OUR NETWORK

Menikmati Keindahan Danau Kapalo Banda Taram, Payakumbuh dengan Naik Rakit

Source Image: objek-wisata-kapalo-banda-taram.business.site

Kapalo Banda Taram, Payakumbuh – Sumatera Barat yang terkenal dengan Malin Kundangnya kini mempunyai destinasi wisata seru yang dapat kamu kunjungi yakni Kapalo Banda Taram. Bagi orang awan, Kapalo Banda Taram dikenal dengan nama Pulau Banda Kampung Taram. Terletak di kawasan dataran tinggi Payakumbuh yang masih bagian dari Bukit Barisan Sumatera Barat, Kapalo Banda Taram dikelilingi perbukitan. Tempat wisata satu ini merupakan sebuah danau yang menjadi favorit bersantai bersama keluarga maupun teman-teman. Berawal dari sebuah bendungan yang digunakan untuk irigasi persawahan masyarakat sekitar, kini Kapalo Banda Taram menjadi potensi wisata di Payukumbuh. Menariknya, Kapalo Banda Taram ini mulai dikenal dan banyak dikunjungi wisatawan karena gambar pemandangannya yang indah tersebar di media sosial.

Sumber: Instagram @macaronisue

Keindahan Kapalo Banda Taram

Sumber: objek-wisata-kapalo-banda-taram.business.site

Berada di Kabupaten Lima Puluh Kota, Kapalo Banda Taram menghadirkan panorama danau yang dikelilingi bukit-bukit hijau yang elok. Panorama hijau dan sejuk tersebut berpadu dengan bentangan sawah yang lokasinya tak jauh dari hutan. Oleh karena itulah, ketika berada di Kapalo Banda Taram kamu dapat merasakan suasana yang terasa begitu nyaman dan menyegarkan.

Sumber: sarjanakata.com

Keindahan ini dilengkapi dengan pepohonan asri di sekitar danau lengkap dengan suara gemericik air yang membuat betah berlama-lama. Tidak hanya itu, di danau ini kamu dapat naik rakit yang disewakan penduduk setempat. Kamu dapat merasakan sensasi berkeliling danau dengan semilirnya angin sambil berdiri di atas rakit dan mengayuhnya dengan dayung bambu. Tarif yang dikenakan untuk menyewa rakit adalah Rp 15.000 – Rp 20.000 per jam.

Sumber: Instagram @fransiska254

Tidak hanya menikmati pemandangan danau menggunakan rakit, di destinasi wisata satu ini kamu dapat berziarah ke makam dan Surau Tuo. Tak jarang juga di sini kamu dapat menjumpai aktivitas berburu babi yang diadakan setiap hari Rabu. Untuk bagian fasilitas penunjang, memang belum dapat ditemukan di objek wisata satu ini. Namun kamu bisa membeli makanan dan minuman ringan yang dijual di warung-warung yang berada di sekitar lokasi danau.

Sumber: Instagram @exploredolan.id

Jam Buka dan Harga Tiket Masuk Kapalo Banda Taram

Kapalo Banda Taram buka setiap hari dari pukul 08:00 hingga 17:28. Untuk menikmati segala keindahan di Kapalo Banda Taram, kamu cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Akses Menuju Kapalo Banda Taram

Sumber: Instagram @farel_lumintang32

Kapalo Banda Taram  terletak di Kanagarian Taram, Kecamatan Harau, Payukumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat 26271. Dari kota Payukumbuh, Kapalo Banda Taram berjarak kurang lebih 11 kilometer. Jika kamu tertarik ke danau ini maka dari Simpang Batu Balang ikutilah jalan ke arah Pilubang kurang lebih 7 kilometer. Kamu pun tak perlu khawatir, akses jalan menuju lokasi sudah beraspal. Namun berhati-hatilah ketika sudah dekat lokasi danau karena jalannya sempit dan masih berupa tanah keras.

Tips Berkunjung ke Kapalo Banda Taram

  1. Bawalah baju ganti untuk berjaga-jaga jika kamu tercebur saat naik rakit.
  2. Jangan lupa membawa kamera karena pemandangan danau dari atas rakit sangat indah dan mengagumkan.
  3. Buanglah sampah di tempat yang sudah disediakan.

Jika berkunjung ke Payakumbuh, jangan lewatkan untuk mampir di Kapalo Banda Taram. Dengan pemandangan danau yang dikelilingi bukit yang dapat kamu nikmati dengan naik rakit, tentunya akan membuat liburanmu berkesan. Dikarenakan terletak di kawasan perbukitan, udara di danau ini sangat segar dan sejuk sehingga dapat menghilangkan rasa penat dan lelah.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…