Menjelajahi Keindahan Alam Pasuruan: Destinasi Wisata Terbaik

Pasuruan, sebuah kota yang terletak di Jawa Timur, memiliki pesona alam yang luar biasa. Dari perbukitan yang memukau hingga pemandian alam yang menyejukkan, Pasuruan memiliki segalanya bagi para pencari petualangan dan pecinta alam. Berikut adalah beberapa destinasi wisata terbaik di Pasuruan yang patut Anda jelajahi:

1. Cimory Dairyland & Resto Prigen

Sumber Gambar: advontura.com

Cimory Dairyland & Resto Prigen di Pasuruan, Jawa Timur, telah menjadi daya tarik utama sejak tahun 2019. Dikelola oleh Cimory, produsen terkemuka dalam industri yoghurt di Indonesia, destinasi ini menawarkan pengalaman unik yang menggabungkan wisata edukasi dan rekreasi keluarga. Pengunjung diajak untuk merasakan proses pemerahan susu sapi secara langsung, berinteraksi dengan beragam hewan di peternakan, dan menikmati area taman air yang luas. Museum susu mengajarkan pengunjung tentang proses pembuatan yoghurt melalui pendekatan interaktif.

Mini zoo yang ada di tempat ini memungkinkan para pengunjung untuk berdekatan dengan berbagai hewan seperti domba, keledai, kuda poni, dan angsa. Selain itu, taman kelinci dan waterpark memberikan hiburan seru khususnya bagi anak-anak. Dairy Restaurant merupakan tempat ideal untuk menikmati makanan lezat dari berbagai jenis masakan, sementara pusat oleh-oleh dairy shop menawarkan berbagai produk berkualitas seperti yoghurt dan suvenir.

Salah satu daya tarik tambahan adalah Museum Lukisan Lucu yang menampilkan galeri gambar 3D unik yang menjadi latar belakang sempurna untuk foto-foto kreatif. Cimory Dairyland & Resto Prigen berhasil menciptakan perpaduan menarik antara pendidikan, rekreasi, dan kuliner, menjadikannya destinasi liburan yang sempurna bagi keluarga yang mencari pengalaman seru dan bermanfaat dalam suasana yang menyenangkan.

Alamat: Jl. Raya Prigen No.8, Plembon, Prigen, Kec. Prigen, Pasuruan, Jawa Timur 67157

2. Bukit Red Flower Puspo

Sumber Gambar: sinergipapers.com

Bukit Red Flower Puspo adalah destinasi wisata baru yang telah meraih popularitas di Pasuruan. Terletak di Jl. Bromo Tosari, Sentong, Puspo, Jawa Timur, tempat ini menawarkan pengalaman yang menarik bagi para pengunjung. Bukit Red Flower Puspo memikat dengan suasana segar, pemandangan indah dari bukit-bukit, dan hutan pinus yang mempesona.

Salah satu daya tarik utamanya adalah latar belakang Gunung Arjuno yang memukau, yang memberikan kesempatan sempurna untuk mengambil foto yang menarik dan mempercantik akun media sosial. Disini, para pengunjung juga bisa menikmati fasilitas camping, aktivitas outdoor seperti flying fox, dan berkeliling di kebun stroberi yang bisa dipetik.

Tempat ini telah dengan cepat memikat hati wisatawan sejak dibuka pada 1 Maret 2020. Lingkungan yang sejuk dan tenang, dengan udara pegunungan yang segar dan pemandangan alam yang hijau, menciptakan suasana yang cocok untuk penyegaran dan relaksasi dari kesibukan perkotaan.

Tidak hanya keindahan alamnya, Bukit Red Flower Puspo juga menawarkan berbagai spot foto unik. Dengan Gunung Arjuno sebagai latar belakang yang megah, para pengunjung dapat mengabadikan momen spesial dengan sentuhan pemandangan yang luar biasa.

Ini adalah destinasi yang sempurna bagi mereka yang mencari ketenangan dan ingin mengeksplorasi keindahan alam sambil menghasilkan kenangan berharga dan foto-foto yang menakjubkan untuk dikenang.

AlamatJalan Bromo Tosari No.Dusun, Sentong, Punjul, Kec. Puspo, Pasuruan, Jawa Timur 67176

3. Pemandian Alam Banyubiru

Sumber Gambar: surabaya.jatimnetwork.com

Pemandian Alam Banyubiru, terletak di suatu daerah yang belum bisa saya tentukan karena tidak ada informasi yang spesifik dalam referensi yang diberikan, adalah sebuah destinasi pemandian alam yang mengundang perhatian. Di tempat ini, pengunjung akan merasakan nuansa yang unik dengan ratusan hingga ribuan ikan yang berenang di kolam tersebut. Meskipun berenang bersama ikan-ikan tersebut, para pengunjung tak perlu khawatir karena ikan-ikan tersebut bersifat jinak.

Ikan hitam yang dikenal sebagai ikan tombro memiliki keistimewaan dan dihormati sebagai ikan keramat. Oleh karena itu, pengunjung dihimbau untuk tidak mengganggu atau membawa pulang ikan ini. Pemandian ini bukanlah destinasi baru, melainkan telah ada sejak masa Kerajaan Majapahit. Tempat ini dahulu digunakan sebagai tempat peristirahatan dan pemandian para raja dan petinggi kerajaan, sebagaimana ditemukan beberapa serpihan patung Majapahit di sana.

