OUR NETWORK

Panca Saneo, Air Terjun Dengan Udara Sejuk di Dompu

Sumber: TravelingYuk

Indonesia memang memiliki kekayaan alam yang tidak ada habisnya. Dompu merupakan salah satu kabupaten yang ada di Nusa Tenggara Barat yang memiliki beberapa wisata alam yang bisa kamu kunjungi. Dompu juga memiliki salah satu air terjun tertinggi dengan pesona keindahanya yang tidak diragukan lagi. Air terjun itu adalah Air Terjun Panca Saneo.

Sumber: Instagram @irfan__ferdi

Tentu wisata alam berupa air terjun sering diminati oleh para pecinta alam. Hal ini karena biasanya untuk bisa sampai ke lokasi air terjun membutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Bisa saja medan yang ditempuh cukup sulit untuk dilalui atau berada di dalam hutan, sehingga mengharuskan pengunjung yang ingin menikmati keindahan air terjun harus menyusuri hutan dengan segala rintangan yang ada di dalam hutan.

Mari kita bahas lebih jauh tentang Air Terjun Panca Saneo. Berikut ulasanya, simak baik-baik ya.

Lebih Dekat Dengan Air Terjun Panca Saneo

Sumber: Instagram @anang.tp

Air Terjun Panca Saneo berlokasi di Desa Saneo, Kec. Woja, Kab. Dompu. Air terjun ini dikenal oleh banyak orang karena memiliki ketinggian hingga 75 meter. Air Terjun Panca Saneo juga terkenal dengan airnya yang menyegarkan dan sejuk. Air terjun ini sangat tinggi dan terlihat indah jika dilihat dari dekat.

Kamu harus tahu ya Guys, kalo pada akhir pekan air terjun ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik dari Dompu mapun dari luar Dompu. Soalnya suasana yang ada di sekitar air terjun masih sangat alami dan kondisi air yang ada di lokasi air terjun juga sangat jernih dan bening. Hawa sejuk yang tercipta di sekitar lokasi air terjun disebabkan karena air terjun ini berada di tengah hutan.

Jika kamu merupakan warga asli Dompu, maka sangat disarankan untuk mengunjungi air terjun ini bersama dengan teman-teman, karena kamu bisa bermain dan berpetualang di lokasi air terjun bersama dengan sahabat kamu.

Perlu Perjuangan Untuk Mencapai Lokasi Air Terjun Panca Saneo

Sumber: Instagram @baz_marampa

Jika kamu ingin menuju ke lokasi Air Terjun Panca Saneo, maka akan dibutuhkan tenaga yang ekstra. Karena untuk menuju ke lokasi kamu harus melewati Jurang Lebah. Air terjun ini juga terkenal dengan jalur yang sangat ekstrim, sehingga beberapa orang yang mengunjungi air terjun akan diuji keberaniannya.

Air terjun ini juga memiliki julukan sebagai air terjun yang memacu adrenalin karena setiap orang yang hendak menikmati keindahan air terjun akan melakukan petualangan di hutan rimba untuk sampai ke lokasi air terjun.

Sumber: Instagram @edwardedy99

Jika kamu menggunakan sepeda motor, maka kamu harus menempuh jarak yang cukup jauh dan memakan waktu kurang lebih 3 jam. Kamu akan melewati hutan rimbun yang masih alami, lalu kamu harus berjalan kaki melalui jalan setapak dengan tingkat kemiringan dan jalan yang sedikit terjal.

Setelah melalui jalan setapak kamu harus menuruni jurang yang terjal dengan ketinggian hingga 10 meter. Nah, jurang ini yang dinamakan dengan jurang lebah Gaes. Untuk dapat menuruni jurang ini, setiap pengunjung harus menggunakan akar pohon dan batang pohon yang dipasang, kamu harus berhati-hati karena jurang ini cukup berbahaya untuk dilewati.

Memiliki Pemandangan Indah, Namun Tidak Dikelola Dengan Baik

Sangat disayangkan sekali karena air terjun yang memiliki pesona keindahan ini tidak dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat. Bahkan warga desa setempat juga tidak mengelola tempat wisata ini dengan baik, sehingga tidak terdapat fasilitas apapun di air terjun ini.

Padahal Desa Saneo merupakan salah satu desa di Kabupaten Dompu yang termasuk ke dalam desa wisata. Dan ternyata Desa Dompu juga telah masuk ke dalam 99 daftar desa wisata. Daftar desa wisata ini ada di dalam Peraturan Gubernur NTB 2019.

Tips Untuk Sebelum Berkunjung Ke Lokasi Wisata

Sumber: Instagram @anggi_wahyusaputra

Air Terjun Panca Saneo sangat direkomendasikan bagi para pecinta alam yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, karena untuk mencapai ke lokasi air terjun kamu harus sudah berpengalaman dalam menempuh medan yang sulit.

Sangat tidak disarankan untuk membawa anak kecil di bawah 15 tahun, karena medan yang akan ditempuh sangat sulit dan anak kecil akan sangat berbahaya jika melalui medan yang sulit untuk menuju ke lokasi air terjun.

Kamu juga harus memperhatikan waktu berkunjung, sebaiknya kamu berkunjung di bawah jam 5 sore karena jika kamu berkunjung di atas jam 5 sore, maka akan sangat berbahaya. Medan yang ditempuh akan sangat berbahaya jika dilalui pada waktu hari mulai larut malam. Selain itu air terjun yang sangat indah ini juga tidak akan terlihat keindahannya pada malam hari karena sekitar lokasi tidak ada penerangan.

Air Terjun Panca Saneo memang memiliki pesona keindahan karena air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Nusa Tenggara Barat. Bagi kamu yang suka tantangan, maka air terjun ini cocok buat kamu.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…