OUR NETWORK

Memacu Adrenalin di Air Terjun Ampar Jawa Yang Eksotis

Air Terjun Ampar Jawa terletak di Dusun Perbuak, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat. Air terjun ini memang belum lama dikenal sebagai saah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Landak. Sebagai salah satu objek wisata yang masih tergolong baru, namun masyarakat setempat tergolong sudah sangat tanggap tentang bagaimana cara mengelola air terjun tersebut. Sebagian dari masyarakat terutama anak-anak muda juga berinisiatif untuk menjadi pemandu wisata bagi para pengunjung agar tidak tersesat atau kesulitan ketika ingin berlibur.

Sumber: Instagram @____leeli

Adanya beberapa masyarakat yang menjadi pemandu wisata dikarenakan air terjun ini termasuk berada di pelosok desa dan jalur yang akan ditempuh tergolong sulit. Oleh karena itu, adanya para masyarakat yang menjadi pemandu wisata akan sangat membantu. Anda tidak perlu khawatir tentang biaya yang akan dikeluarkan, karena biaya untuk para pemandu wisata ini sangat terjangkau dan tergolong sangat murah. Ada pula masyarakat yang tidak ingin dibayar karena memang sedang kebetulan juga ingin menuju ke air terjun untuk mencari kayu maupun bahan-bahan yang lain.

Sumber: Instagram @gaslahdah

Karena pengelolaan tempat yang masih sangat minim, para pengunjung wajib untuk melapor ke penduduk setempat jika ingin naik mengunjungi air terjun. Hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja jika cuaca tiba-tiba sedang hujan deras, maka para penduduk dapat ikut mengawasi kondisi dan keadaan dari para pengunjung. Selain itu para penduduk setempat juga akan memberikan beberapa nasihat kepercayaan desa setempat kepada para pengunjung agar tidak melanggar adat istiadat yang telah mereka jaga.

Akses Menuju Air Terjun Ampar Jawa

Karena berada di pelosok desa, jalur untuk bisa sampai ke Air Terjun ampar Jawa tergolong cukup sulit. Anda hanya bisa menggunakan kendaraan roda dua karena jalan menuju ke air terjun tidak cukup untuk dilewati oleh kendaraan roda empat. Kondisi jalanan juga belum beraspal, jalanan masih terbuat dari semen dan tanah kuning sehingga cukup terjal. Bahkan anda juga harus melewati jalan yang menanjak dengan lebar jalan yang kurangdari dua meter.

Sumber: Instagram @teteh_jalan

Disarankan untuk sangat berhati-hati jika anda mengunjungi air terjun ini pada saat musim hujan. Hal ini dikarenakan kondisi jalanan akan becek dan tanah kuning yang ada akan membuat jalanan semakin licin. Tak jarang kendaraan roda dua dari para pengunjung sempat terjebak di kubangan tanah becek sehingga perjalanan terhambat. Kondisi seperti ini akan membuat perjalanan untuk sampai ke Dusun Perbuak semakin lama, kurang lebih membutuhkan waktu selama 3 – 4 jam.

Ketika sudah sampai di Dusun Perbuak, perjuangan anda masih harus berlanjut. Untuk sampai ke tempat tujuan anda masih harus melewati hutan dan mendaki perbukitan dengan berjalan kaki. Anda masih harus berjalan selama kurang lebih 2 jam untuk bisa menikmati keindahan dari Air Terjun Ampar Jawa, namun lelahnya perjalanan tidak akan terasa jika anda sudah sampai ke tempat tujuan.

Keindahan Pemandangan Dari Air Terjun Ampar Jawa

Sumber: Instagram @manauu_

Air terjun dengan ketinggian kurang lebih 70 meter ini memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Keindahan dari objek wisata ini tidak hanya akan anda dapatkan ketika sampai di tempat tujuan. Ketika anda melakukan perjalanan mendaki menuju air terjun, anda juga dapat menikmati keindahan alam yang lainnya. Terdapat Air Terjun Bananggar yang sangat mirip dengan Air Terjun Niagara, anda dapat menikmati pemandangan air terjun ini dari atas sembari beristirahat untuk melanjutkan perjalanan.

Ketika sudah sampai di Air Terjun Ampar Jawa, anda akan disuguhkan pemandangan yang sangat luar biasa. Jika anda beruntung anda bisa melihat awan mengelilingi air terjun yang akan membuat anda seperti berada di puncak gunung yang sangat tinggi. Selain itu anda juga dapat merasakan sejuknya kabut yang akan membuat suasana semakin menyenangkan dan menenangkan. Anda akan merasakan sejuknya udara yang masih terasa sangat alami.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…