Air di pemandian alam ini berasal dari mata air alami dan diyakini memiliki khasiat untuk kebugaran dan penyembuhan. Meski memiliki manfaat yang luar biasa, pengunjung tidak diizinkan membawa air ini pulang. Kolam pemandian ini memiliki dasar yang tidak rata dan kedalaman yang bervariasi. Di sana, tersedia layanan penyewaan ban untuk para pengunjung yang belum mahir berenang.

Pemandian Alam Banyubiru juga memiliki hari-hari khusus yang ramai dikunjungi. Setiap Jumat Legi dan hari raya kuningan, pengunjung datang untuk berendam dan melaksanakan ritual sesuai dengan kepercayaan mereka. Keunikan, keindahan alam, dan nilai historisnya menjadikan tempat ini sebagai daya tarik bagi pengunjung yang mencari relaksasi, keajaiban alam, dan budaya tradisional.

Alamat: Banyubiru Kidul, Sumber Rejo, Kec. Winongan, Pasuruan, Jawa Timur

4. Ranu Grati

Sumber Gambar: tugujatim.id

Ranu Grati adalah sebuah danau yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, menjadi pilihan yang direkomendasikan untuk menjelajah saat akhir pekan bersama orang terkasih. Terletak di Pasuruan, Jawa Timur, Danau Ranu Grati memberikan pengalaman liburan yang anti-mainstream dengan pemandangan yang indah. Kabupaten Pasuruan memiliki pesona wisata alam yang tak terhitung jumlahnya, dan Danau Ranu Grati adalah salah satunya.

Destinasi ini memanjakan pengunjung dengan panorama yang menenangkan dan mendamaikan. Di tengah penatnya rutinitas, Ranu Grati menjadi tempat yang ideal untuk bersantai. Selain pantai, gunung, dan air terjun, Jawa Timur juga memiliki daya tarik lain dalam bentuk danau, seperti Ranu Grati, yang cocok untuk liburan akhir pekan.

Danau Ranu Grati menghadirkan pemandangan alam yang memukau dan dapat memukau siapa saja yang datang. Selain menikmati panorama danau, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas menarik di dalamnya, seperti berburu foto dengan latar belakang pemandangan yang epik, camping, outbond, dan memancing ikan. Beberapa bahkan merencanakan acara BBQ dengan ikan hasil tangkapan mereka di Ranu Grati.

Tempat ini menjadi tempat yang sempurna untuk melarikan diri sejenak dari keramaian dan meresapi kedamaian alam. Danau Ranu Grati di Pasuruan Jawa Timur adalah destinasi yang mampu menyuguhkan pengalaman berlibur yang luar biasa dengan sentuhan alam yang menawan.

5. Taman Candra Wilwatikta

Sumber Gambar: jatim.nu.or.id

Taman Candra Wilwatikta adalah destinasi wisata yang mengangkat nilai sejarah dan budaya di Pasuruan, Jawa Timur. Terletak di daerah yang indah, taman ini membawa pengunjung dalam perjalanan melintasi masa lalu, khususnya era Kerajaan Majapahit. Dengan latar belakang yang kaya akan warisan budaya, Taman Candra Wilwatikta menggabungkan rekreasi dengan edukasi.

Tempat ini menyajikan replika kota kuno Trowulan, ibu kota Kerajaan Majapahit. Pengunjung dapat menjelajahi situs-situs bersejarah, seperti candi-candi dan artefak peninggalan masa lalu. Museum dan area interaktif memberikan wawasan mendalam tentang budaya, seni, dan kehidupan masyarakat pada zaman tersebut.

Taman Candra Wilwatikta menjadi tempat ideal bagi mereka yang tertarik memahami dan menghargai warisan sejarah Indonesia. Di sini, pengunjung dapat merasakan atmosfer masa lalu dan memahami kontribusi besar Kerajaan Majapahit terhadap peradaban Nusantara. Tidak hanya edukatif, taman ini juga memungkinkan pengunjung untuk bersantai sambil memeriksa warisan budaya yang penting.

Karya seni dan arsitektur yang direplikasi dengan cermat menciptakan suasana autentik yang membawa pengunjung kembali ke masa lampau. Taman ini menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dan menyenangkan, terutama untuk keluarga dan pelajar yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang sejarah Indonesia.

Taman Candra Wilwatikta bukan hanya destinasi wisata biasa, tetapi juga merupakan jendela ke masa lalu yang membangkitkan rasa bangga akan warisan budaya Indonesia. Dengan penggabungan pendidikan, rekreasi, dan warisan sejarah, tempat ini memainkan peran penting dalam melestarikan dan menghormati warisan luhur Nusantara.

AlamatSumber Gedang, Kec. Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156

Pasuruan adalah permata tersembunyi di Jawa Timur yang menawarkan berbagai destinasi wisata alam yang menakjubkan. Dari keindahan perbukitan hingga kelezatan produk susu segar, serta petualangan alam yang mengasyikkan, Anda akan menemukan segalanya di kota ini. Jangan ragu untuk menjelajahi destinasi-destinasi indah ini dan membuat kenangan tak terlupakan di Pasuruan.

close

Log In

Forgot password?

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.