Menelusuri Keajaiban Alam: 5 Destinasi Wisata Imperdible di Kintamani, Bali

Bali, dengan pesonanya yang tak tertandingi, tak pernah kehabisan destinasi menakjubkan untuk dieksplorasi. Kintamani, salah satu bagian Bali yang menawarkan keindahan alam yang memukau, menjadi surga bagi para pelancong yang mencari petualangan dan kedamaian. Dari pemandian air panas yang menenangkan hingga pemandangan matahari terbit yang memukau, Kintamani memiliki banyak destinasi wisata yang tak boleh dilewatkan. Berikut adalah tujuh tempat yang mempesona dan wajib dikunjungi di Kintamani.

1. Hutan Wisata Pinus Br. Glagahlinggah

Sumber Gambar: homecare24.id

Hutan Wisata Pinus Br. Glagahlinggah merupakan surga alami yang menakjubkan di Kintamani, Bali. Dikelilingi oleh pepohonan pinus yang tinggi menjulang, hutan ini menawarkan pengalaman yang menyejukkan bagi pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang memikat. Terletak di lereng Gunung Batur, atmosfer yang tenang dan udara segar menjadikan tempat ini sebagai tempat yang sempurna untuk melepaskan penat dan menikmati keindahan alam.

Keunikan Hutan Wisata Pinus Br. Glagahlinggah terletak pada jajaran pepohonan pinus yang menjulang tinggi membentuk kanopi rindang di atasnya. Sinar matahari yang menyusup di antara dedaunan pinus menciptakan permainan cahaya yang menakjubkan di bawahnya. Tempat ini menjadi pilihan yang ideal bagi para pecinta alam, fotografer, dan mereka yang menginginkan momen kebersamaan dengan alam yang indah.

Selain menikmati keindahan alam yang menawan, pengunjung dapat menjelajahi hutan ini dengan berjalan kaki atau bersepeda. Rute hiking atau trekking tersedia untuk memungkinkan pengalaman yang lebih dekat dengan alam. Suara angin yang berbisik di antara pepohonan dan aroma segar pinus yang menyelimuti udara menjadi pelengkap sempurna selama menjelajahi hutan ini. Pengalaman yang menenangkan dan pemandangan yang memukau menjadi magnet bagi wisatawan yang mencari ketenangan dan keindahan alam yang autentik.

Hutan Wisata Pinus Br. Glagahlinggah tidak hanya menjadi tempat rekreasi, tetapi juga menjadi tempat untuk menghargai keajaiban alam yang belum tersentuh di Kintamani. Bagi mereka yang mencari ketenangan, kedamaian, dan keindahan alam, hutan pinus ini menawarkan pengalaman yang memukau dan mengesankan.

AlamatQ827+2CM, Jl. Manikliyu, Kintamani, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali 80652

2. Toya Devasya

Sumber Gambar: kintamani.id

Toya Devasya, yang terletak berdampingan dengan Batur Natural Hot Spring di Kintamani, menawarkan pengalaman rekreasi yang menggabungkan keindahan alam Danau Batur dengan fasilitas air panas yang memikat. Dengan delapan kolam air panas dan satu kolam renang hangat berukuran olimpiade, tempat ini menjadi daya tarik utama bagi para pengunjung yang ingin menikmati relaksasi yang mendalam. Sebagai bagian dari Toya Devasya Geopark Resort and Villas, pemandian air panas ini menyajikan lebih dari sekadar fasilitas air panas, melainkan juga berbagai kegiatan dan fasilitas menarik lainnya.

Selain kolam-kolam air panas yang mengundang, Toya Devasya menawarkan beragam kegiatan seperti hiking, bersepeda, bermain kano, kayaking, serta tur jeep dan jet ski yang memikat. Fasilitas lainnya termasuk aktivitas ekstrim seperti flying fish dan banana boat, juga tersedia restoran, kafe, bar, dan beragam pilihan makanan dan minuman yang lezat. Pengunjung juga dapat merasakan keasyikan spa, outing, dan kegiatan team building.

Dengan beragamnya pilihan yang ditawarkan, menghabiskan waktu di kolam air panas Toya Devasya bisa menjadi pengalaman penyegaran setelah menjelajahi berbagai kegiatan seru di kompleks tersebut. Untuk memasuki area ini, tiket masuk tersedia dengan harga Rp90.000 untuk dewasa, Rp60.000 untuk anak-anak, dan tarif khusus bagi turis asing sebesar Rp180.000 hingga Rp270.000. Jadi, bagi siapa pun yang menginginkan kombinasi sempurna antara relaksasi dan petualangan, Toya Devasya menawarkan pengalaman yang tak terlupakan di tengah keindahan alam Kintamani.

Alamat: Central Batur, Kintamani, Bangli Regency, Bali

3. Desa Adat Penglipuran

Sumber Gambar: instiki.ac.id

Desa Adat Penglipuran di Bali adalah tempat yang menghadirkan keindahan alam dan kearifan budaya yang memikat. Arsitektur tradisionalnya yang menggunakan material alami seperti batu, daun pisang, dan ukiran pintu menciptakan daya tarik unik. Selain pesona fisik bangunan, keberlanjutan tradisi dan nilai-nilai luhur seperti gotong royong dan Tri Hita Karana—prinsip keseimbangan antara manusia, Tuhan, dan alam—menjadi ciri khas masyarakatnya.

