OUR NETWORK

Panorama Menawan di Puncak Bukit Batas Banjar

Source Image: Instagram @visitkalsel

Suka berpetualang? Bagi kamu para petualang, rasanya belum lengkap apabila belum menjelajah Kalimantan Selatan, karena memang di provinsi yang satu ini kamu akan menemukan banyak wisata alam yang cukup menantang. Kamu bisa mendaki Bukit Tirai Hujan di Tahura Sultan Adam, atau mungkin bisa juga melakukan kegiatan susur sungai di Bukit Mawar dengan bamboo rafting. Selain itu, kamu juga bisa mencoba berpetualang dengan mendaki puncak Bukit Batas Banjar.

Bagaimana, apakah kamu pernah ke sana? Walau pun namanya belum terlalu tenar, namun Bukit Batas yang terletak di Kabupaten Banjar akan menyuguhkan pemandangan yang sangat menjanjikan dan menawan. Kamu dijamin tidak akan menyesal berkunjung ke bukit yang satu ini.

Lokasi Bukit Batas

Sumber: Instagram @ojhey88

Bukit Batas terletak di seberang Waduk Riam Kanan, yang secara administratif berlokasi di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Untuk menuju ke lokasi, setidaknya kamu harus menempuh perjalanan sejauh 30 km dari Kota Martapura, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan perahu klotok dari Pelabuhan Aranio, di tepi Waduk Riam Kanan atau yang bernama lain Waduk Ir. Pangeran Mohammad Noor, menuju ke Desa Tiwingan Baru dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

Sumber: Instagram @ojhey88

Sesampainya di Pelabuhan Pulau Pinus, kamu harus berjalan menuju ke rumah ketua RT setempat, untuk lapor dan membayar tiket sebesar 5 ribu rupiah. Sementara itu, untuk biaya sewa perahu klotok kamu akan ditarik biaya 400 ribu rupiah per perahu, sehingga biaya akan lebih murah apabila berangkat secara rombongan. Namun, apabila berangkat seorang diri atau hanya berdua, kamu bisa meminta tolong ke sopir perahu klotok untuk dicarikan rombongan yang akan menuju ke Pelabuhan Pulau Pinus.

Memulai Petualangan Menuju Puncak Bukit Batas

Sumber: Instagram @whyzv_

Setelah lapor dan membayar tiket masuk, kini saatnya kamu memulai petualangan seru menuju ke puncak Bukit Batas. Dari pelabuhan menuju ke puncak bukit, kira-kira kamu harus menempuh perjalanan sejauh 3 km. Namun, karena jalan yang cukup menanjak, biasanya kamu akan membutukan watu 1 jam untuk bisa sampai di puncak bukit.

Cukup melelahkan, namun selama di perjalanan kamu akan ditemani oleh rindangnya pepohonan dan angin yang sepoi-sepoi. Apabila sudah lelah, bisa beristirahat sejenak dan meluruskan kaki di bawah pohon yang rindang, atau mungkin menggunakan warung-warung yang tidak terpakai. Melihat perjalanan yang cukup melelahkan, selalu siapkan air mineral sebelum mendaki menuju ke puncak Bukit Batas.

Pesona Bukit Batas

Sumber: Instagram @_alditya13

Setelah melalui perjalanan yang jauh sekaligus melelahkan, kini saatnya kamu sampai di puncak bukit. Dari sana kamu bisa melihat pemandangan Waduk Riam Kanan dengan sangat jelas, lengkap dengan gugusan pulau-pulau kecil yang berselimut tumbuhan hijau. Suasana yang sejuk dan damai bisa membuat kamu betah berlama-lama di sana. Pemandangan di puncak Bukit Batas juga akan terlihat menawan ketika pagi hari dengan cahaya sunrise-nya, dan juga di sore hari dengan pesona sunset-nya.

Berkemah di Bukit Batas

Sumber: saprudi.blogspot.com

Di puncak Bukit Batas, kamu akan menemukan tempat yang cukup lapang dengan lahan yang datar. Oleh sebab itu, banyak para pengunjung yang memilih untuk berkemah di puncak Bukit Batas. Apabila berkemah, kamu bisa datang siang hari ke Bukit Batas, untuk kemudian mendirikan tenda sambil menunggu panorama senja. Sementara untuk kamu yang tidak berencana berkemah di puncak bukit, harus datang pagi hari agar bisa puas menikmati panorama Waduk Riam Kanan.

Fasilitas di Bukit Batas

Walau pun belum terlalu dikenal, namun tempat wisata Bukit Batas sudah dikelola secara resmi oleh pemerintah setempat, sehingga fasilitasnya pun sudah cukup lengkap. Di sana kamu bisa menemukan kamar mandi dan wc, petunjuk jalan menuju ke puncak Bukit Batas juga telah tersebar di mana-mana, sehingga sangat memudahkan para pengunjung untuk menuju ke puncak. Apabila takut tersesat, kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu, dengan tarif yang cukup bersahabat di kantong.

Nah, dari pada kamu harus jauh-jauh berwisata ke luar kota yang akan menghabiskan lebih banyak biaya, tidak ada salahnya coba mengunjungi Bukit Batas yang memiliki pemandangan tak kalah apiknya.

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…