OUR NETWORK

Menikmati Liburan di 10 Tempat Wisata di Padangsidempuan

Dalam bahasa setempat, arti “padangsidempuan” adalah “hamparan rumput luas yang ada di tempat yang tinggi”. Sedang topografi wilayahnya berupa hamparan lembah yang dikelilingi Bukit Barisan dan dilintasi banyak sungai.

Dengan hanya mendengar namanya dan melihat sepintas topografi wilayahnya, siapapun akan membayangkan keindahan dari Kota Padangsidempuan. Terlebih bila berkunjung ke kota yang wilayahnya dikelilingi Kabupaten Tapanuli Selatan ini, siapapun akan terpesona dan betah untuk tinggal berlama-lama.

Agar tidak penasaran dengan keindahan dari Padangsidempuan , berikut gambaran sekilas dari 10 tempat wisata di Padangsidempuan.

Air Terjun Napa

Sumber: Instagram @marasakti_

Tidak semua wisata air terjun berlokasi di daerah terpencil dan sulit dijangkau, salah satunya adalah Air Terjun Napa yang hanya butuh waktu 30 menit untuk menuju ke lokasi jika berangkat dari pusat kota.

Setelah menggunakan kendaraan, perjalanan memang harus dilanjutkan dengan berjalan kaki, tapi itupun juga tidak jauh dan kawasan hutan yang harus dilewati juga berupa hutan mini dengan akses jalan yang tidak terlalu buruk.

Dengan tiket masuk seharga Rp 5.000, pengunjung sudah dapat menikmati keindahan Air Terjun Napa sekaligus mandi di kolam alamnya yang tidak terlalu jernih namun terasa segar saat menyentuh tubuh. Suasana sejuk dan damai di sekeliling air terjun, menjadikan tempat ini banyak dikunjungi wisatawan saat liburan.

Air Terjun Tua    

Sumber: bp-guide.id

Tidak seperti Air Terjun Napa yang mudah dijangkau, Air terjun Tua cukup sulit karena lokasinya yang terpencil di Desa Panompuan. Namun demikian masih dapat dijangkau dengan motor atau mobil off road yang mampu melaju di jalan yang terjal dan ekstrim.

Karena lokasinya yang terpencil itulah yang membuat air terjun ini jarang dikunjungi wisatawan. Padahal, keindahannya tidak kalah dari wisata air terjun yang lain, ditambah lagi lingkungan sekitarnya yang masih alami karena jarang dijamah manusia.

Istana Raja Najunggal

Sumber: winnymarlina.com

Istana raja dari marga harahap ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki bentuk khas rumah adat suku Mandailing yang biasa disebut Bagas Godang. Dahulu, Bagas Godang memang menjadi tempat peristirahatan raja dengan model bangunan yang dilengkapi Alaman Bolak dan Sopo Godang.

Alaman Bolak merupakan halaman luas yang berfungsi untuk tempat prosesi adat dan tempat berkumpul masyarakat. Sedang Sopo Godang merupakan tempat untuk bermusyawarah, tempat menggelar kesenian dan tempat belajar kerajinan.

Gunung Simarsayang

Sumber: Instagram @umi_boreg

Gunung atau Tor Simarsayang sebenarnya merupakan bukit yang menjadi bagian dari kawasan perkotaan, sehingga wisatawan yang berangkat dari pusat Kota Padangsidempuan hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai ke puncaknya, baik dengan menggunakan motor maupun mobil.

Di puncak bukit Simarsayang ini, wisatawan dapat melihat indahnya lanskap Kota Padangsidempuan di setiap sudutnya dari atas ketinggian, mulai dari area persawahan, sungai yang berlika-liku, perkampungan penduduk serta bangunan yang lain.  

Tidak perlu cemas bila merasa haus dan lapar, karena di atas bukit ini terdapat warung-warung yang menjual berbagai macam makanan. Bahkan ada juga kios-kios yang menjual berbagai macam barang, utamanya buah salak yang memang menjadi ciri khas Padangsidempuan.

Barumun Nagari Wild Sanctuary

Sumber: Barumun Nagari Wildlife Sanctuary

Destinasi yang satu ini merupakan suaka margasatwa yang dikelola layaknya Taman Safari yang ada di Prigen, Pasuruan, Jawa Timur. Artinya, hewan-hewan langka dan dilindungi yang dikembangbiakkan di sini hidup di habitat aslinya dan tidak dikurung dalam kandang sebagaimana hewan yang ada di kebun binatang, namun tetap dapat dikunjungi oleh wisatawan dengan menggunakan kendaraan khusus yang disediakan pihak pengelola serta didampingi oleh petugas, agar wisatawan tidak mengganggu keberadaan hewan, begitu juga sebaliknya.

