OUR NETWORK

Pantai Tureloto, “Laut Mati”nya Indonesia yang Unik dan Eksotis – Sumatera Utara

Tidak Hanya Indah Tapi Juga Bikin Takjub!

Nama ‘Laut Mati’ tentu sudah tidak asing lagi bagi traveller, karena danau yang terdapat di wilayah Yordania dan Israel ini memang cukup populer disebabkan karena keindahan serta keunikannya. Dikatakan unik karena airnya memiliki kadar garam yang sangat tinggi.

Begitu tingginya kadar garam yang ada di ‘Laut Mati’, sehingga tidak ada satupun flora dan fauna yang dapat hidup di danau tersebut.Tidak hanya itu, manusia yang berada di danau tersebut akan mengapung dengan sendirinya tanpa perlu berenang.

Sumber: Instagram @mytrip_magazine

Ternyata, kawasan perairan dengan kadar garam yang sangat tinggi, tidak hanya ada di ‘Laut Mati’. Fenomena yang sama juga dapat dijumpai di Indonesia, tepatnya di Pantai Tureloto yang ada di Kabupaten Nias Utara, Provinsi Sumatera Utara.

Sumber: Instagram @travelingdonk

Pantai Tureloto juga memiliki kadar garam yang tinggi, sehingga pengunjung yang tidak bisa berenangpun tidak perlu khawatir saat mandi di pantai ini, karena begitu berada di atas permukaan air, tubuh dengan sendirinya akan terapung.

Akses Menuju Lokasi dan Fasilitas

Secara administratif Pantai Tureloto berada di wilayah Desa Balefadorotuho, Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara. Jarak pantai ini dari Kota Gunung Sitoli sekitar 80 km.

Wisatawan yang datang dari luar Pulau Nias dapat menggunakan sarana transportasi udara dan mendarat di Bandara Binaka Nias. Perjalanan selanjutnya ditempuh dengan kendaraan bermotor dengan jarak tempuh selama kurang lebih dua jam dari bandara maupun dari pusat kota.

Pengunjung yang datang dari luar kota maupun luar pulau tidak perlu khawatir untuk masalah fasilitas. Karena di kawasan pantai tersedia kamar mandi dan toilet, serta kios-kios yang menjual berbagai macam kebutuhan serta sejumlah rumah makan yang menghidangkan aneka olehan laut dengan bumbu khas Nias.

Hanya saja, bagi yang ingin bermalam, harus mencari hotel dan penginapan di kota terdekat, karena di kawasan pantai belum tersedia penginapan.

Menikmati Pantai Tureloto yang Eksotis

Sebagaimana telah disebutkan diatas, kadar garam yang tinggi menjadi daya tarik utama dari Pantai Tureloto yang membuat pengunjung dapat terapung di atas permukaan air tanpa harus berenang. Sudah barang tentu pantai ini aman untuk dipakai mandi oleh siapa saja termasuk mereka yang tidak bisa berenang.

Sumber: Instagram @peggysiahaan

Pantai ini menjadi semakin aman karena memiliki ombak yang tenang, terlebih bila berkunjung pada bulan Pebruari hingga September. Tenangnya ombak di Pantai Tureloto juga merupakan sesuatu yang menarik karena pantai ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia yang dikenal memiliki ombak yang sangat besar.

Awalnya Pantai Tureloto tidak berbeda halnya dengan pantai-pantai lain yang ada di kawasan Samudera Hindia. Pantai yang diselimuti hamparan pasir putih dan memiliki ombak yang besar.

Sumber: Instagram @shinta_h

Namun, sejak terjadinya bencana Tsunami pada tahun 2005 yang memporak-porandakan seluruh kawasan pantai yang ada di Pulau Sumatera, Pantai Tureloto mengalami perubahan bentuk. Kawasan pesisirnya tidak lagi hanya dihiasi hamparan pasir putih, tapi dipenuhi batu-batu karang yang tersebar di kawasan pantai dengan pasir putih di sekelilingnya.

Batu-batu karang dengan berbagai ukuran dan bentuk yang unik tersebut tidak hanya tersebar di bagian pesisir, tapi juga di kawasan perairan sehingga membentuk benteng karang yang kokoh dan menciptakan laguna yang membuat pengunjung semakin aman untuk mandi dan berenang.

Sumber: Instagram @kintanabali

Satu hal yang menjadi kelebihan dari Pantai Tureloto dibandingkan dengan Laut Mati adalah keberadaan flora dan fauna. Jika di laut mati tidak ada satupun flora dan fauna yang bisa hidup, maka di Pantai Tureleto justru sebaliknya.

Berbagai macam biota laut yang unik serta terumbu karang yang masih terpelihara kelestariannya menjadi surga tersendiri bagi para penggemar snorkling. Berenang di bawah permukaan air dangkal yang jernih dengan suhu air yang cenderung hangat dan dikelilingi taman bawah laut yang memukau, bakal menghadirkan sensasi tersendiri.

Sumber: Instagram @merrydian28

Tidak hanya di bawah permukaan air laut saja keindahan disuguhkan oleh pantai ini, tapi juga di atas permukaan air. Dengan menyewa perahu nelayan, wisatawan dapat menikmati eksotisnya pemandangan dengan menjelajah kawasan pantai dan menelusuri gugusan batu karang sambil memandang indahnya pemandangan bawah air yang dapat dilihat karena air laut di pantai ini memang sangat jernih.

Puas menikmati keindahan Pantai, jangan lupa untuk mampir di kedai-kedai yang menjual berbagai macam olahan laut dengan bumbu khas Nias yang berasa asam – gurih. Harga seafood yang dipatok di kedai-kedai yang ada di kawasan Pantai Tureloto relatif terjangkau, yakni antara Rp 50.000 – Rp 100.000.

 

Sumber Featured Image: goodnewsfromindonesia.id

Comments

Loading...