OUR NETWORK

Menikmati Keindahan Jawa Tengah Dari Puncak Gunung Slamet Via Kaliwadas Baru

Sumber Gambar: Google Maps @hermawan iwan

Gunung Slamet, salah satu Gunung yang masih aktif di Jawa Tengah ini memiliki panorama yang tidak biasa. Ketinggiannya yang mencapai 3428 Mdpl ini menjadi sajian yang istimewa untuk di coba. Tidak hanya treknya saja yang sulit dilupakan. Pemandangan selama perjalanan dan di puncak pun tidak mau kalah.

Dari sekian banyaknya titik pendakian. Kami akan mencoba naik dari Kaliwadas yang konon masih asing untuk di daki oleh para pendaki. Walaupun, jarang sekali yang naik dari sini. Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Karena, di setiap titik pendakian selalu ada cerita yang berbeda yang menarik untuk disimak.

Menuju Ke Basecamp Kaliwadas

Basecamp ini sendiri terletak di Dusun Kaliwadas, Desa Dawuhan, Kecamatan Sirampog, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Menuju ke tempat ini, kamu bisa masuk melalui Brebes terlebih dahulu. Lalu, bisa sewa kendaraan untuk mengantar ke basecamp. Harganya mulai dari 500 ribuan saja lho.

Untuk harga simaksinya sendiri sekitar 10 ribu rupiah per pendaki. Bagi kamu yang membawa kendaraan bisa dititipkan di area parkir dan akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah per malam. Setelah dicek semua barang bawaan dan pendataan KTP, kamu bisa naik ke atas puncaknya.

Menuju ke Pos 1, dan Pos 3

Sumber Gambar: Google Maps @Budi Priyono

Menuju ke Pos 1, kamu akan menempuh waktu kurang lebih 95 menit. Dimana, jalur pendakian awal kamu akan disuguhkan dengan rumah warga. Selanjutnya, area hutan pinus yang berjajar dan area perbukitan dengan tanjakan yang cukup menguras emosi dan tenaga kamu.

Sumber Gambar: Google Maps @hermawan iwan

Hal yang menarik disini adalah kamu tidak akan menemukan Pos 2. Konon katanya, saat kamu masuk di area hutan itulah pos 1. Dan saat beristirahat di pos 1 adalah pos 2. Sehingga, saat kamu tiba area lapang yang cukup luas setelah menanjak ke atas. Disitulah kamu tiba di Pos 3 dengan waktu tempuh 34 menit lamanya.

Menuju Ke Pos 4 dan Pos 5

Sumber Gambar: Google Maps @Ahmad Abdullah

Tanjakan menuju ke Pos 4 seakan tiada hentinya. Nah, di pos ini pula kamu akan bertemu dengan para pendaki yang memilih jalur dari Guci. Bisa dikatakan Pos 4 adalah surga bagi para pendaki. Disini, kamu bisa menemukan sumber mata air yang sangat melimpah. Dengan kejernihannya, rasanya ingin masuk kedalam.

Biasanya, para pendaki akan beristirahat lama di Pos 4 karena, masuk ke Pos 5 kamu harus melewati jalanan yang tidak mudah. Jalur menanjak, berkelok tajam, naik dan turun harus kamu lewati. Saking sulitnya, banyak pendaki yang membutuhkan waktu 2 jam sampai 4 jam perjalanan.

di Pos inilah waktu pendakian akan sangat berpengaruh. Ada juga yang sampai 5 jam untuk bisa masuk di Pos 5. Dsini, menjadi pos terakhir sebelum menuju ke puncak. Kamu bisa mendirikan tenda disini dan menunggu untuk summit attack besok pagi. Disarankan untuk tidur secepatnya, agar bisa bangun secepatnya

Menuju Puncak

Sumber Gambar: seringjalan.com

Waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai puncak kurang lebih 3 jam sampai 5 jam lamanya. Bila kamu ingin melihat pemandangan matahari terbit. Tidak ada salahnya untuk memulai pendakian pukul 1 pagi. Kondisi dingin, dengan oksigen yang menipis membuat pendakian terasa sangat berat.

Sumber Gambar: seringjalan.com

Disini, kamu bisa menemukan percabangan antara jalur Kaliwadas yang lama dengan yang baru. Medan yang harus kamu jalani adalah tanah berpasir, dengan tanjakan yang cukup curam. Sangat berbahaya bila kamu tidak hati-hati. Jangan lupa lampu senter yang kamu bawa harus terang dan dalam kondisi baik.

Sesampainya diatas kamu akan disambut dengan lautan awan yang membuatmu enggan untuk berkedip. Terlebih lagi sang fajar yang perlahan tapi pasti muncul ke atas dengan panorama langit jingganya. Inilah momen yang pasti tidak akan pernah bisa kamu lupakan.

Kesimpulan

Jalur Kaliwadas memiliki dua jalur yang baru dan lama. Kamu bisa mencobanya. Tetapi, lebih disarankan di tempat yang baru. Karena, lebih ramah dan lebih nyaman. Sebelum mendaki ke atas, jangan lupa untuk olahraga terlebih dahulu agar kamu bisa mencapai puncaknya yang tidak mudah untuk didaki.

Total perjalanan hampi 14 jam bisa kamu tempuh dan waktu turun hampir 7 jam menjadi perjalanan yang cukup singkat. jangan lupa perbekalan yang cukup dan selalu berdoa agar diberi keselamatan. Jadi, sudah siap mendaki Puncak Slamet melalui Jalur Kaliwadas baru?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…