pendakian di Jawa Barat yang mengesankan dan juga menyeramkan. Karena, makan yang kamu temukan tidak hanya satu, ada dua makam. Terlebih lagi dengan cerita warga sekitar bila kamu memilih menggunakan guide menuju ke atas. Tetapi, bila kamu tidak melakukan pantangan yang diberikan kepala Desa perjalanan menuju ke Gunung Geulis menjadi hal yang paling menarik. Jadi, sudah siap menjelajah sampai ke puncaknya?