OUR NETWORK

Pantai Kuta, Ikon Pariwisata Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

Source Image: baliplus.com

Pernah berkunjung ke Bali? Bisa dibilang, berkunjung ke Bali tidak lengkap jika kamu tidak mencoba untuk menjelajahi setiap sudut keindahan alamnya. Bali memang pulau yang menarik apabila dilihat dari berbagai sisi, selain memiliki bentang alam yang indah, Pulau Dewata juga masih menjunjung tinggi budaya dan adat istiadat lokal. Oleh sebab itu, bukan hal yang mengherankan apabila jutaan wisatawan mancanegara memilih untuk menghabiskan waktu liburnya di Pulau Dewata setiap tahunnya.

Dari sekian banyak bentang alam yang menawan di Pulau Bali, pantai adalah yang paling menarik. Banyak pantai eksotis yang terdapat di Bali, karena memang pulau ini dikelilingi oleh lautan luas dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Salah satu pantai terkenal di Bali adalah Pantai Kuta, bahkan bisa dibilang pantai yang satu ini adalah ikon dari pariwisata Pulau Dewata.

Lokasi Pantai Kuta

Sumber: Instagram @sscibali

Seperti namanya, Pantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya sangat strategis, karena hanya membutuhkan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Keindahan Pantai Kuta ditambah dengan kemudahan akses, membuat pantai yang satu ini selalu ramai dikunjungi para wisatawan, terutama di musim libur antara Juli hingga September.

Sumber: Instagram @art_of_sun

Untuk mencegah kemacetan panjang menuju Pantai Kuta, pemerintah setempat telah menyiapkan Central Parking Kuta. Bus-bus besar yang disesaki rombongan wisatawan diharuskan parkir di tempat tersebut, kemudian para wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Pantai Kuta dengan menggunakan angkutan khusus, dengan membayar biaya sebesar 10.000 rupiah per orang. Sebelum memasuki wilayah pantai, wisatawan akan disambut dengan gapura berbentuk Candi Bentar, yang dibangun sebagai penanda batas paling ujung selatan Pantai Kuta.

Bekas Jalur Perdagangan di Masa Lampau

Sumber: hotel.discount

Pantai Kuta yang sekarang kondisinya benar-benar berbeda dengan di masa lampau, karena dulunya pantai ini adalah jalur transportasi perdagangan, yang mempertemukan pedagang Bali dengan pedagang dari berbagai daerah di Indonesia. Dari para pedagang inilah, keindahan Pantai Kuta mulai menyebar ke berbagai penjuru Nusantara, bahkan dunia.

Pesona Pantai Kuta

Sumber: Instagram @rizkiblack_motret

Pantai Kuta memiliki garis pantai yang cukup panjang, laut yang berwarna biru jernih, dan pasir yang putih lembuh. Di tepi pantai terdapat pepohonan rindang yang berdiri berjejer, seakan siap menjadi pelindung bagi para wisatawan dari teriknya sinar matahari. Kemudian, lokasinya yang berada di sebuah teluk, membuat Pantai Kuta tidak memiliki ombak yang besar, sehingga banyak wisatawan yang memilih untuk bermain air dan bahkan berenang di sana. Ada juga wisatawan yang memanfaatkan ombak bersahabat Pantai Kuta untuk bermain selancar. Banyak peselancar pemula yang bermain selancar di Pantai Kuta, tentunya dengan didampingi oleh instruktur.

Pesona Sunset yang Mengagumkan

Sumber: kintamani.id

Pantai Kuta juga terkenal dikalangan wisatawan karena pemandangan sunset yang mengagumkan, yang mana matahari secara perlahan mulai terbenam di ufuk barat layaknya ditelan lautan luas. Cahaya kuning kemerahan, berpadu dengan birunya air laut akan menghadirkan suasana yang romantis di Pantai Kuta. Saking cantiknya, ada anggapan bahwa berkunjung ke Pantai Kuta belum lengkap jika tak menikmati keindahan matahari terbenam. Oleh sebab itu, jangan heran apabila Pantai Kuta akan semakin ramai dikunjungi para wisatawan di saat sore hari.

Pantai Kuta yang Mulai Lelah

Sumber: hotel.discount

Keindahan yang ditawarkan Pantai Kuta membuat pantai ini semakin ramai dikunjungi para wisatawan, bahkan angka kunjungan wisatawan terus meningkat dari tahun ke tahun. Tentu saja itu adalah berita yang cukup menggembirakan, karena menambah pendapatan daerah. Namun di sisi lain, semakin banyaknya angka kunjungan wisatawan membuat Pantai Kuta semakin lelah, tak lagi kuat menopang beban yang semakin berat. Ya, Pantai Kuta kini mulai menghadapi ancaman serius soal lingkungan, sampah semakin banyak bertebaran di mana-mana. Hal ini lah, yang kemudian membuat Pantai Kuta terlihat lebih kumuh, jika dibandingkan dengan pantai-pantai eksotis di Bali lainnya. Karenanya, kesadaran para wisatawan sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga keindahan Pantai Kuta.

Tiket Masuk

Para pengunjung tidak akan dikenakan biaya tiket masuk untuk bisa menikmati keindahan Pantai Kuta, alias gratis. Bagaimana, menarik bukan?

Loading...

Hey there!

Forgot password?

Don't have an account? Register

Forgot your password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Close
of

Processing files…