OUR NETWORK

Nikmati Keceriaan di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru Riau

Ruang terbuka hijau dimiliki oleh hampir semua kota besar di Indonesia, baik dalam bentuk hutan kota maupun taman kota. Pada umumnya Taman Kota dikelola oleh pemerintah daerah sehingga sebagian besar tampil apa adanya bahkan ada juga yang kurang begitu terawat sehingga menimbulkan kesan kumuh.

Sumber: Instagram @puspasuparno

Berbeda halnya dengan Taman Rekreasi Alam Mayang yang berada di pusat kota Pekanbaru, Riau. Sejak awal taman ini memang bukan milik pemerintah daerah dan pengelolaannya juga dilakukan oleh pihak swasta, sehingga fungsinya lebih kepada tempat rekreasi.

Sumber: Instagram @evamariatamba

Namun demikian, keberadaan taman rekreasi ini dapat mewakili fungsi dari ruang terbuka hijau, karena di atas lahannya yang luas dipenuhi pohon-pohon yang besar dan taman-taman cantik yang menjadi paru-paru bagi panasnya kota Pekanbaru.

Di taman rekreasi ini pula masyarakat Pekanbaru menikmati waktu senggang dan hari libur mereka dengan rekreasi bersama keluarga, menikmati hijau dan indahnya pemandangan serta mencoba berbagai macam wahana permainan. Tentu saja tidak gratis alias berbayar.

Mengenal Taman Rekreasi Alam Mayang

Sumber: Haluanpos

Dirintis oleh seorang perempuan bernama Soeparmi dibantu suaminya pada 7 Januari 1988, awalnya tempat rekreasi ini berupa kebun dan kolam pemancingan bernama “Alam Mayang” yang menempati area seluas 15 hektar. Setelah berkembang menjadi taman rekreasi, perluasan lahanpun dilakukan, sehingga kini menjadi 24 hektar.

Lokasi objek wisata ini berada di Jl. H. Imam Munandar KM.8, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Riau. Karena letaknya di pusat kota, pengunjung dapat dengan mudah menuju lokasi wisata baik dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.

Objek wisata ini buka setiap hari sejak pukul 08.00 – 16.00. Harga tiket masuk bagi pengunjung dewasa sebesar Rp.20.000 sedang bagi anak-anak Rp 15.000. Sedang untuk parkir kendaraan dikenai tarif sebesar Rp.6.000 untuk kendaraan roda empat dan Rp 4.000 untuk kendaraan roda dua.

Sumber: Brosispku

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya untuk menikmati berbagai macam wahana yang ada di lokasi. Biaya sewa masing-masing wahana yang ada di sini bervariasi, namun rata-rata antara Rp 10.000 – Rp 25.000.

Sebagai tempat rekreasi yang dikelola secara profesional, berbagai macam fasilitaspun tersedia bagi para wisatawan, mulai dari area parkir, kamar mandi dan toilet, mushollah, pendopo, panggung hiburan, restoran, toko souvenir, kolam pemancingan dan berbagai macam wahana permainan baik untuk anak-anak, remaja maupun orang dewasa.

Tidak heran jika Alam Mayang kerap digunakan sebagai tempat untuk menggelar berbagai macam acara, mulai dari acara kecil seperti arisan, reuni, kegiatan sekolah dan gathering perusahaan, sampai dengan acara besar seperti menggelar festival tingkat kabupaten atau propinsi serta untuk menyambut tamu kenegaraan.

Nikmati Keceriaan di Taman Rekreasi Alam Mayang 

Sumber: Brosispku

Memasuki Taman Rekreasi Alam Mayang pengunjung akan disambut sejuknya udara dan hijaunya pemandangan. Sepanjang mata memandang akan terlihat jajaran pohon-pohon besar dan berbagai jenis tanaman yang tertata rapi serta hamparan rumput hijau sehingga sedap untuk dipandang.

Jika masuk lebih dalam lagi dapat ditemui kolam besar berukuran 18.560 meter2 yang terbagi menjadi 3 kolam. Ketiga kolam tersebut diisi dengan berbagai macam wahana permainan air, seperti banana boat, sepeda air, bebek air, camper boat, kereta naga, karpet ajaib, bogel, balon loncakdan mandi bola.

Tidak hanya wahana permainan air saja yang memberikan keceriaan bagi para pengunjung, tapi juga sejumlah wahana permainan di alam terbuka, seperti permainan outbond, ATV, flying fox dan safary train.

Sumber: Brosispku

Hiburan seru lainnya juga dapat ditemui di taman rekreasi ini, seperti bombom car, tembak reaksi, shooting target, badut, topeng monyet hingga studio 3D.

Bagi mereka yang memiliki hobi memancing, Alam Mayang bakal memberikan kepuasan  tersendiri karena kolam pemancingan yang ada di sini diisi dengan berbagai macam jenis ikan, seperti ikan gurami, ikan sepat siam, ikan nila, ikan lemak, serta yang lain. Menariknya, secara periodik setidaknya seminggu sekali digelar lomba memancing.

Mereka yang suka bergaya di depan kamera, Alam Mayang juga menjadi tempat yang tepat untuk dikunjungi, karena objek wisata ini juga mengikuti trend wisata kekinian dengan membangun spot-spot foto yang instagenic.

Sumber: Inspirock

Sehingga pengunjung tidak hanya memanfaatkan keindahan alam, taman dan pepohonan saja untuk dijadikan latar belakang foto, tapi juga sejumlah spot foto yang unik dan menarik. Beberapa spot foto yang tidak boleh dilewatkan dari bidikan kamera diantaranya adalah perahu khas Riau, 4 patung wajah raksasa, 6 buah replika patung Pulau Paskah dan miniatut candi Indonesia.

Dengan berbagai suguhan yang dihadirkan Taman Rekreasi Alam Mayang, membuat keceriaan akan dirasakan oleh pengunjung, baik yang datang bersama keluarga maupun dengan kekasih tercinta. (*)

Comments

Loading...