Wisatawan yang berkunjung ke Barumun Nagari Wild Sanctuary, akan dapat menyaksikan kawanan gajah, harimau Sumatera, Siamang dan berbagai jenis hewan yang berkeliaran di alam liar dari dalam kendaraan.

Kebun Bunga Matahari Batang Bahal

Sumber: Instagram @suryaniriaa

Bagi pemburu spot foto yang instagramable, kebun bunga matahari yang terletak di Batang Bahal ini wajib untuk dikunjungi, karena meski kebun tersebut tidak seberapa luas, namun dengan hanya ditanami satu jenis bunga, yaitu bunga matahari, membuat setiap sudut kebun menjadi terlihat indah saat diabadikan dengan lensa kamera.

Sumber: Instagram @wizdan_inst

Tidak hanya kebun bunga matahari saja yang menarik untuk dijadikan latar belakang foto, tapi juga rumah hobbit serta sebuah kolam. Bagi pengunjung yang merasa lapar atau haus, pihak pengelola juga sudah menyiapkan kantin yang menyediakan berbagai macam menu. Menariknya, pengunjung yang datang ke sini tidak dikenakan tiket masuk alias gratis kecuali membayar ongkos parkir jika datang dengan membawa kendaraan.

Perkebunan Buah Naga, Palopat Maria

Sumber: Instagram @yuninailasr29

Destinasi agrowisata ini berada di Palopat Maria, Padang Sidempuan Hutaim Baru yang tidak begitu jauh dari pusat kota. Ditempat ini, pengunjung tidak ditarik tiket masuk dan bebas untuk berfoto ria sepanjang tidak merusak tanaman buah naga. Bagi mereka yang ingin membawa pulang buah naga, bisa memilih sekaligus memetik sendiri dari pohonnya untuk kemudian ditimbang dan dibayar sesuai dengan berat buah yang dibawa pulang. Jangan kuatir soal harga, karena harga buah naga di perkebunan ini lebih murah dibandingkan harga pasar.

Kaisar Water Park

Sumber: harian9.com

Dibuka pada 6 Pebruari 2016, Kaisar Water Park menjadi taman air terbesar di Padangsidempuan. Objek wisata ini terletak di lereng Lubuk Raya dan Aek Poken Jior yang masuk ke dalam wilayah Desa Joring Lombang, Kecamatan Angkota Julu yang jaraknya sekitar 110 km dari pusat Kota Padangsidempuan.

Sebagaimana umumnya wisata water park, tempat ini juga menyediakan berbagai macam wahana air, seperti air mancur, seluncuran dengan berbagai bentuk dan ketinggian, terowongan air serta yang lain.

Selain wahana air, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam di sekitar objek wisata karena Kaisar Water Park dikelilingi oleh hamparan sawah dan bersebelahan dengan aliran sungai Poken Jior. Untuk melengkapi keindahan panorama sekeliling, pihak pengelola juga membangun air terjun buatan di kawasan wisata.

Puncak JB

Sumber: medanbisnisdaily.com

JB merupakan kependekan dari Jalan Baru, yakni jalan by pass yang menghubungkan Simpang Simirik dengan Kecamatan Batunadua. Jalan sepanjang 10 km tersebut menjadi surga bagi pecinta wisata kuliner, karena di kanan-kiri jalan berjajar warung-warung dan cafe-cafe yang menjual berbagai macam makanan dan minuman.

Tempat ini setiap hari selalu ramai dikunjungi karena selain menyediakan berbagai macam menu makanan dan minuman yang harganya dapat disesuaikan dengan ketebalan dompet, lokasinya yang berada di ketinggian juga menawarkan pemandangan yang menyejukkan mata. Di samping itu, sejumlah spot foto yang instagramable juga telah disiapkan bagi mereka yang ingin bergaya di depan kamera.

Alaman Bolak

Sumber: sumut.antaranews.com

Ingin menikmati suasana Kota Padangsidempuan? Datang saja ke Alaman Bolak yang menjadi tempat nongkrong warga sekitar maupun wisatawan. Alun-alunnya Padangsidempuan ini memiliki luas 1.200  meter2 dan dikelilingi oleh Masjid Raya, Plaza Anugrah, pertokoan serta jalan raya.

Saat siang hingga sore hari, Alaman Bolak selalu ramai oleh pengunjung. Itu sebabnya penjual makanan dan minuman juga banyak ditemui di sekitar lokasi, sehingga tempat ini juga bisa dijadikan tempat untuk berburu kuliner khas Padangsidempuan. 

Comments

Loading...