OUR NETWORK

Melihat Wonogiri Dari Puncak Gunung Gandul

Sumber: Youtube @Joko Jeje

Kalau berlibur di Jawa Tengah, jangan lupa untuk berkunjung ke Wonogiri, karena kawasan ini mempunyai tempat yang cukup menawan. Tempat tersebut adalah Gunung Gandul yang mempunyai tinggi 600 Mdpl. Dengan keindahan yang benar-benar luar biasa yang membuat kamu terpukau dan tidak bisa berkata apa-apa.

Sumber: tripjalanjalan.com

Perjalanan menuju ke atas pun tidak membutuhkan waktu lama hanya 30 menit sampai 45 menit saja. Di tempat ini pun kamu bisa menikmati sunset dan sunrise yang benar-benar mengesankan. Wajib kamu kunjungi dan abadikan ke dalam foto dan gambar. Jadi, jangan lupa bawa kamera kelas atas ya.

Menuju ke Gunung Gandul

Nama Gunung Gandul sendiri dalam bahasa jawa diartikan sebagai gantung. Karena, di puncaknya kamu bisa melihat tebing-tebing yang bisa kamu gunakan untuk berpijak. Gunung Gandul ini terletak di Kelurahan Giriwono. Menuju ke kawasan ini cukup mudah. Kamu hanya perlu masuk ke Wonogiri.

Bisa menggunakan Bus atau juga kereta api dengan masuk dahulu melalui solo. Kemudian, melanjutkan perjalanan menuju ke Stasiun Wonogiri. Dari sini, kamu bisa carter angkot yang biasanya ada di depan stasiun dengan harga mulai dari 300 ribu rupiah sampai 500 ribu rupiah.

Untuk harga simaksinya masih gratis dan hanya dikenakan biaya parkir sebesar 10 ribu rupiah. Di Basecamp sudah cukup banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati mulai dari Mushola, warung makan, kamar mandi.

Jalur Pendakian

Sumber: joglosemarnews.com

Jalur pendakian menuju puncak pun tidak terlalu sulit. Kamu akan disuguhkan dengan trek tangga yang sudah disusun rapi. Waktu terbaik untuk mendaki adalah pagi hari pukul 8 pagi atau sore hari pukul 4 sore. Kedua waktu ini memang paling difvoritkan pendaki. Lantaran, sinar matahari yang tidak terlalu menyengat.

Maklum saja, trek ke atas adalah ruang terbuka yang terdiri dari berbagai macam tebing yang mengesankan. Kamu bisa menikmati sedikit demi sedikit pemandangan perbukitan sekitar yang tampak mempesona bila kamu datang dimusim penghujan.

Sumber: inibaru.id

Menuju ke titik atas tidak ada warung yang menjual berbagai kebutuhsan logistik. Oleh karena itu, lengkapi semua kebutuhannya di bawah ya. Berjalan menyusuri tangga memang tidak semudah yang dibayangkan. Rasa lelah dan nafas terengah-engah menjadi kendala tersendiri untuk kamu terutama bagi para pemula yang jarang sekali olahraga.

Pesona Puncak

Sumber: Instagram @dhiki_86

Setelah terlepas dari tangga, kamu akan disuguhkan dengan trek bebatuan. Biasanya para pendaki akan beristirahat di jalur setelah tangga. Menikmati camilan dan meminum beberapa teguk air. Dari sini menuju ke puncak hanya membutuhkan waktu 15 menit saja dengan jalan berupa bebatuan.

Jalurnya memang sedikit menanjak, tetapi tidak licin dan cenderung sangat ramah untuk kamu para pemula. Sesampainya di atas puncak kamu bakal disuguhkan dengan pemandangan yang memang tidak biasa. Kamu bisa melihat bagaimana bangunan kota Wonogiri beserta jalan dan kendaraannya yang tampak kecil-kecil dari sini.

Sumber: travel.kompas.com

Selain itu, kamu juga bakal disuguhkan dengan keindahan Waduk Gajah mungkur bersama dengan jajaran Gunung. Meliputi Lawu, Lanang, Gajah Mungkur, dan waduk Tandon. Sebagian kecil Kota Sukoharjo juga bisa kamu lihat dari sini lho. Kalau kamu naik saat sore hari, kamu bisa melihat berapa indahnya pemandangan senja dari sini.

Di perjalanan turunnya pun juga cukup mengesankan dengan beberapa lampu-lampu yang menyala. Seperti sebuah bintang-bintang yang bertebaran. Nah, bagi kamu yang takut untuk mendaki Gunung Gandul saat musim penghujan, lebih baik diurungkan saja. Karena, tempat ini sangat cocok didaki di waktu apa saja.

Sumber: Youtube @Joko Jeje

Bila mendung gelap, lamu bisa langsung turun ke basecamp untuk berlindung. Walaupun, mudah dan mengesankan kamu harus tetap berhati-hati ya. Karena, di bawahnya adalah jurang yang menganga. Bila terlalu terlena, kamu bisa terjatuh. Apalagi, angin di tempat ini juga cukup besar lho. membuat keseimbangan kamu goyah.

Kesimpulan

Gunung Gandul adalah pesona wisata di Wonogiri yang tidak kalah menawannya. Jangan dilihat dari ketinggiannya. Tetapi, lihatlah dari apa yang diberikannya. Pesona dari berbagai Gunung memang membuat para pendaki merekomendasikan tempat ini untuk didaki. Jadi, kapan kamu akan berdiri di atas puncaknya? Jangan lupa bawa kembali sampah yang sudah kamu hasilkan ya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…