Desa Penglipuran juga dikenal secara global karena kebersihan dan kelestarian lingkungannya. Penghargaan yang diterimanya seperti ISTA dan menjadi bagian dari Sustainable Destinations Top 100 menegaskan komitmen mereka terhadap keberlanjutan. Larangan kendaraan bermotor di dalam desa adalah salah satu langkah nyata dalam menjaga kebersihan dan memelihara keasrian lingkungan, yang menjadikan Penglipuran sebagai destinasi istimewa yang memadukan keunikan budaya dan keindahan alam Bali.

AlamatJl. Penglipuran, Kubu, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli, Bali 80611

4. Pinggan Sunrise Spot

Sumber Gambar: Google Maps @dewanyoman.a

Pinggan Sunrise Spot di Kintamani, Bali, menjadi destinasi yang menarik bagi para pecinta keindahan matahari terbit. Tempat ini menawarkan pengalaman yang memikat, terutama bagi mereka yang mengagumi keajaiban alam saat matahari naik di ufuk timur. Untuk merasakan momen magis ini, disarankan untuk tiba sebelum matahari mulai terbit, sekitar pukul 05.30 pagi. Namun, disarankan juga untuk menghindari kunjungan selama musim hujan agar dapat menikmati pemandangan yang lebih sempurna.

Pesona yang ditawarkan oleh Pinggan Sunrise Spot sungguh memukau. Pemandangan matahari terbit yang memancarkan cahayanya dengan latar belakang Gunung Batur menciptakan suasana yang tak terlupakan. Kesempatan untuk menyaksikan lautan awan yang memperindah langit menjadi daya tarik tambahan bagi pengunjung yang beruntung. Keindahan alam yang ditampilkan di spot ini tidak hanya menjadi pengalaman visual semata, tetapi juga memperkaya pengalaman spiritual dan emosional para pengunjung yang menyaksikannya.

AlamatQ9Q7+WW5, Pinggan, Kintamani, Bangli Regency, Bali 80652

5. Air Terjun Langgahan

Sumber Gambar: Google Maps @Nengah Ade

Air Terjun Langgahan, dengan ketinggian sekitar 30 meter dan belasan undakan air terjun, menawarkan pesona alam yang memikat di lereng bukit yang masih alami. Tiket masuknya sebesar Rp 10.000 per orang, ditambah biaya parkir Rp 3.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Keunikan dari Air Terjun Langgahan terletak pada lebih dari 10 titik sumber air yang menjadikannya berbeda dengan air terjun lainnya, menciptakan daya tarik yang semakin istimewa.

Selain keindahan alamnya, Air Terjun Langgahan memiliki nilai spiritual bagi masyarakat Hindu. Tempat ini sering digunakan sebagai lokasi Melukat, sebuah ritual pembersihan diri secara spiritual. Kawasan ini menyediakan area khusus untuk pelaksanaan ritual Melukat. Bagi pengunjung yang ingin bermain air, sungai di bawah Air Terjun Langgahan menawarkan kedalaman yang dangkal dan arus yang tenang, cocok untuk anak-anak bermain air dengan aman.

Dengan jam buka 24 jam setiap hari, Air Terjun Langgahan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara pukul 08.00 hingga 15.00 WITA, memungkinkan para wisatawan untuk menikmati keasrian air terjun dan kesejukan lingkungannya dalam rentang waktu yang optimal.

Selain keindahan alamnya, Air Terjun Langgahan memiliki nilai spiritual bagi masyarakat Hindu. Tempat ini sering digunakan sebagai lokasi Melukat, sebuah ritual pembersihan diri secara spiritual. Kawasan ini menyediakan area khusus untuk pelaksanaan ritual Melukat. Bagi pengunjung yang ingin bermain air, sungai di bawah Air Terjun Langgahan menawarkan kedalaman yang dangkal dan arus yang tenang, cocok untuk anak-anak bermain air dengan aman.

Dengan jam buka 24 jam setiap hari, Air Terjun Langgahan memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk menikmati keindahan alamnya. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah antara pukul 08.00 hingga 15.00 WITA, memungkinkan para wisatawan untuk menikmati keasrian air terjun dan kesejukan lingkungannya dalam rentang waktu yang optimal.

AlamatM7MC+2XF Banjar Langgahan Kangin Langgahan, Kabupaten, Kintamani, Bangli Regency, Bali 80572

Kintamani di Bali adalah surganya keajaiban alam yang tak terlupakan. Setiap destinasi menawarkan pengalaman yang unik dan memikat bagi para pelancong yang haus akan petualangan dan keindahan alam. Jelajahi keindahan ini dan biarkan diri Anda terhanyut oleh keajaiban alam yang memukau.

Bali selalu memberikan kejutan yang tak terduga, dan Kintamani dengan segala pesonanya adalah bukti nyata betapa alam mempesona dan menakjubkan. Jadi, jangan ragu untuk mengeksplorasi setiap sudut keindahan yang ditawarkan Kintamani saat Anda berada di Bali!

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.