OUR NETWORK

Menaklukkan Tantangan Menuju ke Air Terjun Sapoli yang Menawan

Source Image: senengkelayapan.com

Indonesia cukup beruntung dianugrahi dengan bentang alam yang sangat mengesankan oleh Sang Pencipta. Semua keindahan alam ada di Bumi Pertiwi, yang tersebar sari Sabang sampai Merauke, mulai deretan pantai yang eksotis, pegunungan yang tinggi menjulang, goa-goa yang indah, hingga air terjun dengan menghadirkan sejuta ketenangan. Di Timur Indonesia, tepatnya di Halmahera Utara, ada Air Terjun Sapoli dengan kondisi alam yang masih alami, jauh dari hingar bingar kehidupan. Namun, untuk menuju ke sana para wisatawan harus dihadapkan pada tantangan berupa medan yang cukup berat.

Lokasi dan Akses Menuju ke Air Terjun Sapoli

Sumber: senengkelayapan.com

Ditinjau secara administratif, Air Terjun Sapoli berada di Desa Samuda, Kecamatan Galela, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara. Dari ibu kota Halmahera Utara, Tobelo, jarak menuju ke Air Terjun Sapoli sekitar 30 km yang bisa ditempuh dengan waktu perjalanan kurang lebih selama 45 menit hingga 1 jam. Dari Tobelo, ambil rute menuju ke Bandara Gamarmalamo Galela, beberapa km jelang sampai di bandara perhatikan sisi kiri jalan hingga menemukan papan petunjuk arah menuju ke Air Terjun Sapoli. Ambil jalur ke kiri, ikuti petunjuk arah, lanjutkan perjalanan kurang lebih sejauh 3 km, dengan kondisi jalan yang kali ini lebih sempit dan tidak rata.

Sumber: senengkelayapan.com

Kendaraan bermotor tidak lagi bisa meneruskan perjalanan hingga menemukan plakat bertuliskan ‘Jalur Menuju Air Terjun Sapoli’. Nah, dari situlah petualangan yang sesungguhnya akan dimulai. Kondisi jalan yang tidak lagi memungkinkan memaksa wisatawan untuk melanjutkan perjalanan dengan cara trekking kira-kira sejauh 5 km, dengan memakan waktu tempuh 1,5 hingga 2 jam.

Sumber: senengkelayapan.com

Selama trekking, wisatawan akan melewati hutan belantara, menyebrangi dan menyusuri sungai, hingga melalui hamparan tanah gersang berpasir hitam. Benar-benar perjalanan yang menantang!

Saatnya Menikmati Keindahan Air Terjun Sapoli

Sumber: Instagram @stivemanyawa

Setelah melalui perjalanan yang panjang dan bermandikan keringat, sesampainya di Air Terjun Sapoli para wisatawan akan langsung disuguhkan pemandangan alam yang mempesona. Air terjunnya memang tidak terlalu tinggi, kira-kira hanya 7 meter dengan tebing yang berwarna coklat kehitaman. Namun, yang membuatnya unik adalah keberadaan dua aliran air yang jatuh secara bersmaan ke dalam telaga mungil di bawahnya, layaknya air terjun kembar.

Telaga di Air Terjun Sapoli tidak terlalu dalam, walaupun di musim penghujan, kira-kira hanya setinggi pundak orang dewasa. Namun, ketika musim kemarau tiba debit aliran di Air Terjun Sapoli tidak teralu deras, dan volume telaga itu pun menyusut drastis.

Berenang di Telaga

Sumber: Instagram @putrisampurno_

Usai bermandikan keringat dalam perjalanan, tentunya berenang di telaga adalah pilihan terbaik untuk menghabiskan waktu di Air Terjun Sapoli. Air yang terasa menyegarkan, ditambah suasana yang damai dan sunyi membuat siapa pun akan betah berlama-lama untuk berenang atau hanya bermain air di Air Terjun Sapoli.

Bagi wisatawan yang tidak membawa pakaian ganti, duduk-duduk bersantai di tepi telaga air terjun juga bisa menjadi pilihan. Apabila membawa smartphone atau kamera beresolusi tinggi, mengabadikan setiap landscape Air Terjun Sapoli dalam jepretan kamera adalah hal yang harus dilakukan. Sangat disayangkan apabila keindahan air terjun yang satu ini hanya dinikmati dengan pandangan mata sekilas.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sumber: Instagram

Setiap pengunjung yang ingin menikmati keindahan Air Terjun Sapoli hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar 10 ribu rupiah. Biaya yang tentunya sangat terjangkau, apabila dibandingkan dengan keindahan alam yang disuguhkan oleh Air Terjun Sapoli.

Sayangnya, fasilitas di air terjun ini belum terlalu memadai. Sampai saat ini belum tersedia toilet yang layak untuk para wisatwan, belum juga tersedia tempat sampah dalam jumlah yang memadai.

Penginapan

Lokasinya yang jauh di pelosok hutan membuat Air Terjun Sapoli tidak memiliki tempat penginapan di sekitarnya. Oleh sebab itu, satu-satunya cara apabila ingin bermalam di Air Terjun Sapoli adalah dengan cara mendirikan tenda dan berkemah. Untuk tenda harus mempersiapkannya sendiri, karena tidak ada pula tempat penyewaan tenda di sekitar lokasi.

Itulah sekilas tentang cerita Air Terjun Sapoli dengan trek yang cukup menantang. Melihat kondisi yang ada, air terjun ini sangat cocok bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta alam.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…