in

Menikmati Keindahan Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Slamet Via Guci

Sumber Gambar: Google Maps @Cungkring Guci Koplak

Saat datang liburan memang paling asyik untuk mendaki Gunung. Salah satu yang bisa kamu nikmati adalah Puncak Slamet yang mempunyai panorama luar biasa. Tetapi, untuk bisa menikmati keindahan diatas ketinggian 3428 Mdpl ini, kamu harus berjibaku terlebih dahulu dengan tanjakan-tanjakan yang luar biasa.

Salah satu titik pendakian yang akan kami jelajahi kali ini adalah Via Guci. Dimana, tempat ini memiliki Posko bernama, Posko Kompak dan Posko Gupala. Banyak pendaki yang memilih tempat ini sebagai jalur awal. Menariknya, setelah selesei menikmati pemandangan di atas gunung. Kamu bisa relaksasi dengan mandi di pemandian Guci. menyenangkan sekali bukan?

Menuju ke Basecamp Via Guci

Menariknya di pos pendakian ini adalah, ada banyaknya kamar penginapan yang bisa kamu sewa. Bahkan, beberapa dari mereka ada yang menawarkan guide, porter, sampai jasa antar ke Pemandian Guci. Di Basecampnya sendiri fasilitas yang diberikan cukup nyaman, ada warung, kamar mandi, tempat istirahat, mushola dan juga area parkir yang luas.

Untuk biaya simaksinya mencapai 15 ribu per orang. Karena, merupakan jalur yang panjang. Biasanya setiap pendaki akan di data sesuai dengan KTP. Mereka juga diberikan arahan agar bisa selamat sampai tujuan, Bahkan untuk memudahkan identifikasi bila terjadi apa-apa, kamu diminta untuk foto sesuai apa yang kamu kenakan saat ini.

Menuju ke Pos 1, Pos 2, dan Pos 3

Sumber Gambar: Google Maps @Misbah Abroruddin

Menuju pos 1 kamu masih disuguhkan dengan jalanan yang cukup landai. Perkebunan karet dan sayur bisa kamu nikmati disini. Dari sini saja, puncak Gunung Slamet sudah bisa kamu saksikan. Untuk sampai di pos 1 kamu memerlukan waktu kurang lebih 60 menit. Bila beruntung, kamu akan mendapatkan saku sayur mayur yang sudah siap panen.

Sumber Gambar: Google Maps @Edi Puryanto

Menuju ke Pos 2, kamu sudah disajikan dengan tantangan yang cukup menarik. Jalur sudah memasuki hutan, disini ada banyak pohon berduri yang bisa membuat kamu terluka. Oleh karena itu, jangan lupa bawa obat-obatan dan juga lengan panjang. Perjalanan menuju ke pos ini membutuhkan waktu 2 jam 10 menit.

Lanjut ke pos 3, merupakan perjalanan cukup panjang dengan waktu hampir 115 menit. Jalur yang harus kamu lalui cukup susah. Apalagi, rasa lelah sudah mulai menyerang begitupula dengan rasa lapar. Banyak pendaki yang memilih berhenti disini, dan memakan bekal yang sudah dibawa.

Menuju ke Pos 4 Dan Pos 5

Sumber Gambar: Google Maps @Damar Pieyu

Menuju Pos 4 bisa dikatakan menjadi trek terpanjang yang harus kamu lalui. Waktu tempuhnya bisa mencapai 215 menit. Sebenarnya, jalan yang harus kamu tempuh cukup landai. Tetapi, kamu bisa menyaksikan banyak sekali pepohonan tumbang yang mengakibatkan kamu harus naik turun melewatinya.

Setelah perjalanan panjang dengan jalur landai, menuju ke pos 5 kamu akan disuguhkan dengan perjalanan yang relatif singkat hanya 67 menit saja. Tetapi, medan yang harus kamu tempuh sangat sulit. Sudah mulai terasa sudut kemiringannya. Tidak hanya itu, kamu juga harus melewati lorong-lorong, berpegangan pada akar pohon dan saling membantu untuk bisa naik satu per satu.

Puncak

Di Pos 5 kamu bisa mendirikan tenda dan menikmat udara yang semakin dingin. Bagi yang ingin summit attack disarankan untuk memulainya pukul 3 pagi. Karena, jalur menuju ke atas adalah pasir yang mampu membuat kamu terjatuh. Jadi, hati-hati dalam berpijak. Selain itu, udara dingin juga menjadi ancaman lainnya yang harus kamu taklukkan.

Sumber Gambar: Google Maps @Cungkring Guci Koplak

Perjalanan panjang menuju ke puncak bisa mencapai 3 jam sampai 4 jam. Kalau kamu pernah pergi ke semeru, jalur yang akan kamu lewati hampir mirip. Tetapi, setelah sampai dipuncak, rasa puas, bangga dan haru bersatu padu dalam tawa bahagia.

Sumber Gambar: Google Maps @Arvanstia

Keindahan Puncak Slamet yang diagungkan karena ketinggiannya sudah ada di depan mata. Matahari yang terbenam perlahan naik dan menghadirkan rona yang berbeda. Kamu harus abadikan semua ini dalam kamera. Karena, kenangan ini tidak akan pernah terlupakan.

Kesimpulan

Perjalanan mendaki puncak Gunung Slamet Via Guci memang cukup panjang. Hampir 12 jam sampai 16 jam lamanya. Tidak salah bila setelah kamu turun, kamu bisa pergi ke pemandian Guci yang letaknya tidak jauh dari Basecamp pendakian. Jadi, kapan kamu mau mencoba jalur Via Guci?