OUR NETWORK

Padang Mangateh, Payakumbuh: Negeri Dongeng di Ranah Minang

Source Image: id.wikipedia.org

Pernah menonton film The Lord of the Ring? atau The Hobbit yang mengambil lokasi syuting di Selandia Baru? Anda pasti terpesona dengan keindahan alam negeri Oseania itu yang bak negeri dongeng.

Sumber: id.wikipedia.org

Bila Anda sangat suka pemandangan ala negeri Frodo dan kawan-kawannya itu namun belum punya uang lebih untuk berlibur ke sana, mungkin Anda bisa membelokkan impian tersebut ke sebuah tempat di Indonesia yang tak kalah “dongeng”-nya dibandingkan New Zealand. Tempat tersebut bernama Padang Mangateh yang terletak di Jalan Padang Mengatas, Mungo, Luak, Kota Payakumbuh, Kabupaten Lima Puluh Kota, Provinsi Sumatera Barat.

Untuk sampai ke Padang Mangateh dari Kota Payakumbuh, Anda bisa mengambil rute menelusuri Jalan Bengkulu dan Jalan Gatot Subroto ke Jalan Ahmad Yani di Ibuh sepanjang kurang lebih 800 meter. Dari sini, Anda mengikuti Jalan Moh. Yamin dan Jalan Raya Payakumbuh-Lintau. Sejauh kurang lebih 7,4 km Anda harus berbelok kanan masuk ke Jalan Padang Mengatas. Tak sampai 850 meter, Anda langsung menjumpai Padang Mangateh yang dituju. Setelah masuk ke Padang Mangateh sendiri, Anda harus melewati pos satpam terlebih dahulu. Tak ada tiket masuk yang harus anda bayar atau biaya parkir di Balai tersebut. Anda hanya mencatatkan nama serta memohon izin kepada penjaga gerbang, maka selanjutnya Anda bisa langsung masuk ke area Padang Mangateh.

Nama lengkap tempat ini sebenarnya adalah Balai Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak Padang Mengatas atau (BPTUHPT) Padang Mengatas atau Mangateh bila diIndonesiakan.

Sumber: Instagram @rancakbana

Pusat Peternakan ini didirikan sejak masa Orde Baru dan menjadi tempat pembibitan sapi potong terbesar di seluruh Indonesia. Luas lahan yang miliki oleh Balai yang berada dibawah naungan Kementerian Pertanian ini adalah sekitar 280 hektar. Lahan tersebut digunakan untuk dua kegiatan yakni pengembangan pakan sapi dan pengembangan sapi potong. Balai pembibitan ternak unggul ini mempunyai kurang lebih 1250 ekor sapi. Ada tiga jenis sapi yang diternak yaitu sapi simental, sapi limosin dan sapi pesisir (sapi lokal).

Sumber: Instagram @rikoadiuda097

Sebagai destinasi wisata yang tidak kalah menariknya, alam Padang Mangateh menawarkan keindahan bak New Zealand di kaki Gunung Sago. Anda bisa mendaki puncak Gunung Sago bila anda ingin melihat pemandangan lebih spektakuler. Bila Anda ingin melakukan perjalanan ke puncak, usahakanlah Anda tiba di Padang Mangateh pada pagi hari yang cerah. Bila tidak, maka jangan salahkan kabut tebal yang akan menutupi spot-spot pemandangan indah yang sangat instagrammable di sini.

Sumber: Instagram @ayi.travels

Untuk berjaga-jaga agar tidak kelaparan, Anda bisa membawa snack, air minum dan cemilan-cemilan lainnya. Selain itu, bila Anda lelah saat menempuh jalan menanjak yang cukup panjang ke puncak, Anda bisa beristirahat di beberapa pos peristirahatan pegawai peternakan yang ada.

Sumber: rasio.co

Di sinilah, Anda bisa melihat sebagian besar wajah Kabupaten Lima Puluh Kota serta sebagian Kota Payakumbuh. Semuanya akan tampak kecil di hadapan luasnya alam ciptaan Tuhan di kaki Gunung Sago.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…