OUR NETWORK

Menantang Adrenalin di Curup Anggal Lampung, Kamu Harus Coba!

Lampung itu punya alam yang eksotis, sekaligus menawan, dan bisa menghipnotis siapa saja yang singgah mengunjunginya. Untuk kamu para traveler, banyak tempat-tempat indah yang bisa kamu kunjungi ketika berada di Lampung. Untuk kamu para pecinta alam dengan suasana hening ditambah keindahan air terjunnya, berkunjung ke kabupaten Way Kanan adalah pilihan yang tepat. Tahu kenapa alasannya? Ya, Way Kanan adalah kabupaten yang memiliki banyak air terjun cantik, sehingga tak heran jika daerah yang satu ini dinamakan sebagai Negeri Seribu Air Terjun. Di sana kamu bisa menemui Air Terjun Putri Malu, Bukit Duduk, Gangsa, Kinciran, Curup Sembilan, hingga Air Terjun Anggal atau Curup Anggal. Dari sekian air terjun, semuanya memiliki keunikan tersendiri dan tak sama antara air terjun yang satu dan yang lainnya.

Sumber: yopiefranz.id

Bicara soal Way Kanan, kali ini kita akan membahas soal Air Terjun Anggal, karena konon untuk menuju ke sana dibutuhkan mental dan tekad yang kuat, ditambah adrenalin yang tinggi. Dari pada penasaran, langsung saja simak ulasan mengenai Curup Anggal yang berikut ini.

Lokasi Curup Anggal

Sumber: Instagram @rahmat_ronaldo

Secara administratif, Curup Anggal berada di Dusun 8 Talang Kisam, Suka Negeri, kecamatan Gunung Labuhan, kabupaten Way Kanan, Lampung. Lokasinya yang masih cukup tersembunyi dan akses yang kurang memadai membuat para pengunjung harus menggunakan kemampuan berkomunikasi dengan warga lokal untuk menanyakan keberadaan lokasi air terjun yang satu ini. Dari Dusun 8 Talang Kisam, para pengunjung masih harus menempuh perjalanan sejuah 2 km menuju ke lokasi air terjun. Mereka bisa menggunakan sepeda motor, namun akan lebih baik jika berjalan kaki sembari menikmati kesejukan alam pedesaan.

Sumber: yopiefranz.id

Beberapa meter jelang sampai di lokasi air terjun, para pengunjung akan dihadapkan pada turunan yang cukup curam dan licin. Disinilah, adrenalinmu akan diuji, tergelinci dan terperosok adalah hal yang lumrah terjadi di tempat tersebut. Tapi tenang, tak perlu risau karena kamu tidak dihadapkan pada kedalaman jurang di sebelah kanan dan kiri. Kemudian, para pengunjung juga harus melewati sungai sebelum akhirnya sampai di tujuan utama, Curup Anggal. Sungainya pun tak terlalu dalam, hanya selutut orang dewasa, sehingga akan semakin menambah seru sensasi petualangan menuju ke Curup Anggal.

Keindahan Curup Anggal

Sumber: Instagram@rahmat_ronaldo

Curup Anggal adalah air terjun yang tidak terlalu tinggi, karena hanya memiliki ketinggian sekitar 10 meter, dengan lebar sekitar 15 meter. Keunikan dari air terjun ini adalah aliran airnya yang nampak begitu rapi menyerupai tirai alam, yang mengalir dari hulu ke hilir dengan membawa suara dan pesan-pesan alam yang mendamaikan suasana. Oh ya, air di Curup Anggal terkadang akan berubah warna menjadi keruh kecoklatan jika hujan deras mengguyur. Oleh sebab itu, waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah di musim kemarau, di mana airnya masih sangat jernih dan terlihat sangat menyegarkan.

Fasilitas di Curup Anggal

Karena tidak dikelola sedemikan rupa, tidak ada fasilitas yang disediakan di Curup Anggal, sehingga tempat tersebut masih benar-benar alami. Oleh karena itu, sebelum berkunjung ke lokasi persiapkan terlebih dahulu perbekalan dari rumah, terutama air mineral. Sementara itu, tidak adanya fasilitas penunjang sebenarnya adalah hal yang sangat disayangkan, karena dengan keindahan dan keunikan yang dimilikinya, Curup Anggal menyimpan potensi wisata yang sangat besar dan mungkin akan mampu menyedot banyak minat para wisatawan. Bahkan tidak berlebihan jika Curup Anggal bisa dijadikan salah satu destinasi wisata favorit di kabupaten Way Kanan.

Jangan Lupa Menikmati Sajian Kopi Lokal

Sumber: yopiefranz.id

Setelah puas menikmati panorama di Curup Anggal, jangan lupa untuk menikmati sajian kopi lokal yang banyak tersedia di warung kopi sekitar Desa 8 Talang Kisam. Tidak seperti kopi pada umumnya, kopi lokal Way Kanan memiliki aroma yang unik dan rasa yang lebih lembut. Kamu bakal ketagihan jika telah merasakan kopi khas Way Kanan.
Bagaimana, tertarik berkunjung ke Curup Anggal? Buruan siapkan cutimu, dan mulailah perjalanan menjelajah ke Way Kanan dan merasakan langsung kesegaran Air Terjun Curup Anggal.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…