OUR NETWORK

Menikmati Keasrian dan Kesejukan di Krueng Geunie, Aceh

Source Image: Instagram @amin_beteng

Dalam Bahasa Aceh, Krueng memiliki arti ‘Sungai’. Krueng Geunie memang merupakan sebuah sungai yang banyak dikunjungi wisatawan, terlebih pada akhir pekan dan saat libur lebaran. Sudah barang tentu Krueng Geunie tidak seperti sungai-sungai yang ada di daerah perkotaan di Pulau Jawa yang keruh, penuh dengan sampah dan terkadang airnya berwarna hitam karena tercampur dengan limbah.

Sumber: aceh.tribunnews.com

Krueng Geunie seperti halnya mayoritas sungai-sungai yang ada di Aceh, dialiri oleh air yang jernih. Sungai-sungai tersebut berhulu di pegunungan Aceh Besar dan bermuara di Selat Malaka dengan fisiografi bergunung, berbukit, bergelombang dan datar.

Sungai ini menjadi sangat menarik untuk dikunjungi karena selain memiliki air yang jernih juga diselimuti panorama alam yang menawan. Ditambah lagi dengan fisiografinya yang datar sehingga aman untuk dipakai mandi dan berenang, tidak terkecuali bagi anak-anak.

Rute Menuju Krueng Geunie

Berlokasi di Gampong Lhok Keutapang, Kecamatan Tangse, Kabupaten Pidie, Krueng Geunie tidak sulit untuk dikunjungi. Karena meskipun di daerah gampong atau pedesaan, namun jalan yang menuju ke lokasi sebagian besar sudah berlapis aspal dan hanya sebagian kecil saja yang masih beralas tanah, itupun kondisinya cukup representatif untuk dilewati kendaraan bermotor.

Sumber: Instagram @amynrib_

Wisatawan yang ingin berkunjung ke objek wisata ini harus terlebih dahulu menuju ke Kabupaten Pidie. Setelah memasuki Pidie, jangan menuju ke Kota Sigli yang menjadi ibukota dari kabupaten ini, melainkan ke Kota Beureunuen.

Sesampai Beureunuen, arahkan kendaraan menuju Geumpang, Meulaboh dan pacu kendaraan selama kurang lebih 45 menit. Dalam perjalanan, Anda akan melewati Lameulo dan Keumala sebelum akhirnya bertemu dengan jalan yang menuju ke Tangse. Letak Krueng Geunine ini tepat sisi sebelah kanan jalan yang menuju ke Tangse tersebut.

Pesona Krueng Geunie yang Bikin Betah

Sumber: Instagram @amin_beteng

Sesampai di lokasi, Anda tidak perlu bingung mencari tempat penjualan tiket, karena objek wisata yang satu ini memang masih belum dikelola secara profesional, sehingga dapat dikunjungi secara gratis. Hanya saja, bagi yang membawa kendaraan, tetap dikenai ongkos parkir sebagai imbalan jasa bagi petugas yang telah menyediakan lahan parkir plus menjaga keamanan kendaraan.

Karena belum dikelola secara profesional di sini juga belum tersedia fasilitas-fasilitas sebagaimana halnya objek-objek wisata yang berbayar. Namun kalau hanya sekedar mencari makanan dan minuman bukan hal yang sulit, karena terdapat beberapa warung. Apalagi pada akhir pekan atau saat musim liburan, jumlah pedagang makanan dan minuman bisa bertambah dua kali lipat.

Sumber: festivaljalanjalan.com

Di lokasi wisata, Anda akan disambut oleh hamparan sungai dengan air yang jernih yang di kanan kirinya dipenuhi batu-batu kerikil dan batu-batu kali dengan berbagai macam bentuk dan ukuran. Saat mata memandang ke kejauhan, akan terlihat kalau Krueng Geunie ini diapit oleh dinding bebukitan yang dipenuhi tumbuh-tumbuhan dan pepohonan hijau.

Indahnya panorama yang tersaji di kawasan lokasi wisata menjadi semakin lengkap dengan sejuknya udara serta semilirnya angin. Pikiran yang penat seketika akan menjadi fresh kembali dengan menikmati pemandangan alam yang disuguhkan Krueng Geunie, begitu juga dengan udaranya yang sejuk, akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama.

Sumber: Instagram @ah.zulfiadi

Berkunjung ke sungai yang satu ini, sudah barang tentu tidak cukup dengan hanya menikmati viewnya yang menawan, tapi juga wajib menikmati airnya yang dingin dan segar. Karena itu, hampir semua wisatawan yang berkunjung ke sini selalu menyempatkan diri untuk mandi, tidak terkecuali anak-anak.

Fisiografi sungai yang datar ditambah arus sungai yang cenderung tenang membuat Krueng Geunie aman untuk dipakai mandi anak-anak tanpa perlu penjagaan dari orang tua. Bagi anak-anak, mandi di sungai ini tentu akan menjadi pengalaman yang sulit untuk dilupakan dibandingkan mandi di kolam-kolam buatan.

Sumber: Instagram @arisriadi20

Dengan pesona yang disuguhkannya, tidak heran jika Krueng Geunie merupakan tujuan wisata yang ideal bagi keluarga. Mereka yang datang biasanya membawa bekal sendiri untuk disantap bersama-sama di pinggir sungai atau di bawah rindang pepohonan.

Selain itu, banyak pula rombongan anak muda yang datang ke sini, baik hanya untuk mandi di sungai dan menikmati keindahan alam maupun untuk merayakan acara syukuran. Seringkali rombongan anak muda tersebut datang dengan membawa ikan, daging ayam atau daging kambing.

Mereka membakar atau memasak ikan, ayam dan daging kambing tersebut di pinggir sungai untuk kemudian dimakan bersama-sama sambil menikmati keindahan panorama sekeliling. (*)

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…